Ukuran Gerobak Motor dari Kayu
Ukuran Gerobak Motor dari Kayu. Sumber Gambar: Lazada.com

Ukuran Gerobak Motor dari Kayu

Ukuran gerobak motor dari kayu untuk jok belakang. Modifikasi sepeda motor untuk jualan sering Anda lakukan oleh mereka yang ingin memulai bisnis. Ada banyak macam perubahan yang bisa Anda lakukan, dari hanya memasang tas sadel hingga membuat etalase toko yang terbuka.

Ukuran gerobak motor dari kayu

Ukuran Gerobak Motor dari Kayu
Ukuran Gerobak Motor dari Kayu. Sumber Gambar: Youtube.com

Sebelumnya, modifikasi apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Dunia otomotif telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai penunjang mobilitas, tetapi juga sebagai sarana penambah pundi-pundi pribadi.

Seperti yang terlihat, beberapa tahun terakhir ini semakin banyak orang yang menggunakan sepeda motor untuk menambah penghasilan dengan menjadi tukang ojek online. Namun, dalam hal ini, teknologi juga memegang peranan penting.

Cara lain menggunakan motor untuk menghasilkan uang adalah dengan berdagang atau menjual.

Modifikasi sepeda motor untuk jualan

Tergantung pada jenis bisnisnya, Anda hanya dapat menjual dengan motor dalam kondisi baik. Yaitu tanpa melakukan perubahan apapun. Namun di sisi lain ada jenis bisnis yang justru sebaliknya.

Modifikasi akan Anda `perlukan untuk memudahkan Anda membawa barang dan menyajikannya kepada calon pembeli. Beberapa keuntungan berjualan menggunakan motor adalah sebagai berikut.

Keuntungan dan kerugian menjual dengan motor

  • Menjangkau wilayah yang lebih luas

Ini adalah keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan. Sepeda motor memungkinkan Anda untuk menawarkan barang ke area yang lebih luas. Dengan jangkauan yang lebih luas, kami berharap bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

  • Untuk hemat energi

Mengikuti dunia wirausaha pasti akan menguras banyak tenaga. Pasalnya, pada tahap awal terkadang semua hal harus Anda lakukan sendiri. Nah, menggunakan sepeda motor untuk mengantar barang bisa membantu Anda lebih hemat energi saat harus pergi kesana kemari.

  • Lebih cepat

Di beberapa jenis bisnis, motor lebih cenderung berfungsi sebagai alat pengiriman barang. Ini adalah keputusan yang tepat terutama untuk jarak. Penggunaan jenis kendaraan lain, seperti sepeda motor roda tiga atau mobil, terkadang menjadi kendala untuk kondisi jalan tertentu.

  • Ada biaya tambahan

Selain kelebihan yang ditawarkan, menjual dengan motor juga memiliki kekurangan. Misalnya, ada biaya tambahan yang harus Anda bayar secara berkala. Biaya ini termasuk uang untuk bensin dan pemeliharaan.

Ukuran gerobak motor dari kayu untuk bisnis apa?

Ukuran Gerobak Motor dari Kayu
Ukuran Gerobak Motor dari Kayu. Sumber Gambar: Google.com

Tidak semua orang yang ingin memulai bisnis tahu apa yang mereka perlukan.

Pada dasarnya produk itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu jasa atau barang. Contoh produk berupa barang yang sering orang tawarkan menggunakan sepeda motor adalah kuliner yang nikmat, mulai dari bakso, siomay, donat dan lain sebagainya.

Adapun produk jasa, termasuk jasa jam tangan atau permak jeans. Selain itu, tentunya masih banyak jenis usaha lainnya.

Contoh lain, penulis secara pribadi memiliki pelanggan on call yang telah mengubah sepeda motornya menjadi bengkel mobil. Honda Vario yang ia gunakan mendapat tambahan boks untuk membawa perlengkapan kerja yang ia butuhkan.

Jenis bisnis yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Penjualan kuliner
  • Perbaikan jam tangan
  • Permak jeans
  • Tukang kunci
  • Menjual furnitur
  • Antar galon
  • pengiriman gas
  • Penjualan buah
  • Penjualan pakaian
  • Mekanik di sekitar
  • perdagangan surat kabar

Dari jenis usaha yang Anda pilih, modifikasi motor akan perlu mengadaptasi jenis jualan dalam berbagai bentuk. Mungkin modifikasinya tidak membutuhkan banyak perubahan. Tapi bisa juga sebaliknya.

