Tiga Makanan Tradisional dengan Cita Rasa Nagih

  • Bagikan
Makanan tradisional
Makanan tradisional

Saat ini, sudah banyak sekali jenis makanan-makanan modern di pasaran. Namun, tetap saja, makanan tradisional masih tetap menjadi incaran banyak orang. Fakta bahwa makanan khas Indonesia masih tetap diminati oleh banyak orang tidak bisa kita pungkiri. Karena bagaimanapun, citarasa makanan tradisional dari berbagai daerah memang tidak bisa digantikan oleh makanan-makanan modern.

Setiap negara pasti mempunyai makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang berbeda-beda. Begitu juga halnya dengan Indonesia. Apalagi Indonesia dikenal dengan sebutan ‘negara yang kaya akan budaya’. Sehingga tak heran jika kemudian Indonesia disebut-sebut sebagai ‘surganya kuliner’ di dunia.

Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya para food vloger mancanegara yang berlomba-lomba mencicipi makanan khas Indonesia. Di Indonesia, kita tahu ada banyak sekali jenis makanan tradisional dari berbagai daerah. Bahkan sudah ada beberapa makanan tradisional Indonesia yang namanya terkenal hingga ke mancanegara nah.

Agar semakin mencintai makanan Indonesia, yuk simak beberapa makanan tradisional yang wajib untuk kamu nikmati.

Nasi Goreng

Makanan yang pertama adalah nasi goreng. Makanan satu ini sudah masuk ke dalam daftar makanan terenak sedunia. Padahal hanya diolah dengan memanfaatkan bahan pokok nasi saja, kemudian ditambahkan dengan berbagai bumbu. Seperti bawang putih, bawang merah, cabai, gula jawa, kecap manis, dan lain sebagainya.

Cita rasanya yang nagih membuat nasi goreng terus digandrungi banyak kalangan, terutama kaum muda. Dan kini, nasi goreng sudah tidak hanya dijual di pinggiran jalan, melainkan juga di hotel-hotel bintang 5. Dengan cita rasa gurih pedas, nasi goreng kini sudah divariasikan ke berbagai pilihan menu, seperti nasi goreng ayam, telur, sapi, dan lain sebagainya.

Rendang

Makanan khas yang berikutnya adalah. Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional satu ini? Rasanya, semua masyarakat kenal dengan rendang ya. Jadi, rendang adalah makanan tradisional dari Sumatera barat. Makanan yang lezat ini dibuat dengan berbagai pilihan rempah yang sangat memikat, tak heran jika citarasanya tergolong sangat nikmat, bikin nagih, sangat kuat aroma dan rasa, dan cocok bagi lidah siapapun.

Rendang juga termasuk makanan terenak di dunia. Keberadaannya yang luar biasa telah membuatnya menjadi salah satu makanan Indonesia yang sudah go internasional, dan menjadi salah satu makanan terenak se dunia. Maka, Indinesia patut bangga. Dan untuk menyantap makanan tradisional satu ini, Anda tidak harus ke Padang dulu. Karena sudah ada banyak sekali rumah makan Padang di setiap daerah yang ada di Indonesia.

Nasi Tiwul

Makanan khas daerah Indonesia berikutnya adalah nasi tiwul. Nasi tiwul ini merupakan nasi yang dibuat dengan menggunakan bahan pokok singkong kering yang kemudian dihaluskan, dan diberikan tambahan gula merah. Untuk menambahkan cita rasa dan menetralkan rasa manisnya, kemudian ditambahkanlah parutan kelapa di atasnya.

Makanan khas satu ini berasal dari Kab. Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dulu, nasi tiwul merupakan makanan sehari-hari masyarakat Gunungkidul.

Dan dengan kemajuan teknologi, makanan satu ini sudah tersedia di berbagai kemasan. Sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Harganya juga terjangkau.
Itulah di beberapa makanan tradisional di Indonesia yang harus Anda cicipi. Rasakan kenikmatan tersendiri menyantap makanan tradisional Indonesia.

Selain makanan-makanan di atas, masih banyak lagi makanan tradisional di Indonesia, seperti gulai daun ubi, pisang ijo, gudeg, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui makanan-makanan khas yang ada di Indonesia, ternyata dapat meningkatkan rasa cinta tanah air. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan