Cara Mengubah Penyimpanan Internal Ke Kartu Sd HP Samsung

  • Bagikan
Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD Hp Samsung
Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD Hp Samsung. Sumber Gambar: Google.com

Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd HP Samsung. Berbicara tentang ponsel Samsung, saya akan membagikan cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD ponsel Samsung.

HP Samsung merupakan salah satu merek smartphone populer di Indonesia yang menawarkan sejumlah keunggulan kualitas.

Dengan fitur-fitur yang sangat menarik dan penyempurnaan teknologi yang diterapkan pada ponsel ini, selalu memiliki spesifikasi yang memuaskan.

Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd HP Samsung

Masuk ke inti pembahasan, saya akan menjelaskan mengapa kita harus memindahkan memori internal ke memori eksternal, dalam hal ini kita menggunakan kartu SD.

Di antara sekian banyak pengguna Samsung, tentu tidak asing lagi dengan notifikasi yang sering muncul.

Ini adalah salah satu cara Samsung menjaga kualitas merek ponselnya agar tidak cepat rusak.

Tampilan notifikasinya, biasanya untuk menunjukkan bahwa ponsel kapasitas memori internal HP penuh atau tidak lagi cukup untuk menampung file baru.

Anda dapat menandai hal ini dengan tidak dapat menyimpan foto, video, musik, dan juga berbagai jenis file lainnya. Namun, ada batasan untuk memindahkan file di penyimpanan eksternal. Jadi meskipun kartu SD kosong, namun cukup sulit untuk memindahkannya.

Terkadang bagian terburuknya adalah ponsel Anda dapat langsung melambat dan semua sistem di ponsel hang / membeku sehingga sulit Anda gunakan.

Tentunya sangat menyebalkan bukan. Apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas penting seperti merekam video atau mendownload file dan juga kegunaan lainnya di smartphone Anda.

Salah satu cara untuk mengatur memori HP penuh adalah dengan memindahkan penyimpanan internal ke kartu microSD eksternal.

Untuk mengetahui cara memindahkan memori internal ke kartu SD ponsel Samsung, simak langkah-langkah berikut yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd HP Samsung yang mudah

  1. Secara manual

Meski smartphone Android masa kini menawarkan ruang penyimpanan yang cukup luas, penggunaan kartu memori tetap sangat penting.

Ini karena video yang panjang atau mungkin juga peningkatan penyimpanan foto atau film yang sekarang berukuran besar. Berikut cara mudah memindahkan file ke kartu SD;

Silahkan menggunakan MicroSD kualitas bagus, minimal UHS-I Class 10 (jangan pakai yang murahan). Saya merekomendasikan merek SanDisk karena kualitasnya bagus.

  • Masukkan kartu SD Anda ke ponsel Anda, lalu aktifkan
  • Silakan buka menu dan temukan file saya, lalu buka
  • Kemudian, pastikan ada dua tampilan penyimpanan, pilih penyimpanan internal yang akan Anda buka
  • Setelah masuk ke memori internal, pilih file yang ingin Anda pindahkan ke folder yang tersedia
  • Untuk cara memilihnya, tekan dan tahan file yang ingin Anda pindahkan hingga muncul tanda centang. Kemudian silahkan pilih
  • Pastikan juga semua file terpilih sudah terpilih. Kemudian perhatikan logo pindahkan di dashboard bawah
  • Kembali ke menu mulai, pilih kartu SD yang terbuka dan letakkan sesuka Anda.

Selesai

  1. Menggunakan fitur Android

Cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd HP Samsung lewat fitur Android.

Pembaruan pada ponsel Samsung, terutama yang dimulai dengan Android Marshmallow, telah memperkenalkan perubahan pada bagaimana ponsel dapat menangani kartu memori, dan perubahan ini juga berlaku untuk versi Android yang lebih baru.

Jadi sekarang Anda dapat membuat kartu microSD yang berfungsi sebagai penyimpanan internal untuk sistem seluler Anda.

Hal ini Anda lakukan sebagai cadangan jika metode memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD pertama ponsel Samsung masih tidak dapat berjalan. Jadi, sebabnya adalah karena ruang penyimpanan yang aslinya memang terbatas.

Jadi, harap persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini.

Karena kartu Anda akan terhapus selama proses, maka pastikan Anda telah mencadangkan data penting Anda dan sebaiknya gunakan kartu SD baru.

Masukkan kartu ke dalam slot memori. Saat notifikasi Kartu SD Baru muncul, ketuk Konfigurasi.

Selanjutnya, Anda harus memilih bagaimana telepon menggunakan kartu. Pilih Penyimpanan telepon di Android 9 atau “Gunakan sebagai penyimpanan internal” l pada versi yang lebih lama.

Anda juga dapat pergi ke Pengaturan> Penyimpanan, ketuk tab, ketuk tombol menu dan pilih Pengaturan penyimpanan. Klik Format untuk menjadikannya internal.

Pada layar berikutnya, ketuk Format kartu SD atau Hapus dan format. Ini akan membuat HP memformat kartu memori hingga bersih.

Di ponsel Android 9, ada arahan untuk memindahkan konten, termasuk aplikasi  ke kartu. Maka Ini juga menunjukkan berapa banyak ruang yang akan Anda hemat.

Tekan Pindahkan Konten sebagai langkah untuk menyelesaikan.

Fitur ini disebut Adoptive Storage dan memerlukan penyimpanan permanen kartu memori di telepon. Kartu juga dienkripsi, sehingga Anda tidak dapat memasukkannya ke perangkat lain untuk menyalin data.

3. Kekurangan

Kelemahan besar dari cara penyimpanan ini adalah bahwa beberapa pengembang aplikasi memilih untuk tidak menawarkannya di perangkat mereka.

Jadi, jika Anda tidak memilikinya, maka Anda harus melanjutkan memindahkan aplikasi secara manual ke kartu SD. Atau, bisa juga dengan memasang akses root pada ponsel Anda.

Jadi, demikian ulasan tentang cara mengubah penyimpanan internal ke kartu sd HP Samsung, semoga dapat membantu para pengguna Hp Samsung.

  • Bagikan