Ide ukuran gerobak motor dari kayu

Sebagai gambaran, Kami telah mengumpulkan contoh-contoh modifikasi yang dimaksud. Serta informasi mengenai biaya dan keuntungan serta kerugiannya.

Pada umumnya modifikasi motor penjualan bermaksud untuk meningkatkan kapasitas beban motor. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan spesifikasi barang.

Untuk lebih jelasnya, lihat contoh modifikasi.

1. Pemasangan tas sadel

Saddle bag adalah tas ekstra yang bisa Anda taruh di jok belakang sepeda motor. Tas ini memiliki dua kantong kiri dan kanan. Menggunakan tas sadel adalah modifikasi yang sangat sederhana.

Tas juga dapat dengan mudah dibongkar. Harga di pasaran juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 175 ribu. Namun tentunya tidak semua jenis usaha cocok menggunakan jenis modifikasi ini.

Fungsi tas tidak lebih dari sebagai pembawa barang. Anda dapat menggunakannya jika Anda menjual sayuran, koran, atau perabotan rumah tangga ringan.

Tapi pikirkan lagi jika Anda berencana menggunakannya untuk menjual makanan. Apalagi yang membutuhkan kompor untuk memasak atau memanaskannya.

Perlu Anda catat juga bahwa biasanya tas sadel ini berbahan kanvas, sehingga tidak tahan air. Meskipun beberapa jenis produk terbuat dari terpal.

2. Gerobak Etalase Kayu

Modifikasi jenis ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Yakni sepeda motor dengan tambahan sespan dari toko di bagian belakang. Modifikasi ini banyak Anda gunakan oleh mereka yang menawarkan bisnis makanan.

Bukan tanpa alasan, gerobak etalase kayu menyediakan kompor yang berguna untuk memanaskan makanan. Berdasarkan pengamatan, jelas ada beberapa jenis gerobak berdasarkan bahannya.

Salah satu bahan yang tersedia adalah kayu. Diakui, tampilannya lebih menarik dan terlihat antik. Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan beberapa kerugiannya.

Yang pertama adalah masalah berat. Seperti kita ketahui, kayu bukanlah bahan yang tingan. Dimensi sebesar itu tentu saja akan membuat motor yang Anda gunakan semakin berat.

Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi kontrol atau keseimbangan. Belum lagi barang-barang tambahan yang akan Anda bawa saat menjual barang tersebut.

Selain itu, kayu ini terkenal mudah terpengaruh oleh kondisi cuaca, terutama hujan. Jika Anda biarkan terlalu sering terkena hujan, maka kayu bisa menjadi keropos.

Sespan jenis ini bisa Anda beli mulai dari Rp 1,2 juta jika melihat beberapa produk yang  ada di situs belanja online.

2. Gerobak  etalase aluminium

Model lain dari kereta dorong jenis ini adalah menggunakan aluminium. Menurut kami, penggunaan material ini akan memberikan beberapa keuntungan.

Dari segi bobot bisa lebih ringan. Aluminium sendiri banyak Anda gunakan di berbagai sektor industri karena alasan ini. Selain itu, aluminium juga lebih tahan cuaca.

Tidak seperti baja tahan karat atau besi, aluminium tahan terhadap karat. Meskipun ini tidak berarti 100% anti karat.

Kekurangannya adalah dari segi harga. Berdasarkan penelusuran di beberapa toko online, etalase toko aluminium harganya mulai Rp 1,6 juta. Sedikit lebih mahal daripada etalase kayu.

Bahan apa yang harus Anda pilih kembali kepada Anda. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih suatu produk. Salah satunya adalah memastikan proses pembongkaran mudah Anda lakukan.

Ini akan berguna jika suatu saat Anda ingin menggunakan sepeda motor seperti biasa atau melakukan perawatan rutin.

3. Modifikasi motor bebek dengan roda tiga

Sebuah modifikasi motor untuk jualan yang kemudian tergolong unik. Hal ini dikarenakan ubahan yang Anda lakukan cukup masif yaitu penggantian sepeda motor bebek menjadi sepeda motor roda tiga komersil.

