banner 728x250

Empat Makanan Khas Jawa Barat, Yang Terkenal

  • Share
Empat Makanan Khas Jawa Barat, Yang Terkenal
Empat Makanan Khas Jawa Barat, Yang Terkenal

Mengenal makanan khas yang ada di Indonesia merupakan salah satu materi pelajaran yang Anda dapatkan ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama, alias saat SD. Tentu, Anda sudah mengetahui beragam makanan khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Namun, dari sekian banyaknya makanan khas di Indonesia, tentu membuat beberapa ingatan tersebut hilang. Maka, Admin mencoba untuk membahas makanan khas Jawa Barat. Dimana, provinsi satu ini memang terkenal dengan segudang makanan khasnya. Salah satunya adalah makanan khas yang dari Kota Bandung.

Makanan Khas Jawa Barat

Jika berbicara Jawa Barat, pasti, hampir semua orang hanya mengingat ‘Bandung’. Padahal sebenarnya, selain Bandung, masih ada lumayan banyak daerah-daerah di Jawa Barat, seperti Ciamis, Karawang, bekasi, dan lain sebagainya. Nah, di Jawa Barat, ada banyak sekali kuliner lezat yang menggiurkan. Dan bahkan, sebagian besar jajanan yang kita santap hari ini berasal dari sana.

Seperti roti bakar, siomay, cilok, dan lain sebagainya. Daripada semakin penasaran, yuk simak beberapa makanan khas Jabar yang wajib sekali Anda coba.

Baca juga:  Tiga Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Cicipi

1. Seblak

Seblak menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang bisa dikatakan sejuta umat. Hal ini karena memang, dengan cita rasanya yang sangat unik, kuahnya yang khas dan super nampol, ternyata membuat seblak sangat disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi anak-anak muda.

Cita rasa yang ditawarkan adalah sebuah cita rasa makanan yang tak biasa, dan belum bisa ditemukan pada makanan manapun. Apalagi jika disajikan dengan berbagai pilihan topping yang menambah kelezatan makanan khas Jawa Barat satu ini.

2. Nasi Tutug Oncom

Ketika bertandang ke Jawa Barat, Anda akan menemukan banyak sekali tempat-tempat kecil. Dimana, di tempat-tempat tersebutlah oncom diproduksi. Sehingga tidak heran, jika oncom sangat mudah ditemukan di provinsi Jawa Barat ini.

Salah satu olahan oncom yang khas di Jawa Barat adalah nasi tutug oncom. Ketika ke Jawa Barat, sangat sayang sekali jika Anda tidak merasakan kenikmatannya.

3. Sate Maranggi

Salah satu makanan khas Jabar yang juga sangat populer adalah sate maranggi. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas Jawa Barat satu ini. Admin rasa, semua kita kenal dan pernah mendengarnya ya. Karena sate maranggi ini sudah sangat sering diolah di acara Master Chef. Cara membuat sate maranggi juga sangat mudah.

Baca juga:  Cara Membuat Semur Daging, Praktis dan Mudah Banget

Akan tetapi, agar rasanya lebih otentik, akan lebih afdhal jika Anda menyantapnya langsung di daerah Jawa Barat.

4. Peuyeum

Makanan khas lainnya adalah peuyeum Bandung. Jika Anda ke Bandung, maka makanan khas Jawa Barat ini dijajakn di pinggir jalan sepanjang Bandung hingga Jakarta. Dan biasanya, dijual dengan bentuk utuh, hampir sama seperti tape. Bedanya hanya ada pada penyajiannya saja. Peuyeum ini disajikan dengan ukuran yang jauh lebih besar ketimbang tape pada umumnya.

Asal mulanya, makanan khas satu ini banyak sekali diproduksi di Cipeyeum, hingga akhirnya diberilah nama peuyeum ini.  Di tengah banyaknya makanan- makanan modern atau kekinian, sayang sekali, bahwa makanan ini terbilang kalah saing. Maka, jika Anda merasa mencintai berbagai makanan khas dari berbagai daerah, cobalah untuk melestarikannya, misalnya dengan terus mengkonsumsinya, atau dengan terus menjualnya dengan memberikan sentuhan inofasi.

Hal ini bertujuan agar makanan khas daerah kita yang lainnya tidak tenggelam dan kalah saing seperti kasusnya makanan khas Jawa Barat satu ini. Semoga bermanfaat.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *