HP Oppo yang Bagus Kameranya

  • Bagikan
Hp Oppo yang Bagus Kameranya
Hp Oppo yang Bagus Kameranya

HP Oppo yang bagus kameranya. 10 Kamera HP Oppo Bagus yang Bisa Mengambil Gambar Mempesona!    

10 Kamera HP Oppo Bagus yang Bisa Mengambil Gambar Mempesona! Bersaing dengan vendor besar lainnya, Oppo juga memiliki banyak smartphone yang didedikasikan untuk penggemar fotografi . Rata-rata, setiap kali Oppo merilis ponsel baru, poin utama seharusnya ada di departemen kamera. Kameranya sendiri bermacam-macam, ada yang dilengkapi dengan resolusi yang bagus dan ada pula yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik.              

Namun, Oppo memahami bahwa konsumen juga menginginkan ponsel dengan kamera yang bagus dengan harga yang terjangkau. Nah, ada juga beberapa HP Oppo yang harganya murah namun dibekali dengan performa kamera yang mumpuni. Apakah Anda ingin tahu apa ponsel OPPO dengan kamera yang bagus terlihat seperti? Ayo lihat reviewnya dulu!

Ini dia, daftar HP Oppo yang bagus kameranya        

1. Oppo Find X2 Pro

Oppo Find X2 Pro pantas menyandang predikat “Kamera Terbaik” di antara ponsel Oppo lainnya. Bukan tanpa alasan, karena ponsel ini mengusung tiga kamera utama yang terdiri dari 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), dan 48 MP (ultrawide). Selain itu, fiturnya juga lengkap. Ada omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS, 5x optical zoom, bahkan HDR dan panorama.

Spesifikasinya sangat menggiurkan, namun hasil fotonya tidak kalah menarik. Berdasarkan review dari DXOMARK, kamera di ponsel ini memiliki tampilan yang sangat bagus meski dalam kondisi cahaya yang sangat minim. Setelah itu, rentang dinamisnya sendiri cukup lebar. Bahkan kamera dapat bekerja secara efisien dengan kondisi kontras yang tinggi . Detailnya tetap terlihat bagus, baik dari segi highlight maupun shadow di setiap sudut frame.                                                    

Meski tidak menghadirkan tekstur gambar sebaik iPhone, ponsel ini tetap merupakan HP Oppo yang bagus kameranya. HP ini mampu menyeimbangkan retensi detail dan noise dalam kondisi cahaya terang. Yang paling menarik adalah noise yang hampir tidak terlihat saat mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan yang sangat terang.                  

Namun, bukan berarti kamera HP ini tanpa cacat. Pasalnya, saat memotret dalam kondisi pencahayaan minim, detail gambar agak berkurang dan tidak terlalu fokus. Ini sebenarnya tampak menghasilkan gambar yang sedikit buram.

Beranjak ke kamera telefoto, pada bagian ini terdapat fitur menarik yaitu 5x optical zoom. l Zoom kinerja yang sangat baik . Oppo dapat menghasilkan gambar yang diperbesar dengan tingkat ketajaman dan kejernihan gambar yang baik. Namun pada saat melakukan zoom in /zoom out 5 ( zoom zoom out yang lain ), detail gambar kurang lengkap pada gambar.                                                      

Keuntungan lainnya adalah saat memotret di malam hari. Hasil pengujian DXOMARK menunjukkan bahwa gambar dari Oppo Find X2 Pro lebih baik daripada Apple iPhone 11 Pro Max, karena gambar terlihat banyak noise. Namun, ponsel ini juga masih kalah dengan gambar malam Mi 10 Pro. Secara keseluruhan, performa kamera pada ponsel ini cukup memuaskan di segala kondisi.                   

