Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon
Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon. Sumber Gambar: Google.com

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon termudah. Panduan cara memperbaiki remote ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba memperbaiki remote yang rusak. Alasannya adalah karena aksesoris tv ini cukup sering mengalami kerusakan, baik remote tidak responsif atau hanya beberapa tombol yang berfungsi.

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon

Fungsi utama TV sebenarnya tidak akan terganggu karena pada dasarnya remote hanya berfungsi sebagai perintah untuk memudahkan pergantian channel atau volume saja, namun sangat merepotkan jika terjadi kerusakan karena harus selalu menekan tombol fisik pada unit TV.

Sebelum cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon

Jadi sebelum melakukan pengecekan yang lebih baik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menguji fungsi remote control untuk memastikan remote control rusak atau tidak pada TV. Mengapa tidak lupa bahwa pada remote control terdapat pemancar sinyal (transmitter) dan pada TV terdapat penerima (receiver) sehingga kerusakan pada unit TV juga dapat terjadi.

Cara mudah untuk mengetes remote ini adalah dengan menggunakan kamera hp, berikut langkah-langkahnya:

  • Aktifkan fungsi kamera di ponsel Anda
  • Arahkan lampu infra merah pada remote control agar arahnya tepat di kamera HP
  • Tekan tombol pada remote control (tombol gratis apa saja) sambil melihat layar ponsel Anda
  • Pada remote biasa akan ada lampu yang muncul sebagai lampu berkedip ketika tombol remote Anda tekan

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon

Langkah selanjutnya mungkin cek kamera handphone, led infrared berkedip tidak terdeteksi, maka di bawah ini beberapa penyebab kerusakan yang paling sering kita temukan pada remote TV yang rusak :

1. Baterai remote control habis

Agar remote TV dapat berfungsi, tentunya membutuhkan sumber listrik. Dan, baterai merupakan sumber listrik yang umum kita gunakan di hampir semua jenis remote control. Maka, banyak yang mengira saat remote tidak berfungsi, ada kerusakan pada remote meskipun ternyata bisa saja baterainya yang sudah habis.

Untuk memastikan kondisi baterai masih bagus atau tidak tentu saja bisa mengukur tegangan dengan multimeter, namun jika tidak ada anda juga bisa mengetes baterai terlebih dahulu pada alat elektronik lainnya seperti jam dinding, apakah baterai masih bisa Anda gunakan atau tidak.

Jika masih ragu, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru agar lebih aman

2. Terminal baterai remote berkarat

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon karena karat adalah sebagai berikut.

Biasanya, televisi China atau remote control menggunakan baterai berkualitas rendah yang mudah bocor, menyebabkan reaksi kimia yang menyebabkan terminal sambungan baterai pada remote mudah berkarat. Jika korosi/karat pada terminal baterai parah, maka jelas daya baterai juga akan terhambat sehingga menyebabkan kerusakan pada remote.

Sebaiknya apabila muncul gejala yang menunjukkan bahwa baterai basah/ada kebocoran pada baterai, maka sebaiknya segera Anda ganti setelah Anda bersihkan. Dan sebaiknya sebagai pengganti sebaiknya menggunakan baterai yang berkualitas baik untuk menghindari kebocoran baterai.

3. Kerusakan remote pada LED inframerah

Pada remote control terdapat LED infra merah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal perintah ke remote control yang dalam hal ini bertindak sebagai pemancar. LED ini tentunya berbeda dengan lampu indikator LED biasa, namun kerusakan infrared sebenarnya cukup jarang terjadi.

Kerusakan biasanya hanya pada bagian solder yang mulai kendor, jadi solusi paling sederhana cukup dengan solder ulang saja, pastikan polaritas saat memasang LED pengganti sudah sesuai. Jika ada kerusakan untuk menggantinya pun cukup mudah dan banyak juga tersedia di pasaran.

4. Keyboard dan jalur PCB kotor

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon yang keempat.

Karena remote sering Anda gunakan dan berpindah tangan setiap hari, bagian ini rentan terhadap kotoran yang dapat menghalangi koneksi dari tombol keyboard ke jalur PCB pada remote.

Kerusakan pada keyboard tandanya adalah error hanya pada beberapa tombol remote control saja. Jadi, untuk membersihkan jalur PCB ini kita bisa menggunakan cotton bud. Bahkan, lebih bagus lagi jika menggunakan alkohol sehingga juga bisa mengangkat kotorannya.

5. Kode remote salah

Bagaimana jika setelah Anda cek remote control dengan kamera HP ternyata lampu LED remote control bisa menyala? Maka pada TV yang menggunakan remote control universal, kode remote control yang Anda masukkan mungkin salah atau mungkin ada kode kesalahan.

Solusi mudahnya cukup masukkan kembali kode yang sesuai dengan merk TV tersebut. Namun, untuk caranya bisa mencari panduan cara memasukan kode remote tv universal. Dan cek juga kumpulan kode remote tv universal. Tambahan lagi, anda juga bisa mencari merknya yang cocok dengan TV Anda.

6. Sensor remote TV tidak berfungsi

Kemungkinan terakhir penyebab remote tidak merespon adalah sensor remote TV tidak berfungsi. Dan, kerusakan ini juga jarang terjadi tapi bisa saja terjadi. Bagi Anda yang baru mengenal elektronik, maka Anda bisa mencoba mengganti sensor infra merah. Bagian ini biasanya terdapat di bagian depan unit TV.

Pada beberapa unit TV biasanya juga terdapat modul PCB tersendiri yang memudahkan untuk mengganti part yang rusak, contohnya modul remote TV Polytron.

Demikian artikel tentang Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

  • Bagikan