Cara Merekam Layar HP Oppo A15
Cara Merekam Layar HP Oppo A15.Foto: GSMarena.com

Cara Merekam Layar HP Oppo A15

Cara merekam layar HP Oppo A15 tanpa aplikasi dan tanpa atau dengan suara. Cara capture layar hp oppo bisa Anda lakukan tanpa aplikasi dan memiliki settingan dengan atau tanpa suara. Saat Anda merekam layar suara, suara mikrofon akan masuk ke rekaman. Tidak hanya itu, Oppo juga menyediakan pengaturan kualitas video dan berbagai pengaturan lainnya untuk memaksimalkan kualitas tangkapan layar.

Cara merekam layar HP Oppo A15

Dengan fitur screen capture standar di ponsel Oppo Anda, Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi terpisah. Kualitas video yang diterima juga sangat baik dan dengan dukungan fungsi yang lengkap, sehingga hasil dari perekam video lebih berkualitas. Ini menjadi bukti bahwa Oppo selalu memberikan fitur terbaik untuk setiap penggunanya.

Fitur screen capture adalah salah satu fitur terpenting yang tersedia di ponsel Oppo. Namun perlu Anda ingat, tidak semua tipe ponsel Oppo menggunakan fitur ini. Fitur screen capture hanya tersedia di smartphone seri Oppo terbaru. Sedangkan untuk tipe jadul yang masih menjalankan Android 9 ke bawah harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi screen capture yang bisa Anda gunakan di ponsel Oppo. Tetapi jika ponsel Anda menggunakan fitur tangkapan layar bawaan, lebih baik menggunakan fitur ini. Nah untuk mempelajari cara capture layar HP Oppo tanpa aplikasi, simak tips berikut.

Cara merekam layar HP Oppo A15 dengan aplikasi bawaan

Fitur tangkapan layar hanya tersedia di ponsel Oppo yang menjalankan ColorOS 5.2 ke atas. Untuk mengetahui sistem operasi yang Anda gunakan ponsel Anda, periksa di bagian Pengaturan, lalu pilih menu Tentang ponsel.

Setelah Anda mengetahui sistem operasi yang Anda gunakan, yang harus Anda lakukan adalah mencoba menangkap layar ponsel Oppo Anda tanpa aplikasi menggunakan fungsi tangkapan layar bawaan. Fungsi-fungsi ini dapat dengan mudah Anda akses melalui Control Center atau Smart Sidebar.

Sebelum Anda mulai merekam layar, kami sarankan Anda melihat terlebih dahulu pengaturan kualitas rekaman, apakah itu dengan suara atau tidak. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu pergi ke Pengaturan. Adapun caranya silahkan simak berikut ini.

  • Buka pengaturan Hp Oppo
  • Lalu pergi ke Pengaturan Lanjut
  • Kemudian pilih Tangkapan layar
  • Selanjutnya aktifkan Rekam suara dari mikrofon jika Anda ingin menangkap layar suara
  • Kemudian pilih menu Video Resolution dan pilih resolusi video yang Anda inginkan. Semakin tinggi, semakin baik kualitas rekaman.

Menu pengaturan di atas tersedia di berbagai tipe HP Oppo terbaru seperti Oppo A15, Oppo A15s, Oppo A54, Oppo A74, Oppo A92 dll. Sedangkan untuk tipe lawas bisa Anda lihat cara settingnya di bawah ini.

  • Pergi ke pengaturan
  • Lalu pergi ke Aplikasi Sistem
  • Kemudian pilih Tangkapan layar
  • Untuk merekam layar suara, harap aktifkan Perekam Suara

Selain menangkap layar suara, Oppo juga menyediakan pengaturan untuk menangkap layar saat memotret dengan kamera depan. Cara mengaktifkannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan pengaturan kamera depan

Cara menangkap layar di HP Oppo

Setelah Anda selesai mengatur perekaman video audio, yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk menangkap layar. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan. Pertama melalui Control Center yang dapat Anda akses melalui status bar. Kemudian, yang kedua adalah melalui Smart Side Bar. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Control Center

Cara capture layar ponsel Oppo melalui control center atau pusat kendali mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Cara mengaksesnya sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah menggeser bilah status ke bawah, lalu klik ikon Tangkapan Layar. Jika Anda tidak menemukan ikon, klik ikon Edit Pusat Ikon, lalu seret ikon Tangkapan Layar ke atas hingga muncul di Pusat Kontrol.

Jika sudah muncul, maka tinggal klik icon Screen Capture di control center. Tombol kontrol tangkapan layar kemudian akan mulai secara otomatis. Silakan klik tombol merah untuk mulai menangkap layar. Untuk berhenti, klik ikon merah lagi. Setelah selesai, rekaman akan disimpan di Galeri Ponsel Oppo.

  1. Smart Side Bar

Selain cara di atas, Anda juga bisa meng-capture layar HP Oppo Anda dengan cara swipe ke samping layar untuk memunculkan menu Smart Side Bar. Menu memiliki tombol tangkapan layar yang tersedia. Silakan klik tombol untuk memulai tangkapan layar.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat di atas, cara menangkap layar di ponsel Oppo dapat Anda lakukan tanpa aplikasi menggunakan fitur bawaan yang disebut Screen Capture. Fitur ini akan membantu pengguna ponsel Oppo untuk menangkap layar saat bermain game, menjalankan aplikasi atau kebutuhan lainnya.

Demikian tutorial lengkap cara merekam layar HP Oppo A15 pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami berikan di atas dapat menjadi referensi bagi pengguna ponsel Oppo yang belum mengetahui cara menangkap layar tanpa aplikasi.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …