Cara Mengecek Layar HP Samsung
Cara Mengecek Layar HP Samsung. Sumber Gambar: Google.com

Cara Mengecek Layar HP Samsung

6 Cara mengecek layar HP Samsung yang mudah. Bagaimana cara mengontrol layar ponsel Samsung? Nah bagi anda pengguna HP Samsung tentunya perlu mengetahui cara cek layar HP Samsung ini apakah masih normal atau tidak. Apalagi jika Anda membeli HP Samsung dengan kondisi bekas atau second, Anda pasti harus mengetahui dengan pasti kondisi layar HP Samsung tersebut.

Cara mengecek layar HP Samsung

Nah untuk mengecek layar di HP Samsung sebenarnya ada beberapa cara yang mudah dan sederhana. Ya, Anda dapat memverifikasinya secara manual atau bahkan Anda dapat memverifikasinya menggunakan kode rahasia HP Samsung yang akan kami sampaikan pada ulasan informasi berikut.

Ya, bagi Anda pengguna HP Samsung dan ingin mengetahui apakah kualitas layar HP Samsung Anda normal atau tidak, kami punya beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk mengecek layar HP Samsung. Dan untuk lebih jelasnya berikut informasi lengkapnya.

Cara mengecek layar HP Samsung yang benar

Tampil dengan kualitas prima, Samsung sebenarnya memiliki daya tahan LCD yang baik untuk setiap smartphone terbarunya. Namun, alangkah baiknya jika Anda memeriksa layar ponsel Samsung Anda juga. Sebab, jika ada kerusakan pada layar ponsel Anda, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk mengosongkan dompet Anda karena kami harus mengganti LCD yang rusak.

Untuk mengecek layar HP Samsung ini tentunya akan lebih penting untuk membeli HP Samsung bekas atau bekas. Untuk itu, sebenarnya ada beberapa cara agar Anda bisa mengontrol layar ponsel Samsung yang akan Anda beli. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama-sama, cara mengontrol layar HP Samsung terbaru saat ini yang paling mudah dan sederhana.

1. Secara fisik / manual

Untuk cara yang pertama, Anda bisa melihat layar Samsung secara manual yaitu Anda bisa mengeceknya secara fisik terlebih dahulu. Dan untuk layar normal, tentu tidak terlihat adanya kerusakan yang terlihat, seperti retak atau pecah. Namun jika ada goresan masih dikatakan normal dan tidak menimbulkan masalah. Dan untuk menguranginya anda bisa menggunakan pelindung layar khususnya tempered glass.

Dan Anda juga dapat memeriksa seberapa responsif layar sentuhnya. Anda juga dapat mengetuk bagian layar dan melihat apakah layar merespons saat Anda mengetuk, menggesek, dan menahan. Pastikan juga tidak ada ghost touch dimana layar bergerak dengan sendirinya dan touchscreen tidak lepas dengan sendirinya saat ditekan. Dan cara ini sangat efektif jika anda ingin membeli HP Samsung second atau bekas.

2. Dengan kode

Cara mengecek layar HP Samsung selanjutnya adalah Anda bisa mengontrol layar Samsung menggunakan kode rahasia HP Samsung. Seperti yang kita ketahui bersama, setiap smartphone Android hadir dengan berbagai jenis kode rahasia yang berfungsi sebagai alat untuk mengakses utilitas yang tidak tersedia dalam bentuk aplikasi. Ya, saat ini ada beberapa jenis kode rahasia seperti pengecekan spesifikasi HP, mengubah setting jaringan, dan pengecekan kerusakan HP, dimana terdapat subbagian untuk pengecekan LCD.

Sekarang Anda juga dapat menggunakan kode rahasia Samsung ini untuk semua jenis ponsel Samsung, tetapi tidak semua ponsel akan merespons dengan cara yang sama. Dan kode yang bisa anda gunakan untuk mengontrol LCD atau layar pada HP Samsung adalah sebagai berikut :

3. Periksa Shadow Burn-in dengan kode

Nah, kode Samsung ini sebenarnya Anda gunakan untuk memeriksa apakah layar ponsel Samsung Anda memiliki masalah warna (RGB), misalnya terlalu kemerahan. Anda dapat menggunakan kode ini dan berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka hp atau keypad numerik, lalu masukkan kode *#0*#.
  • Kemudian akan muncul menu kontrol Samsung.
  • Kemudian ketuk tombol merah, layar ponsel akan berubah menjadi merah.
  • Terus ketuk layar lagi.
  • Selanjutnya, klik tombol Hijau, maka layar akan berubah menjadi hijau.
  • Kemudian ketuk layar lagi.
  • Dan ketuk tombol biru, maka layar akan berubah menjadi biru.
  • Dan jika layarnya normal, warna yang keluar akan sama dengan tombol yang Anda tekan. dan jika warna lain yang tampil, maka LCD mungkin mengalami masalah seperti bayangan atau burn-in.

4. Periksa layar sentuh dengan kode

Ya, selain bisa mengecek status warna layar, Anda juga bisa menguji layar sentuh atau touch screen menggunakan kode Samsung. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk memeriksa layar ponsel Samsung lama seperti Samsung Galaxy J2 Prime. Untuk menggunakan cara ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama buka handphone atau keypad numerik dan masukkan kode *#0*#
  • Dan setelah itu akan muncul cek Samsung.
  • Kemudian pilih menu Touch.
  • Selanjutnya akan muncul garis kotak-kotak.
  • Kemudian ikuti garis kotak yang terdaftar di layar tanpa putus.

Dan jika layar ponsel normal, garis kotak-kotak akan berubah menjadi hijau. Sebaliknya, jika layar ponsel Samsung bermasalah, warna hijau tidak muncul. Hal ini karena ada bagian layar yang tidak merespon saat Anda sentuh. Anda juga dapat memeriksa di tempat lain di luar garis ini untuk melihat apakah garis hijau muncul.

5. Dengan aplikasi Multi Touch Tester

Nah sobat selain secara manual dan menggunakan kode rahasia samsung juga ada cara mengecek layar HP Samsung menggunakan aplikasi Multi Touch Tester Cara ini bisa menjadi alternatif lain jika kedua cara diatas tidak berhasil. Dan untuk aplikasi Multi Touch Test berfungsi untuk mengecek apakah TouchScreen atau Touch Screen merespon atau tidak.

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan menggunakan cek HP Samsung, namun aplikasi ini lebih simpel dan anda tidak perlu khawatir salah ketik kode. Dan aplikasi Multi Touch ini paling sering orang gunakan untuk mengontrol layar sentuh atau touch screen, sehingga Anda dapat mendeteksi apakah layar ponsel Anda bermasalah atau tidak. Untuk menggunakan aplikasi ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama adalah menginstal dan mengunduh aplikasi melalui aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya.
  • Kemudian ikuti panduan untuk mulai menguji layar sentuh.

Sama seperti cara sebelumnya, jika layar sentuh dalam kondisi normal, layar akan merespons secara penuh bagian-bagian layar yang Anda sentuh.

6. Dengan aplikasi Partial Screen

Sekarang Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Partial Screen. Ya, aplikasi ini benar-benar aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa apakah warna layar normal atau tidak dan juga dapat Anda gunakan untuk mengontrol layar secara keseluruhan. Jadi bagaimana Anda menggunakan aplikasi ini? berikut langkah-langkahnya

  • Pertama install dan download aplikasi Patial Screen di Play Store.
  • Kemudian buka aplikasi.
  • Kemudian jalankan pemeriksaan Samsung dan ikuti panduan dari aplikasi dan periksa apakah ada masalah atau tidak.

Ya, aplikasi ini juga bisa mengatasi ghost touch dengan memblokir sentuhan yang muncul di layar saat muncul. Ada dua pilihan metode yang bisa Anda pilih untuk mengidentifikasi masalah pada layar, yaitu otomatis dan manual. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mematikan layar dengan mengetuk dua kali indikator aplikasi. Dan indikator ini akan tampil di bagian atas dan dapat Anda tempatkan di mana saja di layar.

Kesimpulan cara mengecek layar HP Samsung

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek layar HP Samsung Anda bermasalah atau tidak. Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda jelas bisa mengetahui apakah layar ponsel Samsung masih normal dan responsif saat Anda sentuh atau tidak. Ini Anda perlukan ketika Anda ingin membeli ponsel Samsung bekas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda semua. Dan jangan lupa baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi terjemahan terbaik dan terakurat di Android.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …