Pekerjaan Lulusan Sma IPA Wanita

  • Bagikan
Pekerjaan Lulusan Sma IPA Wanita
Pekerjaan Lulusan Sma IPA Wanita. Sumber Gambar: Minnesota.gov

Pekerjaan lulusan SMA IPA wanita yang menjanjikan. Apakah Anda tahu pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan IPA? Setelah Anda lulus, bukan tidak mungkin jika Anda memilih untuk langsung bekerja daripada melanjutkan studi. Menariknya, saat ini cukup banyak pekerjaan yang cocok untuk lulusan yang bergerak di bidang IPA. Baca informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Pekerjaan lulusan SMA IPA wanita

Bagi Anda yang telah lulus dari SMA IPA, ada banyak sekali peluang kerja yang bisa Anda pilih setelah lulus. Jadi, jika Anda memiliki keahlian yang mumpuni di bidang tertentu, bukan tidak mungkin untuk mencari pekerjaan di sana. Berikut tujuh pekerjaan yang bisa Anda pertimbangkan.

Pekerjaan lulusan SMA IPA wanita sesuai bidang

Ini adalah pekerjaan yang sesuai dengan bidang IPA Anda.

1. Staf pertanian

Jika Anda memilih menjadi pekerja pertanian, berarti Anda akan bekerja di perusahaan pertanian, peternakan atau mungkin perikanan. Jika Anda menyukai biologi dan pecinta alam, tak ada salahnya mengubah minat tersebut menjadi sebuah profesi melalui pekerjaan ini. Dengan ini, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan Anda.

2. Tutor Bimbingan

Jika Anda yakin dengan kemampuan akademik Anda dan tertarik untuk mengajar siswa SD atau SMA, tidak ada salahnya mencoba profesi ini. Anda tidak harus menguasai semua mata pelajaran untuk menjadi seorang guru. Anda membutuhkan setidaknya satu mata pelajaran yang bisa Anda kuasai di atas rata-rata.

Untuk biaya Mei 2022, kini di daerah, kursus 1,5 jam anak SD adalah Rp. 30.000. Untuk anak SMA, matematika, tentunya minimal Rp. 60.000 hingga tergantung keahlian Anda dan siapa klien Anda.

Di, Jakarta, biayanya pasti jauh lebih tinggi lagi.

3. Operator produksi

Saat ini banyak perusahaan industri yang berkembang di Indonesia dan banyak dari perusahaan tersebut mencari lulusan SMA di berbagai jurusan, termasuk IPA. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan industri, menjadi operator produksi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Menariknya, pekerjaan ini juga cukup menjanjikan untuk gaji.

4. Asisten Dokter Gigi

Selain itu, ada pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA yang mengambil jurusan IPA yang berhubungan dengan dunia medis. Jika Anda tertarik untuk bekerja di rumah sakit tetapi tidak berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, menjadi asisten dokter gigi bisa menjadi pilihan yang menarik. Biasanya pekerjaannya meliputi perawatan pasien, pendaftaran, dll.

Anda juga dapat bekerja sebagai asisten dokter di kantor atau klinik dokter, pekerjaan ini tidak harus memiliki latar belakang medis, karena sebagian besar tanggung jawabnya adalah mengurus pendaftaran pasien dan membuat janji.

5. Asisten Pilot

Tidak hanya polisi, ijazah SMA Anda juga bisa digunakan untuk mendaftar sebagai asisten pilot. Jika Anda berasal dari latar belakang keilmuan, tentunya ini akan menjadi nilai plus bagi Anda untuk mendaftar sebagai asisten pilot. Saat ini, ada berbagai maskapai yang bisa menjadi tempat Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

6. Karyawan di apotek

Biasanya tidak semua apotek memiliki lulusan kefarmasian, tetapi banyak yang lulusan SMU IPA, karena lulusannya memiliki pengetahuan baik biologi maupun kimia, sehingga cocok untuk bekerja di apotek. Namun, Anda tidak akan bertanggung jawab untuk meresepkan obat, hanya sebagai staf penjualan atau administrator.

Pekerjaan lulusan SMA IPA wanita PNS / TNI

Namun, ternyata lebih banyak pilihan pekerjaan yang tidak perlu selaras dengan lulusan IPA.

1. Polisi

Apakah Anda bercita-cita menjadi seorang polisi? Jika demikian, polisi adalah salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan IPA dan lainnya. Meskipun tidak ada persyaratan untuk pendidikan tinggi, ada beberapa persyaratan lain yang harus Anda ketahui. Jika Anda terbukti memenuhi syarat, tidak pernah rugi untuk berpartisipasi dalam pendaftaran polisi.

2. AKMIL, AKPOL, AAL, AAU

Menjadi taruna merupakan suatu kebanggaan, banyak lulusan IPA yang ingin melamar menjadi PNS. Menjadi PNS sangat diperlukan bagi lulusan SMA yang memiliki ilmu, memang lulusan SMA yang memiliki jurusan IPA memiliki latar belakang akademik yang berbeda dengan jurusan lainnya. Karena itu, jika Anda menyelesaikan sekolah menengah dengan gelar IPA, jangan ragu untuk mendaftar sebagai pegawai negeri atau militer / polisi.

Pekerjaan lulusan SMA IPA wanita tanpa jalur IPA

1. Staf administrasi

Anda juga dapat melamar pekerjaan sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan. Biasanya lowongan ini terbuka untuk laki-laki juga, jadi pesaingnya banyak. Namun, jika Anda bisa melalui semua tahapan seleksi, maka pekerjaan akan selesai.

Yang Anda perlukan, belajar Microsoft Office khususnya MS Word dan Excel. Atau, belajar pembukuan sendiri. Tidak terlalu sulit. Namun perlu sering Anda biasakan supaya mudah ingat.

2. Penulis lepas

Bagi Anda lulusan yang memiliki kemampuan menulis, baik menulis cerita, artikel atau berbagai karya tulis lainnya, maka Anda bisa menjadi penulis lepas. Menjadi penulis lepas adalah pekerjaan yang menjanjikan saat ini, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

3. Administrasi media sosial

Hal lain untuk seorang perempuan lulusan sekolah IPA adalah menjadi administrator media sosial, saat ini banyak akun resmi yang memerlukan administrator dan kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa. Pekerjaan ini santai, tetapi cukup bermanfaat.

Jika Anda ingin bisnis sendiri, bisa juga “magang” dahulu di satu perusahaan untuk tahu cara marketing dan menjalankan bisnisnya.

Ya, tentu kata “magang” disini adalah menjadi karyawan dahulu. Belajar dan juga sekaligus mendapat gaji.

Kesimpulan pekerjaan lulusan SMA IPA wanita

Selain berbagai pekerjaan tersebut, ada pekerjaan lain yang tidak membutuhkan gelar. Jika Anda tertarik dengan dunia bisnis, maka Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Demikian informasi lowongan kerja yang cocok untuk lulusan IPA.

  • Bagikan