Berita  

Cara Membuat Semur Daging, Praktis dan Mudah Banget

Cara Membuat Semur Daging, Praktis dan Mudah Banget
Cara Membuat Semur Daging, Praktis dan Mudah Banget

Dapat menyantap seporsi semur daging yang bercita rasa nikmat, manis, gurih, merupakan salah satu keinginan semua orang. Terutama kaum ibu-ibu. Apalagi disantap bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Kemudian dipadukan dengan beberapa bahan pilihan lainnya, seperti kentang misalnya. Yang dipercaya dapat menambah kenikmatan seporsi semur daging.

Sayangnya, cita rasa lezat dari masakan satu ini tentu harus melalui proses atau olahan yang tidak mudah, bagi sebagian orang. Apalagi belakangan, diketahui, ternyata, semur dagung merupakan olahan nikmat yang diadaptasi dari makanan Belanda. Dan hal ini masih sangat erat kaitannya dengan zaman colonial.

Dua Jenis Semur Daging

Hingga kini, kita mengenal ada lebih dari satu jenis olahan semur. Yakni olahan semur daging dengan kuah berwarna bening, dan juga semur yang berwarna lebih cokelat atau pekat. Perbedaannya hanya ada pada penggunaan bumbunya.

Semur berwarna bening, adalah semur yang dibuat tanpa menggunakan kemiri, dan juga rempah. Cukup memakai bawang putih dan bawang merah saja. Sementara semur lainnya, yakni semur yang dikenal dari Batawi ini menggunakan banyak bumbu, ada kayu manis, ada kemiri, dan jenis rempah-rempah yang lainnya.

BACA JUGA:   SHC Astra Honda Motor

Kuah dari semur daging yang kedua ini jauh lebih kental pastinya, dengan cita rasa yang sangat gurih, kemudian dipadukan dengan rasa yang sedikit agak manis. Sehingga, kerap dijadikan sebagai bahan tambahan dari lontong sayur dan juga nasi uduk. Dan biasanya, orang Betawi lebih suka menambahkan bahan lain ke dalam semur daging ini, seperti jengkol misalnya.

Jika Anda adalah pecinta masakan unik super lezat dan bikin nagih ini, tapi bingung bagaimana cara mengolahnya, maka tenang saja. Karena Anda bisa mengikuti cara mengolahnya berikut ini. Dan kali ini, Admin membagikan resep olahan semur ala Betawi.

Waktu yang Anda butuhkan adalah 90 menit, dan porsi yang akan kita masak adalah Tiga puluh. Maka, ketika akan memasak, Anda bisa menakar bahan-bahannya, sesuaikan dengan porsi yang akan Anda masak.

Bahan-bahan

Dua cm lengkuas, Tiga cm kayu manis, Lima ratus daging , Tiga buah kentang, Dua lembar daun salam, Satu tomat, Seratus ml kecap manis, Satu sdm. Kaldu jamur, Satu liter air.

Bumbu halusnya ada empat bawang putih, tujuh bawang merah, empat kemiri, seperempat pala, setengah sdt merica butiran, dua puluh gr. Gula merah, dua sdt. Garam.

BACA JUGA:   Tujuh Ide Bisnis Makanan Kekinian 2021, Wajib Anda Coba

Cara Memasak

Pertama, haluskan seluruh bumbu halus.

Kedua, tumis bumbu halus yang telah dihaluskan tadi dengan menggunakan tiga sdm. Minyak. Tumis sampai harum. Lalu, masukkan ke dalamnya lengkuas, daun salam, dan juga kayu manis. Terus aduk sampai benar-benar matang.

Ketiga, tambahkan daging tadi, masak sampai benar-benar kaku, dan warnanya sudah berubah. Letakkan di dalam panci, dan tambahkan air ke dalamnya, masukkan kecap tadi bersama kaldu jamur. Dan biarkan sampai mendidih. Terakhir, masukkan tomat dan kentang. Kecilkan api. Dan tunggu sampai seluruh bumbu masuk ke dalam dagingnya. Dan pastikan sampai kuahnya benar-benar sudah kental. Angkat. Dan sajikan dengan nasi hangat.

Sangat gampang. Jadi, jika selama ini Anda bingung, maka bisa menggunakan resep semur daging ini saja. Selain bahan-bahannya yang mudah ditemukan, proses memasaknya juga sangat simple. Anda juga bisa menambhakan bahan lainnya jika ingin, seperti telur ataupun jengkol.

Cara ini juga bisa Anda gunakan jika ingin menyemur ayam atau yang lainnya.