Cara Memberi Background Pada Zoom
Cara Memberi Background Pada Zoom. Foto: designpickle.com

Cara Memberi Background Pada Zoom

Cara memberi background pada Zoom selama konferensi video.  Anda perlu tahu cara mengubah latar belakang Zoom selama konferensi video untuk mendapatkan tampilan baru. Berikut penjelasan lengkapnya, beserta tips menggunakan aplikasi yang muncul di masa modern ini.

Cara memberi background pada Zoom

Selama beberapa tahun terakhir, seluruh dunia kini melakukan pembatasan di wilayahnya sendiri. Banyak pusat-pusat kegiatan yang tutup dan orang-orang melakukan aktivitasnya di rumah.

Seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah dan lain-lain.

Oleh karena itu, kita perlu media komunikasi tidak langsung untuk menjaga kelancaran kegiatan tersebut.

Nah, di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, media komunikasi tidak langsung yang kita anggap mendekati “nyata” adalah aplikasi yang mendukung konferensi video (video conferencing) atau panggilan video (video calling).

Dengan metode konferensi video ini, kami dapat berkomunikasi dengan banyak orang secara bersamaan, menampilkan video dan suara dengan jelas.

Maka tak heran jika di masa ini, aplikasi online yang menyediakan layanan ini, termasuk Zoom, populer dan banyak penggunanya di masyarakat.

Zoom riwayat aplikasi

Zoom adalah aplikasi yang menyediakan layanan untuk konferensi video dan perangkat obrolan online, diproduksi oleh perusahaan teknologi komunikasi bernama Zoom Video Communication, Inc.

Aplikasi ini pendirinya adalah  seorang pria bernama Eric Yuan pada tahun 2011 dan berbasis di San Jose, California, AS.

Dalam konferensi selama 40 menit, jumlah pengguna Zoom yang dapat bergabung adalah 100 pengguna. Pengguna tidak membayar biaya untuk layanan dasar ini.

Adapun beberapa fitur tambahan yang lebih beragam, Zoom menyediakan layanan berbayar dengan harga mulai dari $15 hingga $100 per bulan.

Popularitas Zoom sebagai aplikasi konferensi video sebelumnya hanya terfokus di Amerika Serikat. Saat itu, para pebisnis menggunakannya untuk pertemuan online.

Sementara itu, anak muda pengguna Zoom adalah pasangan dalam hubungan jarak jauh (LDR) dan pelajar internasional yang ingin terhubung dengan teman atau keluarga.

Pada tahun 2017, peningkatan pendapatan membuat Zoom menjadi perusahaan unicorn senilai $ 1 miliar.

Kemudian, pada 2019, Zoom menjadi perusahaan publik yang sahamnya tercatat di NASDAQ.

Di masa ini, Zoom menjadi semakin populer karena nyaman kita gunakan baik di smartphone, laptop, maupun gadget lainnya.

Banyak orang menggunakan Zoom untuk kencan online, pembelajaran online (menghubungkan guru dan siswa), gelar online, MOS online atau bahkan hanya terhubung untuk membuat obrolan online dengan teman.

Daftar fitur di Zoom

Pada aplikasi Zoom terdapat beberapa fitur yang dapat Anda nikmati, antara lain sebagai berikut:

Konferensi audio dan video berkualitas HD

Tampilan konferensi online Zoom memiliki kualitas video dan audio terbaik yaitu High Definition (HD).

Dapat berbagi layar ( Share Screen )

Semua pengguna atau peserta konferensi video dapat berbagi layar dan menulis catatan konferensi penting dengan alat kolaborasi bawaan.

Keamanan konferensi

Enkripsi ujung-ke-ujung tambahan dan fungsi kata sandi tersedia untuk menjaga keamanan konferensi video saat ini.

Rekaman konferensi

Setiap pengguna dapat merekam konferensi yang mereka hadiri sehingga informasi tersebut terekam dan dapat diputar ulang dalam bentuk transkrip.

Jadwalkan waktu konferensi

Anda dapat menjadwalkan konferensi sehingga konferensi akan Anda adakan tepat waktu. Pengaturan penjadwalan ini dapat Anda tautkan ke email Outlook, Gmail, atau akun iCal.

Obrolan online

Selain hadir dalam bentuk video conference, Anda juga bisa membuat team chat yang history chatnya bisa disimpan hingga 10 tahun.

Aplikasi Zoom menyediakan pilihan gambar yang dapat Anda gunakan sebagai latar belakang saat melakukan konferensi video.

Pelajari cara mengubah latar belakang Zoom selama konferensi video untuk menyesuaikan layar.

Bagaimana mengubah latar belakang zoom selama konferensi video

Cara mengubah latar belakang Zoom selama konferensi video Anda perlukan untuk mengubah suasana konferensi Anda.

Selain itu, biasanya ada tujuan lain untuk mengganti background yang Anda gunakan.

Gambar-gambar yang dapat Anda pilih untuk Anda gunakan sebagai wallpaper adalah gambar-gambar pilihan yang tersedia di aplikasi Zoom itu sendiri, serta gambar-gambar yang Anda pilih dari galeri laptop atau smartphone Anda.

Berikut cara memberi background pada Zoom selama konferensi video:

  1. Buka aplikasi Zoom

Cara mengganti background Zoom saat video conference pertama adalah dengan memaksimalkan layar utama aplikasi Zoom yang menampilkan video conference saat ini.

  1. Klik ikon panah atas

Ini adalah ikon panah atas di sebelah ikon video di sudut kiri bawah.

  1. Klik “Pilih latar belakang virtual”

Setelah itu, cara mengganti background Zoom saat video conference selanjutnya adalah dengan klik “Choose a virtual background” atau “Choose a virtual background”.

Anda akan menuju ke tinjauan opsi gambar yang tersedia.

  1. Pilih gambar latar belakang yang Anda inginkan

Pilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai latar belakang selama konferensi video sesuai dengan opsi di aplikasi Zoom standar.

Jika Anda tidak tertarik untuk memilih gambar, cukup pilih gambar di galeri perangkat Anda.

Cara mengubah latar belakang Zoom saat konferensi video cukup mudah. Cukup klik tanda plus (+) untuk memilih gambar dari galeri laptop, komputer, atau smartphone Anda.

  1. Aktifkan fungsi layar hijau

Gambar yang Anda pilih untuk dijadikan wallpaper terkadang tidak didukung oleh fitur green screen fisik dari gadget yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, centang kotak “I have a green screen / I have a green screen” di bawah gambar yang Anda pilih, lalu klik OK.

Cara mengubah latar belakang Zoom saat konferensi video selesai. Tampilan latar belakang sekarang akan berubah sesuai pilihan Anda.

Kiat aman menggunakan aplikasi Zoom

Beberapa waktu lalu, isu peretasan atau hacking aplikasi Zoom ramai diperbincangkan oleh netizen. Orang iseng sering bergabung dengan konferensi video di mana dia seharusnya tidak berpartisipasi.

Akibatnya, banyak pengguna Zoom skeptis dan merasa privasi mereka dipertaruhkan.

Agar aman saat menggunakan aplikasi Zoom, simak tips mudah berikut ini:

Selalu gunakan aplikasi Zoom versi terbaru. Proses pembaruan aplikasi akan memperbarui fitur keamanan Anda.

Jaga kerahasiaan koneksi konferensi video, hanya untuk pengguna yang benar-benar berpartisipasi.

Aktifkan fitur “Ruang Tunggu” atau “Ruang Tunggu” sehingga siapa pun yang ingin bergabung dalam konferensi harus mendapatkan persetujuan administrator.

Kunci konferensi dengan fitur Kunci Rapat sehingga tidak ada pengguna lain yang dapat bergabung dalam konferensi saat sesi obrolan sudah mulai.

Pastikan perangkat yang Anda gunakan tidak terinfeksi virus atau diretas.

Ini adalah penjelasan tentang cara mengubah latar belakang Zoom saat konferensi video.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …