Cara Memperbaiki HP yang Tidak Bisa di Cas
Cara Memperbaiki HP yang Tidak Bisa di Cas. Sumber Gambar: Google.com

Cara Memperbaiki HP yang Tidak Bisa di Cas

Bagaimana cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas sendiri. Penyebab dan cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa kita charge.

Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa di charge sendiri tidak bisa langsung di pasang di baterai.

Cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas

Jika baterai rusak, tidak ada cara lain selain mengganti baterai.

Apalagi jika terjadi pada baterai tanam, pengisian daya tidak dapat mengisi daya saat pengisian.

Jadi, pasti membingungkan. Namun tidak seperti ponsel dengan jenis baterai yang dapat kita lepas, sehingga kita dapat dengan mudah melakukan tes baterai.

Namun tidak pada smartphone yang menggunakan baterai built-in, pengguna perlu mengetahui cara membuka baterai built-in dengan benar untuk menguji dengan mengganti baterai lain.

Sedikit tips untuk pengguna smartphone yaitu jangan sampai ponsel kehabisan daya sama sekali. Biasakan mengisi daya setelah pengisian baterai minimal 10%.

Cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas sendiri

Cara mengisi baterai ponsel yang bukan baterai internal mungkin dapat menggunakan bantuan pengisi daya desktop untuk membuat arus ke baterai.

Penyebab ponsel tidak bisa kita charge cukup beragam, tidak bisa kita katakan spontan itu terjadi karena kerusakan baterai.

Berbicara mengenai penyebabnya tentunya hal ini sangatlah kompleks, ada banyak kemungkinan penyebab yang bisa menjadi sumber anomali pada sebuah smartphone, dalam hal ini baterai.

Cara menghidupkan baterai ponsel yang benar-benar habis

HP tidak bisa di charge saat mati, namun agak repot jika HP anda menggunakan baterai built in atau non removable. Tetapi mau tidak mau harus Anda coba.

1. Pertama periksa port pengisian USB mini di ponsel Anda.

Kemungkinan pertama adalah port USB rusak, soket sambungan kabel data tidak dapat berfungsi untuk mengalirkan daya ke perangkat.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa port, jika port USB bengkok atau miring, coba gunakan tongkat atau tusuk gigi dan angkat sedikit dan luruskan dengan hati-hati.

Jika port dalam kondisi normal, jangan lupa untuk memeriksa kebersihan port pengisian USB juga.

Pastikan juga charge micro USB pada smartphone bersih dari kotoran. Jadi, ada kemungkinan listrik yang masuk untuk mengisi baterai akan terhalang karena kotor.

Anda dapat membersihkan kotoran dengan menggunakan jarum dan melakukannya dengan hati-hati.

2. Kabel data dan adaptor charger sudah tidak normal lagi

Jadi, jangan heran kalau hp tidak mau charge. Jika kita bingung segala macam kerusakannya, maka cek dulu kabel datanya.

Smartphone biasanya menggunakan adaptor dan kabel data yang tidak terpisah, yaitu tidak dalam satu kesatuan.

Jadi, jangan pikirkan penyebab lainnya dulu, Anda bisa memulainya dengan mengecek kabelnya.

Terkadang perlakuan pada kabel yang membuat bengkok juga bisa menyebabkan serat-serat kabel terpotong di dalam. Sehingga, suplai daya ke baterai terhambat atau tidak sampai.

Namun tidak perlu memeriksa satu per satu menggunakan multi tester pada aliran kabel. Tetapi Anda dapat mencoba mengganti kabel data lain sebagai tes.

Jika setelah Anda cek kabelnya belum selesai atau belum teratasi, maka Anda juga perlu mengecek kondisi adaptor chargernya.

Sayangnya, kerusakan komponen pada adaptor ini terkadang tidak memiliki indikator apapun. Pasalnya hampir sebagian besar adaptor smartphone tidak menggunakan indikator atau lampu sebagai tanda pengisian sedang berlangsung.

Salah satu cara mengatasi hp yang tidak bisa di charge adalah bisa Anda coba dengan menggunakan charger – charger smartphone lain. Jika berhasil, maka bisa dipastikan Anda membutuhkan adaptor cas baru.

Anda tentu tidak ingin kehabisan daya baterai. Jadi silahkan pisahkan beberapa kabel data dan charger adapter. Juga, pastikan bisa bekerja di smartphone lain agar aman.

3. Periksa kesehatan baterai ponsel dan ganti.

Saya pikir Anda akan setuju bahwa ini adalah salah satu kemungkinan yang lebih menjengkelkan!

Namun hal ini bukan tidak mungkinterjadi. Tentunya kerusakan baterai perangkat bisa saja terjadi, apalagi jika penanganan dan penggunaan ponsel sering kali membiarkan baterai terkuras hingga 0%.

Selanjutnya, ada beberapa kemungkinan mengenai masa pakai baterai atau jangka waktu yang relatif lama. Jadi, Anda dapat memeriksa kerusakan baterai smartphone sebelum penggantian.

Namun, sangat menjengkelkan jika ponsel Anda menggunakan baterai built-in. Maka, kita perlu cara khusus untuk membukanya.

Cara membuka baterai tanam tidak semudah membuka baterai pada smartphone yang menggunakan tipe removable.

Sebagai pengguna yang baik, Anda seharusnya sudah mengetahui beberapa ciri baterai yang tidak sehat.

Jika ada beberapa indikasi bahwa baterai hp sudah rusak maka ini salah satu jawabannya, baterai tidak bisa di charge karena baterainya rusak. Apakah Anda perlu memeriksa baterai secara detail ??

Jika mengalami masalah yang terjadi pada baterai yang rusak maka tidak ada pilihan selain menggantinya. Namun, selama ini banyak beredar di internet tentang cara mengatasi aki yang kembung dengan cara memasukkannya ke dalam freezer  adalah “Tidak benar.”  Tetapi, cara yang benar adalah mengganti yang baru! !

4. Dan pastikan Anda menggunakan baterai asli

Seiring dengan beredarnya produk KW pastikan membeli produk original. produk original memiliki kualitas dan kapasitas yang sesuai ratingnya.

5. Kerusakan pada komponen IC Power Supply

Terdapat komponen penting pada smartphone, salah satunya adalah melakukan fungsi pengaturan pengisian daya pada ponsel.

IC atau komponen tersebut memiliki fungsi yang sangat penting, namun bagaimana jika IC tersebut mengalami malfungsi?

Yaitu HP tidak bisa di charge. Iya kemungkinan besar, untuk masalah ini tentunya tidak bisa kita atasi sendiri. Namun, anda bisa mengunjungi service center sesuai merk hp anda, samsung, oppo, xiaomi, asus, SONY atau apa pun. Namun pastikan untuk menggantinya dengan suku cadang asli.

Solusi cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas gagal

Berikut adalah beberapa trik untuk memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi risiko kerusakan baterai.

Selalu gunakan charger original atau original yang disertakan dengan paket pembelian handphone, kenapa?? Daya yang dihasilkan pada charger asli telah diatur antara arus keluaran dan masukan sesuai dengan kapasitas ponsel.

Tidak hanya itu, meskipun Anda menggunakan jenis charger micro USB yang sama, terkadang kabel data palsu dengan mudah dapat menyebabkan kerusakan pada port charger, sehingga rentan terhadap kemungkinan ponsel tidak mengisi daya.

Tidak menggunakan ponsel saat kondisi sedang Anda isi adalah etika yang baik dan bisa menekan kerusakan pada komponen baterai.

Mematikan handphone sambil charging adalah sesuatu yang bisa kita katakan wajib jika ingin memiliki handphone dan baterai yang tahan lama, perawatan jenis ini merupakan standar keamanan yang harus pengguna ketahui.

Pengisian daya dan selama pengoperasian dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas. Sehingga proses pengisian daya baterai mungkin tidak akan optimal.

Menghindari kasus cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas

Salah satu tips yang akan saya bagikan disini adalah memeriksa kondisi baterai dengan cara kalibrasi.

Kalibrasi adalah mengukur kapasitas dan juga status baterai ponsel Anda. Jadi, sebelum beralih ke kalibrasi maka Anda dapat memeriksa suhu dan status baterai menggunakan aplikasi yang dapat Anda unduh di Playstore.

Cara memeriksa status baterai menggunakan aplikasi

Anda dapat menggunakan aplikasi CPU-Z. Untuk melihat kesehatan dan suhu baterai ponsel Anda. Anggap saja ini sebagai alat pemeriksaan sederhana namun cukup penting. Jadi bagaimana dengan mengkalibrasi baterai ponsel!?

Faktanya, sistem smartphone Android memiliki kemampuan untuk mengetahui kapasitas baterai dan juga mengukur persentase sebenarnya.

Jika fungsi tidak berfungsi atau menampilkan informasi yang salah, maka Anda dapat memulai kalibrasi baterai. Sebelum tahap kalibrasi, pastikan bahwa baterai tidak bengkak, bocor, dll.

Cara kalibrasi baterai smartphone

Hal pertama yang Anda lakukan adalah baterai terisi penuh dalam keadaan hidup, kemudian matikan smartphone Anda.

Langkah selanjutnya, isi daya kembali ponsel hingga 100% penuh. Jika ponsel menyala, maka lampu LED berwarna hijau.

Kemudian hidupkan kembali handphone anda dan charge kembali hingga 100%. Kemudian, kuras baterai menggunakan apa saja supaya baterai cepat habis sampai 0%. Jadi, sampai benar-benar habis dan mati dengan sendirinya.

Kemudian charge kembali hp dalam kondisi mati hingga 100%. Kemudian, jika sudah 100% cabut dan restart hp, selesai.

Cara mengkalibrasi baterai ponsel memang mudah, namun perlu kita garisbawahi bahwa hal ini tidak boleh kita lakukan terlalu sering karena dapat memperpendek usia baterai ponsel Anda.

Jadi, alasan kita perlu cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas salah satunya bisa karena baterai sering habis hingga 0%!!

Jika ini penyebabnya, maka kita tidak bisa mengisi baterai. Solusi yang biasa orang gunakan adalah  menggunakan charger berdaya tinggi, atau bisa juga menggunakan frog charger.

Demikian artikel saya kali ini tentang cara mengatasi hp yang tidak bisa di charge semoga membatu dan bermanfaat.

Kunjungi juga

Download GB Whatsapp Apk

Download GB Whatsapp Apk dan Cara Menggunakannya

Download GB Whatsapp Apk  dan cara menggunakannya dengan aman dan supaya tidak kena bannned. Juga, …