Sebenarnya banyak sekali sepeda motor niaga yang beredar di pasaran seperti ini. Beberapa brand yang fokus pemasarannya antara lain Viar, Nozomi atau juga Emperor.

Namun, harga baru motor jenis ini berada pada kisaran 18 hingga 30 juta rupiah. Kaisar Triseda adalah pilihan yang oke. Sedangkan produk yang mungkin paling mahal adalah Viar New Karya 300 dengan banderol Rp 30 juta.

Pengecer yang ukuran bisnisnya belum besar kemungkinan akan mempertimbangkan untuk membeli motor ini. Meskipun begitu, jika ingin harga yang lebih murah, Anda juga bisa melihat di pasar sepeda motor bekas. Tetaapi mungkin harganya tidak jauh berkurang.

Jika hal ini terjadi maka mungkin modifikasi dengan mengambil alih basis sepeda motor mungkin bisa menjadi jalan keluarnya. Saat ini sudah banyak bengkel yang bisa mengubah sepeda motor biasa menjadi kendaraan niaga.

Salah satunya adalah bengkel yang menamakan dirinya BMK. Dari beberapa video yang diunggah dari bengkel di kanal Youtube, terlihat banyak sekali jenis sepeda motor yang berubah menjadi kendaraan niaga lengkap dengan bak serba guna di belakangnya.

Basisnya bisa menggunakan motor tua seperti Suzuki Shogun, Honda Supra, Yamaha Vega R atau Yamaha Jupiter jaman dulu.

Pada dasarnya ada dua model yang bengkel modifikasi ini tawarkan.

Pertama, motor menggunakan gardan sebagai penyalur tenaga roda belakang dengan gigi mundur. Kedua, tipe no reversal yang artinya menggunakan rantai biasa.

Harga juga sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Tapi, sebagai gambaran awal, harga resmi terendah adalah Rp 5,5 juta.

4. Gerobak Sespan Motor

Modifikasi selanjutnya yang juga bisa Anda lihat adalah pemasangan model Sespan Motor. Jadi, mirip dengan beberapa tipe modifikasi yang kami sebutkan di awal. Tetapi untuk modifikasi ini gerobaknya ada di sebelah motor.

Salah satu kelebihannya adalah Anda bisa menggunakan sespan biasa jika sudah memilikinya. Buat saja braket yang menempel pada rangka sepeda motor.

Dari penelusuran internet, ternyata biaya pembuatan sespan sepeda motor sekitar Rp 2,5 juta.

Jenis modifikasi ini relatif lebih mahal. Biasanya, karena menawarkan lebih banyak fitur. Bila Anda tidak ingin menggunakan motor, Anda bisa menyambung kereta  dorong.

Selain itu, ukuran sespan rata-rata lebih besar dari sespan pada etalase yang biasanya menempel di bagian belakang sepeda motor.

Kesimpulan ukuran gerobak motor dari kayu

Ada banyak jenis modifikasi yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis dengan sepeda motor. Seperti yang sudah kami sebutkan, modifikasi ini bisa sesederhana menggunakan tas sadel hingga merombak rangka menjadi sepeda roda tiga.

Jenis modifikasi apa yang akan Anda pilih akan tergantung pada jenis usaha. Selain itu tentunya dan ketersediaan dana di kantong.

Untuk modifikasi yang tergolong berat, pastikan buatan dari tangan yang tepat agar hasilnya awet dan memuaskan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melihat hasil pekerjaan sebelumnya dari bengkel yang menggarapnya.

Karena pada akhirnya modifikasi ini kita harapkan lebih menguntungkan. Jadi mereka tidak sering menghabiskan uang untuk perbaikan.

Kisaran biaya modifikasi sepeda motor untuk jualan

  • Pemasangan tas sadel  Rp. 175 ribu
  • Gerobak etalase kayu  Rp1,2 jutaan
  • Gerobak etalase aluminium  Rp1,6 jutaan
  • Modifikasi motor bebek roda tiga  Rp5,5 jutaan
  • Modifikasi gerobak sespan motor  Rp2,5 jutaan

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …