Cara Check HP Samsung Asli

  • Bagikan
Cara Check HP Samsung Asli
Cara Check HP Samsung Asli. Foto: Google.com

Cara check HP Samsung asli atau palsu yang benar. Cara cek hp samsung sangat penting, hal ini kita maksudkan untuk mengetahui apakah smartphone kita asli atau palsu. Maraknya ponsel Samsung KW palsu, supercopy, rekondisi atau replika di pasaran, jelas sangat merugikan konsumen, terutama yang ingin membeli smartphone original.

Cara check HP Samsung asli

Jika kita tidak hati-hati, kita bisa tertipu dan menjadi korban. Yaitu, dengan mendapatkan smartphone palsu dengan kualitas yang jauh lebih rendah dari standar. Jadi, jika kita cek dan lihat sepintas tampilan ponsel replika Samsung ini tidak jauh berbeda dengan aslinya. Maka hal ini sangat mengkhawatirkan karena kebanyakan dari kita tidak mengetahui perbedaannya.

Tetapi jika kita perhatikan lebih dekat, kualitas pembuatan ponsel Samsung palsu sangat mengecewakan. Jadi, HP ini pembuatannya cukup banyak kecerobohan. Sangat berbeda dengan produk aslinya yang sangat bagus dan biasanya akan terasa lebih kokoh dan kuat saat kita pegang. Sekilas terlihat sangat mirip, tetapi kualitasnya akan sangat berbeda.

Cara check HP Samsung asli atau palsu

Kemiripan antara ponsel Samsung asli dan palsu bukan hanya dari segi fisiknya saja, namun software yang HP palsu gunakan juga terlihat sangat mirip. Jadi, mengingat perbedaan keduanya juga cukup mudah. Namun kali ini kami akan membagikan tips atau cara cek perbedaan hp samsung asli dan palsu. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

1. Periksa dengan kode

Cara pertama untuk mengecek hp samsung asli atau tidak adalah dengan menggunakan kode rahasia. Jadi, di sini salah satu kode untuk memverifikasi keasliannya adalah *#1234#. Jadi, fungsi dari kode tersebut adalah untuk melihat tipe hp samsung, sehingga bisa mengetahui apakah tipe tersebut benar atau tidak.

Jika yang tampil berbeda dengan tipe hp samsung yang kita miliki maka bisa Anda pastikan hp samsung tersebut KW, palsu atau replika. Jadi, untuk menggunakan kode rahasia ini sangatlah sederhana, untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti tutorial dan langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, buka menu panggilan atau menu panggilan telepon
  • Jika sudah, ketik *#1234#
  • Informasi tentang AP, CP, CSC dan juga model atau tipe ponsel akan muncul. Pastikan jenis yang muncul sama dengan jenis ponsel Samsung Anda.

Namun jenis yang tertera pada kode rahasia tersebut hanya terbatas pada modelnya saja, maka terlebih dahulu kita perlu mengetahui terlebih dahulu model dari hp samsung kita. Misalnya, SM-N770F adalah model untuk Samsung Galaxy Note 10 Lite.

2. Periksa melalui IMEI

IMEI adalah 15 digit nomor identitas internasional, setiap smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda. Nomor tersebut bukanlah nomor sembarangan, karena berisi informasi tentang smartphone itu sendiri. Kemudian kita dapat menggunakan informasi nomor IMEI ini untuk memverifikasi keaslian ponsel Samsung.

Meski sangat penting, masih banyak orang yang belum mengetahui cara melihat nomor IMEI Samsung. Walaupun caranya cukup sederhana, untuk melakukannya kita hanya perlu mengetikkan kode *#06# di menu panggilan atau dial up. Untuk lebih jelasnya langkah-langkahnya, silahkan langsung simak tutorialnya berikut ini.

  • Buka menu panggilan atau masuk ke ponsel Samsung Anda.
  • Cek IMEI dengan mengetikkan kode *#06#.
  • Dalam hal ini, buka situs imei.info di browser ponsel Anda.
  • ketik nomor IMEI di kolom, lalu klik “Verify”.

Selanjutnya akan tampilkan informasi model, merek dan spesifikasi. Kemudian pastikan informasi yang tampil sesuai dengan jenis ponsel Samsung Anda.

3. Periksa dari tubuh fisik

Tidak hanya dua cara di atas, untuk mengetahui ponsel Samsung asli atau palsu, Anda juga bisa mengecek kondisi fisiknya. Pasalnya, semua ponsel Samsung original pembuatannya mengandalkan bahan berkualitas, sehingga terlihat dari build quality yang bagus dan kokoh. Berbeda dengan kualitas bahan atau build quality dari ponsel replika Samsung.

Sebelum membeli HP Samsung, sebaiknya periksa dulu kondisi fisik HP tersebut. Apalagi saat membeli HP Samsung bekas, hal ini bertujuan agar Anda tidak terkecoh atau membeli smartphone dengan kualitas HDC. Selain itu, kami menyarankan Anda membeli ponsel dari vendor atau cabang yang memiliki reputasi baik.

4. Periksa dengan kualitas layar

Sebagian besar ponsel replika Samsung yang ada di pasaran adalah seri flagship, sehingga membedakan antara yang asli dan yang palsu sangatlah mudah. Untuk mengetahui keaslian hp samsung bisa kita lihat dari kualitas layarnya. Jika memiliki resolusi yang tinggi dan mampu menghasilkan gambar yang berkualitas maka bisa kita pastikan itu hp Samsung asli.

Sedangkan untuk ponsel Samsung palsu memiliki resolusi yang sangat rendah dan menghasilkan gambar yang juga berbayang dan tidak jernih. Selain itu kita juga bisa melihat keaslian hp samsung dari bentuk frame dan bentuk layarnya, jika ukuran framenya tebal dan bentuk layarnya sedikit aneh maka bisa kita pastikan hp samsung tersebut adalah hp samsung KW.

5. Koneksi ke Samsung Kies

Samsung Kies adalah sebuah software produksi Samsung yang memiliki fungsi untuk melakukan sinkronisasi data pada ponsel Samsung dengan komputer. Maka, software ini hanya akan terhubung ke perangkat Samsung asli. Jadi jika ponsel Samsung tidak mau terhubung ke Samsung Kies, kami dapat memastikan ponsel itu palsu. Bagi yang ingin mendownload software Samsung Kies ini bisa mendownloadnya dari website resmi Samsung.

Sayangnya, Samsung Kies hanya mendukung ponsel Samsung jadul, seperti seri Galaxy S7 dan sebelumnya. Sedangkan untuk HP Samsung terbaru bisa menggunakan software bernama Smart Switch. Fungsi software ini hampir sama dengan Samsung Kies, yaitu untuk sinkronisasi smartphone dengan komputer.

6. Mengamati spesifikasi

Cara cek hp samsung asli atau palsu terbaru yaitu dengan melihat spek yang anda miliki. Tapi jangan terkecoh dengan spesifikasi yang tertulis di menu pengaturan, ini biasanya sudah di-tweak agar terlihat mirip dengan ponsel Samsung asli. Untuk mengecek spesifikasi sebenarnya dari ponsel Samsung, kami sarankan untuk mengunduh aplikasi CPU-Z atau AIDA 64 yang tersedia secara gratis di Play Store.

Kedua aplikasi tersebut akan menampilkan spesifikasi asli dari ponsel Samsung tersebut, mulai dari chipset, prosesor, RAM, storage dan masih banyak lagi. Anda bisa mengecek apakah spesifikasi yang tertera di aplikasi sudah sesuai dengan spesifikasi resmi ponsel Samsung. Jika berbeda, maka pasti ponsel tersebut palsu.

Kesimpulan cara check HP Samsung asli

Demikian informasi tentang cara cek asli atau palsu dari hp samsung. Langsung saja Anda bisa mencoba cara di atas untuk memastikan keaslian HP Samsung yang telah kamu beli. Akhir kata, cukup sekian informasi dari kami kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

  • Bagikan