Berikut Ini Adalah Tugas Bank Indonesia

  • Bagikan
Berikut Ini Adalah Tugas Bank Indonesia
Berikut Ini Adalah Tugas Bank Indonesia. Foto: Google.com

Berikut ini adalah tugas Bank Indonesia. Bank Indonesia merupakan bank sentral di Indonesia yang bertanggung jawab untuk menjaga kestabilan nilai atau nilai tukar mata uang yaitu rupiah. Bank Indonesia tentu berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Sebagaimana kita ketahui, Bank Indonesia memiliki fungsi, tugas dan wewenangnya masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal-hal tersebut, simak artikel berikut ini!

Berikut Ini Adalah Tugas Bank Indonesia

Untuk mengetahui lebih dalam tentang pengertian Bank Indonesia, Anda dapat mengunjungi museum Bank Indonesia yang berada di berbagai wilayah di Indonesia. Di Jakarta misalnya, Anda bisa menemukan dan menemukan berbagai informasi lengkap dan akurat tentang Bank Indonesia.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari perjalanan Bank Indonesia, struktur organisasi Bank Indonesia dari waktu ke waktu dan juga mengenal tokoh-tokoh penting bagi Bank Indonesia. Tidak hanya informasi dari dalam negeri, di museum ini Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang bank sentral di seluruh dunia. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, salah satu perkembangan Bank Indonesia adalah dengan menyediakan virtual museum tour sehingga masyarakat lebih mudah mengaksesnya.

Sejarah Bank Indonesia

Awal sejarah Bank Indonesia adalah pada tahun 1828, tepatnya pada masa pemerintahan Hindia Belanda dengan berdirinya De Javasche Bank. De Javasche Bank bertindak sebagai bank sentral yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang di negara ini. Setelah satu abad, tepatnya pada tahun 1953, De Javasche Bank berganti nama menjadi Bank Indonesia dan mengubahnya. Pada saat itu, Bank Indonesia merupakan bank sentral yang memiliki tiga fungsi utama, yaitu pembayaran, perbankan, dan sistem moneter.

Berikut Ini Adalah Tugas Bank Indonesia lengkap

Selain itu, pemerintah juga memberikan kewenangan kepada Bank Indonesia untuk menjalankan fungsi bank umum seperti pendahulunya, De Javasche Bank. Kemudian pada tahun 1968, pemerintah menetapkan undang-undang yang mengatur tentang Bank Indonesia dan memuat peraturan-peraturan yang berkaitan dengan tugas dan kedudukan Bank Indonesia. Antara lain, undang-undang ini bertujuan untuk membedakannya dari bank umum lainnya.

Selanjutnya, tugas lain Bank Indonesia adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Memasuki era baru pada tahun 1999, kewenangan dan tugas utama Bank Indonesia yang baru adalah mencapai dan mempertahankan nilai rupiah yang stabil. Tugas dan wewenang Bank Indonesia diatur dan ditetapkan dalam UU No. 23 tahun 1999.

Kemudian, pemerintah melakukan perubahan dengan menerbitkan Perppu pengganti UU No. 2 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas undang-undang no. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagai solusi untuk menjaga stabilitas sistem keuangan negara.

Fungsi dari perubahan Undang-Undang Bank Indonesia adalah untuk meningkatkan ketahanan sistem perbankan domestik selama krisis global dengan menggunakan fasilitas pembiayaan jangka pendek Bank Indonesia dengan meningkatkan akses ke perbankan.

Tujuan dan Tugas Bank Indonesia

Tujuan utama Bank Indonesia adalah untuk mencapai dan menjaga stabilitas nilai rupiah. Tugas dari BI yang paling komprehensif adalah sebagai berikut:

  • Menjaga nilai rupiah agar tetap stabil terhadap barang dan jasa
  • Menjaga nilai rupiah agar tetap stabil terhadap mata uang asing
  • Menyusun dan mengawasi regulasi untuk semua bank di Indonesia
  • Lakukan riset dan observasi
  • Penghematan dana kas negara
  • Memberikan bantuan berupa suntikan dana kepada bank-bank di Indonesia jika terjadi krisis

Aspek pertama dari tugas Bank Indonesia dapat Anda lihat dan Anda ukur melalui grafik tren inflasi. Sedangkan aspek kedua dapat Anda ukur dan Anda lihat berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Berdasarkan tujuan utama Bank Indonesia, Bank Indonesia harus dapat memprioritaskan langkah-langkah yang akan mereka ambil dan memperkuat batas-batas akuntabilitas. Dengan demikian, baik pemerintah maupun masyarakat dapat melihat kinerja Bank Indonesia secara transparan dan mudah.

Berikut Ini adalah Tugas Bank Indonesia dan fungsinya

Untuk mencapai dan mensukseskan satu-satunya tujuan Bank Indonesia yaitu menjaga kestabilan nilai rupiah, Bank Indonesia memiliki tiga pilar utama fungsi Bank Indonesia, yang meliputi batasan-batasan tugasnya. Tiga pilar utama fungsi Bank Indonesia adalah:

  • Menyetujui dan melaksanakan kebijakan moneter

Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran adalah mengatur dan mengawasi agar tetap teratur

  • Menjaga sistem keuangan yang stabil

Kesimpulan

Nah, itulah salah satu penjelasan mengenai Bank Indonesia, mulai dari sejarahnya hingga kewenangannya. Tujuan utama Bank Indonesia adalah menciptakan perekonomian Indonesia yang lebih baik. Oleh karena itu, dengan memahami tugas dan fungsi BI secara lebih mendalam, Anda secara tidak langsung akan membantu mewujudkan tujuannya.

  • Bagikan