olahan ayam
olahan ayam

Dua Olahan Ayam yang Super Bikin Nagih

Ayam menjadi salah satu menu pilihan banyak orang di Indonesia. Hal ini karena memang, ayam menjadi salah satu makanan dengan sumber protein yang cukup tinggi. Selain murah, ayam juga sangat mudah ditemukan. Dan sampai kini, ayam sudah diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat. Mulai dari yang hanya sekedar dikukus, hingga yang diproses dengan pemanggangan. Nah, jika Anda merasa bosan dengan olahan ayam yang ‘itu-itu’ saja. Maka, Anda dapat mengikuti olahan ayam berikut ini.

Aneka Olahan Ayam yang Lezat

Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega merupakan salah satu olahan ayam yang sangat digemari masyarakat Indonesia ketika keluar rumah. Dengan cita rasa gurih yang sangat nagih, tak heran jika menu ini diincar oleh banyak orang. Jika Anda penasaran bagaimana proses pemgolahan ayam hingga menjadi ayam goreng mentega, maka Anda dapat mengikuti cara mengolahnya berikut ini.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang Anda butuhkan ada sekilo ayam, kaldu ayam, ketumbar bubuk, empat buah bawang putih, garam.

Dan untuk bumbu sausnya ada empat sdm kecap manis, satu sdt. Tepung maizena, sesendok saus tiram, daun bawang satu batang, satu bawang bombai, satu sdm kecap asin, merica bubuk, garam, cabe dua buah, dan air seratus lima puluh ml.

Cara memasak

Cara memasaknya sederhana. Pertama, rebus dulu ayamnya dengan bumbu hingga masak. Tunggu hingga kering, dan goreng hingga matang. Dan tiriskan.

Kemudian, buat saus menteganya dengan melelehkan dua sendok makan mentega. Tumis bawang bombai dan juga bawang putih hingga harum. Tambahkan berbagai bahan-bahan lain, seperti kecam manis dan asin, cabai, daun bawang, tepung maizena, merica. Aduk-aduk hingga benar-benar matang.

Kemudian, masukkan air yang sudah Anda sediakan, tunggu hingga airnya mendidih, lalu masukkan ayam yang sudah Anda goreng tadi. Aduk-aduk sampai rata, dan tunggu hingga matang. Selesai.

Ayam Kecap

Olahan ayam yang kedua adalah ayam kecap. Olahan ayam kecap bisa menjadi pilihan Anda jika bingung ingin mengolah ayam ya. Cara mengolah ayam kecap ini sangat mudah. Sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai menu andalan di rumah. Daripada harus beli dengan harga yang mahal, mending masak di rumah sendiri.

Bahan-bahan

Ayam sebanyak tiga ratus gram, dipotong. Dua daun bawang, seruas jahe, dua ratus ml. air, lima cabe, dua bawang merah, merica, dua sdm. Kecap manis, minyak untuk menumis, satu sendok the gula, garam.

Cara memasak

Pertama, goreng ayam terlebih dahulu, setengah matang saja, dan tiriskan. Kemudian, tumis bawang merah dengan bawang putih, dan masukkan jahe yang sudah Anda memarkan, lalu masukkan lagi cabe. Tumis semua bahan-bahan hingga wangi.

Baca juga Aplikasi Download Video Terbaik, Wajib Anda Miliki

Kemudian, berikan penyedap rasa, seperti garam dan merica, lalu tuangkan air ke dalam. Tunggu sampai benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan ayam yang sudah digoreng setengah matang tadi, dan masukkan gula dan juga kecap ke dalam. Masak hingga matang, dan kuahnya sudah kering sebagian.

Itulah dia dua olahan ayam yang super nagih dan sangat simple untuk dimasak sendiri. Selain bisa dinikmati sendiri, olahna ayam di atas juga bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis loh. Ya anggap saja bisnis kecil-kecilan di rumah. Selain dua olahan ayam di atas, masih ada sebenarnya olahan ayam yang lainnya. Namun, menurut Admin, dua olahan ayam di atas adalah olahan yang paling sempurna. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Kode BNI

Kode BNI Untuk Transfer dan Daftar Kode Bank lain.

Kode BNI adalah 009. Juga, kode bank lainnya. Jadi, kode ini kode yang kita pergunakan …