Berita  

Tiga Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Cicipi

makanan khas jawa tengah
Tiga Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Anda Cicipi

Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali Jawa Tengah. Sampai kini, Jawa Tengah mempunyai banyak sekali makanan khas Jawa Tengah, yang selain nikmat, juga memiliki rasa khas yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Makanan khas Jawa Tengah juga tidak begitu jauh berbeda dengan makanan khas daerah lain yang memakai berbagai jenis bumbu rempah.

Sehingga tidak mengherankan, jika ternyata, makanan dari daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah menjadi makanan yang banyak diunggulkan dan diincar oleh masyarakat luas. Jika Anda ingin menyantap makanan khas yang pedas, asin, gurih, manis, maka Anda dapat menemukannya di makanan khas Jawa Tengah.

Dan sangat tak jarang, bahwa kuliner khas dari Jawa Tengah ini memadukan berbagai cita rasa makanan menjadi satu. Sehingga, rasanya sangat nikmat. Jadi, ketika bertandang ke Jawa Tengah, rasanya sangat rugi jika Anda tidak mencicipi satu persatu kuliner khas Jawa Tengah. Daripada penasaran, berikut admin sajikan beberapa makanan dari Jawa Tengah yang super lezat.

Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Nagih

1. Nasi liwet

Yang pertama adalah nasi liwer. Ternyata, nasi liwet tidak hanya dapat ditemukan di daerah Jawa Barat ya, tapi juga di Jawa Tengah. Nasi liwet ini menjadi makanan khas dari kota Surakarta ataupun Solo. Makanan khas  yang satu ini merupakan seporsi nasi yang disajikan dengan lauk ayam yang memiliki rasa super gurih. Kemudian, ditambah dengan kuah sayur labu. Rasnaya yang nikmat kadang membuat Anda ingin nambah.

BACA JUGA:   Sosmed Member BTS Buatan Fans, Sekeren Itu

Nasinya sendiri, diolah hampir sama kok seperti mengolah nasi putih pada umumnya. Ketika ke Solo, Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang nasi liwet ini. Karena biasanya, hampir seluruh warung makan menyediakan menu ini.

2. Soto kudus

Salah satu soto terenak yang ada di Indonesia adalah soto kudus. Tak heran jika soto kudus menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sangat diincar oleh pelancong. Ada perbedaan yang mencolok antara soto biasa dengan soto kudus. Yakni dari pemilihan dagingnya.

Soto biasa, akan menghidangkan soto dengan daging sapi ataupun ayam. Maka, soto satu ini tidak. Dia disajikan dengan daging kerbau loh. Soto kudus memiliki kuah yang berwarna sangat bening, kemudian ditambahkan dengan asam jawa, sehingga menjadi sebuah ciri khas tersendiri bagi soto kudus.

BACA JUGA:   Cara Minimize Youtube Tanpa Aplikasi

Soto khas Jawa Tengah ini akan menjadi lebih nikmat jika Anda santap dengan tambahan bahan-bahan lain, seperti nasi, tauge, daun seledri, mi, hingga bawang goreng. Tapi tenang, Anda tidak perlu membawa bahan-bahan tersebut, karena penjual sudah menyediakannya demi kenikmatan soto ini. Bahkan, pihak warung juga mneyediakan aneka lauk, sampai sate. Ada juga perkedel, gorengan, paru, dan lain sebagainya.

3. Gethuk

Makanan khas yang berikutnya ada Gethuk. Gethuk, merupakan makanan yang dibuat dengan bahan pokok ubi atau singkok. Pengolahannya juga sangat sederhana. Yakni hanya dengan merebus singkong, kemudian menghaluskannya, dan ditambahkan dengan pewarna.

Ketika akan disajikan, gethuk akan ditambahkan dengan taburan kelapa, sehingga dapat menambah tekstur dan cita rasa dari getuknya. Dan mungkin, selama ini Anda hanya pernah mendengar nama gethuk basah ya. Ternyata, ada juga loh gethuk yang digoreng. Dan gethuk digoreng ini menjadi salah satu makanan khas dari Banyumas, tepatnya di Sokaraja. Rasanya juga tidak kalah nikmat dengan gethuk basah. Wajib Anda coba.

Demikian tiga makanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda coba. Semoga bermanfaat.