2. Oppo Reno 10X Zoom, HP Oppo yang bagus kameranya

Ini bukan hp baru. Oppo Reno 10X Zoom dirilis pada Juni 2019 dengan tiga kamera di bagian belakang: 48MP (lebar), 13MP (telefoto periskop), dan 8MP (ultrawide). Selain resolusinya yang sangat memikat, fitur kameranya pun tak kalah menarik, terutama pada departemen zoom yang menghasilkan 10x hybrid zoom yang artinya bisa melakukan zoom in hingga jarak yang sangat jauh.

Sedangkan “hybrid” adalah kamera yang menggunakan dua teknologi, digital dan optik. Techradar umumnya menyatakan bahwa gambar telah diterima dengan baik. Hasil gambar terlihat cerah dan menarik. Kemudian detail gambar juga terlihat sangat bagus. Saat memotret, hasilnya terlihat mirip dengan aslinya.

Fitur lain pada ponsel ini adalah bagian eksposur. Menurut DXOMARK, kamera HP Oppo Reno 10X Zoom dapat secara akurat mengidentifikasi eksposur target dalam kondisi cahaya rendah. Di satu sama dynamic range yang sangat luas, meskipun tidak selebar iPhone 11 Pro Max, tapi masih merupakan HP Oppo yang bagus kameranya untuk 7 juta Rupiah.       

Sekarang, apa yang bahkan lebih menarik adalah dengan warna dengan hasil yang memuaskan dan white balance akurat. Namun, hasil ini tentu tidak sealami Huawei P30 Pro, namun tetap bisa bersaing dengan flagship HP lainnya.                           

Kemudian, pada sisi gambar bouquet, kata beberapa pengulas bahwa ponsel ini dapat menghasilkan gambar alami Khokhah. Meskipun ada kesenjangan kesalahan dalam yang mendalam bagian , yang obyek dan latar belakang umumnya baik ditangkap . Namun sayang, kualitas gambarnya sedikit berkurang saat mengambil foto bokeh di dalam ruangan.                                              

3. Oppo Reno 3 Pro, HP Oppo yang bagus kameranya

Meski tidak ada istilah “zoom” di namanya, ponsel ini juga dinilai memiliki kamera yang bagus untuk fotografi. Oppo Reno 3 Pro merupakan ponsel dengan empat kamera yang terdiri dari 64 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide) dan 2 MP (depth). Meski tidak memiliki nama “Zoom”, ternyata ponsel ini juga hadir dengan 2x optical zoom.

Sangat menarik, karena hasil kamera ini sangat bagus. Bahkan, Oppo Reno 3 Pro juga menawarkan sebuah cukup lebar dinamis kisaran . Karena warnanya juga cukup nendang dan relatif halus. Detailnya juga sangat memuaskan. Sayangnya noise agak tidak konsisten tetapi kontrasnya terlihat bagus.                                          

Pada siang hari, kamera Ultra HD dapat menghasilkan foto yang sangat bagus tetapi dengan detail yang kurang jelas, tidak seperti kamera lebar. Sedangkan untuk dynamic range, terlihat mirip dengan kamera utama dengan saturasi warna yang lebih berani. Keuntungan lainnya adalah dapat mengoreksi distorsi pada lensa dengan sangat baik.           

Sedangkan pada malam hari, kameranya kurang bagus dan cenderung kurang konsisten. Tidak jarang GSMARENA memiliki gambar buram. Faktanya, foto pada malam hari tidak setajam foto yang diambil pada siang hari. Namun, semua kekurangan ini dapat ditipu dengan menggunakan Malam Modus Night Mode ).                    

Dengan fitur tersebut, foto terlihat lebih tajam dan lembut. Selain itu, mode malam juga mampu mereproduksi lebih banyak warna “menendang” dengan nuansa yang sangat bagus. Di sisi lain, ada sebuah yang super malam modus Mode ini dapat digunakan dalam kondisi yang sangat gelap. Hasilnya, ya, tidak terlalu mengecewakan meski target exposurenya terkadang sedikit melenceng. Secara umum, masih merupakan HP Oppo yang bagus kameranya.                  

4. OPPO Find X

Selanjutnya kami memilih Oppo Find X sebagai salah satu ponsel kamera terbaik yang pernah diluncurkan Oppo. Pada ponsel ini , Anda akan menemukan dua kamera pop-up bermotor dengan resolusi 16MP (lebar) dan 20MP (kedalaman). Meski fiturnya tidak “kaya” seperti HP Oppo sebelumnya, namun sepenuhnya mumpuni dengan PDAF, OIS, LED Flash, dan Panorama.                       

Performa kamera ini sangat memuaskan. Gambar bisa mendapatkan kontras yang sangat baik dan warna “nyata”. Yang cukup menarik, dynamic range pada ponsel ini cukup tinggi meski tidak menggunakan mode HDR. Kemudian, gambar juga terlihat tajam tetapi tidak mempertajam itu sehingga menghasilkan gambar yang lebih alami.                         

Kebisingan ditekan dengan sangat baik berkat bantuan OIS. Bahkan, foto yang diambil dalam kondisi kurang cahaya hanya menyisakan sedikit noise . Dengan hasil seperti ini, GSMARENA menyebut Oppo Find X bisa menghasilkan foto yang lebih bagus dari Oppo R15 Pro dan OnePlus 6, lho ! Tertarik untuk membelinya? Karena ini adalah HP kelas high-end , jadi tidak heran jika harganya agak mahal sekitar 10.000.000-11.000.000.                                                       

5. HP Oppo berkamera bagus Oppo A9 (2020)

Masih dengan salah satu lini HP Oppo 2020 terbaru, kali ini ada Oppo A9 (2020). Dalam rilis terbarunya, Oppo menggunakan empat kamera yang meliputi; 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP, dan 2 MP (kedalaman). Berbeda dengan Oppo Find X, fitur HDR dan autofocus ada di sini. Fiturnya memang sudah lebih lengkap, tapi apakah performanya lebih baik dari Find X?

Menurut hasil yang TrustedReviews percobaan , ini ponsel dapat memperbesar 2x dan 5x, meskipun ponsel ini tidak fokus pada “memperbesar” bagian. Untuk pemotretan dengan zoom 2x, hasilnya masih sangat bisa diterima. Namun pada perbesaran 5x, hasilnya kurang ideal.

Lalu, untuk kamera utama (wide) memiliki detail yang sangat bagus. Sebenarnya ada sedikit delay di bagian shutter, tapi tidak terlalu mengganggu. Bila menggunakan modus Auto HDR, foto memiliki sebuah cukup lebar dinamis rentang dan sangat baik.                                    

Apa yang lebih mengesankan dari kamera HP adalah di departemen mode malam. Teknologi pencitraan mirip dengan ponsel kelas atas, mengambil gambar beberapa detik dan beberapa eksposur untuk foto malam yang hampir sempurna.           

Meski masih kalah dengan Google Pixel 3 A dan Huawei Mate 30 Pro, hal ini masih bisa dimaklumi mengingat Oppo A9 (2020) tidak berada di kategori yang sama dengan kedua ponsel sebelumnya. Oh ya, gambar terakhir jauh lebih hangat karena mode HDR otomatis di ponsel ini meningkatkan detail bayangan.                

Nah, bagi Anda yang sedang mencari HP Oppo berkamera bagus yang murah, Oppo A9 (2020) bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya di Indonesia sendiri ponsel ini dijual di kisaran 2 jutaan – 3 jutaan lho !         

6. Oppo R17 Pro

Ini adalah ponsel dengan dua kamera di bagian belakang, 12MP dan 20MP. Kamera 12MP memiliki dual-aperture fitur mirip dengan yang di Note Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy 9. Perbedaannya adalah bahwa aperture tidak dapat ditetapkan karena secara otomatis disesuaikan dengan kondisi pencahayaan ketika Anda ingin mengambil gambar.                        

Namun, gambar pada kamera sangat bagus dengan gambar yang jernih, detail yang “kaya”, dan reproduksi warna yang hidup sehingga menghasilkan gambar yang lebih alami. Yang paling mengesankan dari kamera ini adalah hadirnya fitur Ultra Night Mode. Fitur ini memiliki peningkatan yang cukup drastis membuat seri ini emnjadi rekomendasi HP Oppo berkamera bagus.

Bayangan , detail sorotan, produksi cahaya jauh lebih baik. Namun sayang, jika menggunakan mode ini, hasil foto tidak akan terlihat sangat natural namun akan tetap “keren” untuk dilihat.     

Kemudian pada bagian kamera 20MP berfungsi untuk mengambil gambar bokeh dengan mode Portrait dan Picture 3D . Efek bokehnya sangat bagus dan gambar terlihat lebih menarik. Hanya begitu “menarik” sehingga terlihat kurang alami. Secara umum kamera HP Oppo R17 Pro cukup mumpuni dan dibanderol dengan harga di kelas menengah sekitar 5 jutaan – 6 jutaan.                                    

7. Oppo F9 Pro, HP Oppo berkamera bagus

Seperti halnya Oppo R17 Pro, terdapat dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera 16MP dengan bukaan f/1.8 dan kamera 2MP dengan bukaan f/2.4 (kedalaman). Selain itu, kamera ini juga dilengkapi kaya, ada pengembangan HDR, dan menempatkan super Vivid, poster AR, banyak dari filter built – di aplikasi kamera.                    

Berdasarkan pengalaman GadgetSnow, Oppo F9 Pro bisa menghasilkan foto yang bagus. Detail dan warna foto sangat akurat. Hal ini juga disepakati oleh digit.in. Menurut mereka, ponsel mereka dapat menghasilkan gambar yang tajam dan hidup. Saat mode HDR aktif, foto menjadi lebih detail.

Fitur PDAF juga sangat keren karena fokus bisa bekerja dengan cepat dan akurat. Untuk foto dalam ruangan, fokus merespons sedikit lebih lama tetapi tidak ada jeda rana. Detail gambar masih bagus tapi ada sedikit noise.                

Sedangkan saat memotret dalam kondisi minim cahaya, kamera bisa menghasilkan adegan kekerasan . Padahal, citra memiliki noise yang cenderung rendah karena adanya algoritma reduksi noise . Memang bukan hasil yang terbaik dibandingkan dengan ponsel Oppo lainnya, namun secara keseluruhan, kamera pada Oppo F9 Pro dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.                                

8. Oppo F15

Satu lagi ponsel kelas menengah dari Oppo yang memiliki kamera terbaik, namanya Oppo F15. Secara spesifikasi, ponsel ini dibekali empat kamera di bagian belakang, 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (putih/hitam), dan 2 MP (depth). Tidak jauh berbeda dengan HP Oppo sebelumnya karena Oppo F15 juga dilengkapi fitur HDR, LED flash, HDR, PDAF, dan foto panorama.                    

Hasil review dari Androidauthority, hasil kameranya bagus. Secara umum, gambar yang dihasilkan memiliki noise yang lebih sedikit dan terlihat lebih menarik di bagian gambar yang berwarna. Nah, hasilnya juga sama saat memotret di luar ruangan dengan jumlah cahaya yang cukup. Gambar yang dihasilkan memiliki sedikit kebisingan dan adalah halus. Sayangnya, rentang dinamisnya tidak terlalu lebar . Namun hal ini wajar mengingat Oppo F15 masuk dalam kategori HP mid-range tetapi tetap HP Oppo yang bagus kameranya.                                                                           

Untuk kamera Ultra HD , foto memiliki detail yang buruk karena bayangan terlihat sedikit kurang alami. Namun, jika Anda mengambil foto dari jarak dekat, hasilnya akan lebih detail dengan noise yang lebih sedikit . Bahkan hasilnya terlihat lebih estetis dan artistik. Warnanya juga terlihat lebih kuat dan menjadi sangat menarik.                                         

Fitur lainnya ada di bagian bokeh dan pengambilan gambar di malam hari. Berdasarkan pengalaman GadgetSnow, kamera Oppo F15 mampu menghasilkan foto yang bagus di malam hari berkat dukungan night mode. Foto itu terlihat seperti terlalu banyak diproses (tidak terlalu alami) tetapi masih sesuatu yang bisa dibanggakan. Kemudian bokeh juga memiliki efek halus baik pada kamera utama maupun kamera lainnya, termasuk kamera selfie.                  

9. Oppo A52, HP Oppo yang bagus kameranya

Bukan yang terbaik tapi Oppo A52 juga masuk dalam jajaran HP dengan kamera yang bagus. Ada empat kamera portabel, 12 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro), dan 2 MP (kedalaman). Ponsel yang dibanderol dengan harga sekitar 3 jutaan ini memiliki banyak fitur populer seperti PDAF, LED flash, HDR, dan panorama.

Jangan berharap gambarnya bagus seperti Oppo Find X2 Pro ya, karena ponsel ini sekelas medium . Namun untuk ponsel kelas menengah, kameranya bisa menghasilkan foto yang sangat bagus. Menurut YangSopheated, gambar dipenuhi dengan detail yang baik dalam kondisi pencahayaan yang memadai. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan fokus, karena fokus dapat menangkap target dengan cepat.                      

Kelemahan kamera ini adalah menangkap subjek yang bergerak cepat karena sulit menangkap subjeknya. Namun, saat mengambil gambar menggunakan zoom. Jika zoom terlalu jauh, noise pada gambar akan lebih terlihat. Ini normal, mengingat ini bukan high-end kelas ponsel.                                         

Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah mode malam. Dalam mode ini, Oppo A52 mengambil foto 8MP, dan tidak dapat diubah menjadi 12MP, sehingga hasil fotonya tidak memuaskan. Namun, foto close-up dekat-dekat ) tetap menghasilkan foto yang bagus, serta detail dan warna yang keluar dengan baik.                    

10. Oppo A5 (2020)

Remomendasi terakhir HP Oppo yang bagus kameranya.

Mirip dengan Oppo A52, kali ini Oppo A5 (2020) juga menggunakan empat kamera utama di bagian belakang, 12MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP f/2.4, dan 2MP (depth). Fiturnya masih sama, ada PDAF, LED Flash, HDR dan panorama.

Menurut TrustedReviews, HDR cukup efektif untuk membuat gambar lebih kontras dengan warna yang lebih kaya. Jangan lupa detail yang lebih halus. Hal ini juga diakui oleh Yang Sophertain. Dia setuju bahwa gambarnya bagus dan terlihat tajam. Detailnya juga intens dengan reproduksi warna yang halus .                    

Setelah itu, memiliki Ultra Night Mode sangat berguna saat mengambil foto di malam hari. Meski noise masih terlihat, namun jumlahnya minim. Ada kekurangan lain, yaitu detail gambar yang berkurang, tidak seperti pemotretan di siang hari.           

Sedangkan untuk mode bokeh vertikal, hasilnya tak kalah menarik. Namun, jika Anda memperbesar gambar, itu akan terlihat berantakan karena detailnya benar-benar berkurang. Kekurangan lainnya adalah mengambil foto bokeh dengan latar belakang yang ramai dan objek yang terlalu berdekatan. Gambar terlihat kurang “menendang” dan tidak terlalu mengesankan.

Ada banyak ponsel Oppo yang resmi diluncurkan di Indonesia. Namun, bagi Anda yang ingin mencari HP Oppo yang bagus kameranya, sepuluh ponsel di atas bisa menjadi pilihan yang bijak. Tinggal sesuaikan dengan budget, ada ponsel high end dan middle class Harganya beda tapi kualitas kameranya juga beda. Jadi, apa ponsel Oppo favorit Anda?

  • Bagikan