Cara Melepas Stiker di Kaca Mobil Tanpa Membekas

  • Bagikan
Cara Melepas Stiker di Kaca Mobil
Cara Melepas Stiker di Kaca Mobil

Ada banyak pengalaman para pemilik mobil yang kesulitan melepas stiker di kaca mobil. Bukan karena sulitnya menghapus, namun resiko lecet menjadi hal yang paling sulit untuk dihidari. Mengingat kaca merupakan bagian mobil yang rentan terhadap goresan, tentu tidak sembarangan cara bisa dilakukan untuk melepas stiker.

Alasan mengapa pemilik ingin melepas stiker cukup beragam, baik karena bosan serta ingin menggantinya dengan stiker baru atau mungkin karena memang ingin membersihkannya. Jika anda tipe orang yang gemar memasang serta mengganti stiker mobil, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara melepas agar tidak meninggalkan bekas.

Cara mudah melepas stiker di kaca mobil tanpa bekas 

Adanya goresan atau kotoran bekas stiker tentu dapat mengganggu penampilan mobil secara fisik. Supaya hal tersebut tidak terjadi, anda perlu melepas stikernya dengan cara yang tepat guna menghindari bekas goresan. Namun sebelumnya, kenali terlebih dulu jenis stiker yang menempel. Sebab masing-masing stiker memiliki tingkat kesulitan yang berbeda untuk melepasnya.

Jenis-jenis stiker mobil

Stiker HVS

HVS adalah jenis stiker yang paling banyak digunakan baik stiker mobil maupun stiker pada umumnya. Salah satu keunggulan dari jenis yang satu ini yakni memiliki kualitas yang baik meski harganya cendrung murah. Karakteristik utama stiker HVS memiliki ketebalan yang cukup tipis, sehingga tidak terlalu menonjol pada permukaan kaca mobil. Ketika sewaktu-waktu ingin melepas stiker tersebut, jenis stiker ini tidak cukup sulit atau mudah, melainkan relatif.

Stiker kromo

Stiker kromo dikenal tidak lebih menarik dari stiker HVS. Penyebabnya bahan dasar dari stiker ini mudah luntur ketika terpapar oleh sinar matahari dan hujan. Sehingga kebanyakan orang menggunakan stiker kromo untuk interior mobil. Pada umumnya stiker ini dipilih karena memiliki permukaan yang lebih mengkilap. Selain itu, stiker kromo memiliki karakteristik lem yang cukup pekat. Sehingga proses melepasnya membutuhkan proses yang cukup sulit.

Stiker vinyl

Stiker vinyl dikenal lebih baik dari kedua jenis sebelumnya. Beberapa kelebihan yang dimiliki seperti tahan terhadap paparan sinar matahari dan hujan, warna tajam dan tidak mudah luntur, serta cocok untuk permukaan eksterior mobil. Jika mobil anda menggunakan jenis stiker ini, anda tidak perlu khawatir, sebab stiker ini sangat mudah untuk dihilangkan.

Cara ini dapat dilakukan tanpa meninggalkan bekas baik dalam bentuk goresan maupun sisa lem yang membandel. Dengan syarat, anda menggunakan teknik yang tepat ketika menghilangkannya. Berikut ini cara yang mudah untuk semua jenis stiker. Sehingga anda tidak perlu mencari tahu jenis stiker apa yang anda pakai di kaca mobil.

Untuk memulainya, siapkan beberapa alat yang diperlukan yaitu Hair dryer, Air sabun, Kanebo/kain halus, Minyak kayu putih/cuka, Kartu bekas.

Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, ikuti panduan melepas stiker di kaca mobil berikut ini.

Langkah-langkah nya sebagai berikut.

  • Dengan munggunakan hari dryer yang telah disiapkan sebelumnya, panaskan area stiker di kaca mobil. Pastikan seluruh permukaan stiker khususnya bagian tepi dapat dipanasi secara merata. Jika sebelumnya mobil anda telah terpapar oleh panasnya terik matahari, anda tidak perlu melakukan cara ini. Sebab kondisi panas pada permukaan akan memudahkan proses melepas stiker di kaca mobil.
  • Secara perlahan, kikislah bagian tepi stiker secara perlahan menggunakan kartu bekas. Gunakanlah bagian ujung kartu yang tumpul (tidak lancip) agar tidak membahayakan permukaan kaca. Langkah ini membutuhkan kehati-hatian agar ketika melepas stiker di kaca mobil tidak menggores.
  • Langkah melepas stiker di kaca mobil tidak cukup jika hanya sampai menghilangkan stiker. Sebab beberapa stiker yang memiliki lem cukup pekat akan meninggalkan bekas yang bertekstur lengket. Untuk membersihkannya silahkan gunakan minyak kayu putih atau cuka. Oleskan cairan tersebut di sekeliling bekas stiker hingga terlihat basah.
  • Lakukanlah pengelupasan stiker secara teratur dan tetap memperhatikan kondisi kaca. Lebih baik proses melepas stiker di kaca mobil memakan waktu cukup lama namun hasilnya bersih daripada singkat namun meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan di kemudian hari.
  • Langkah terakhir untuk melepas stiker di kaca mobil adalah mencucinya menggunakan air sabun. Tunggulah beberapa saat sebelum dilap menggunakan kanebo atau kain halus. Meskipun sebelumnya terlihat bersih, sangat disarankan agar anda tetap mencucinya. Sebab sisa lem yang tidak terlihat bisa menangkap kotoran di udara. Dalam jangka waktu tertentu, kotoran akan menumpuk dan membuat permukaan kaca terlihat buram.

Demikian cara mudah melepas stiker di kaca mobil tanpa khawatir kaca tergores akibat proses pengelupasan yang membutuhkan penekanan terhadap benda keras. Jika Anda berkenan untuk memasang kembali stiker, perhatikan langkah yang tepat berikut ini.

Cara memasang stiker di kaca mobil yang aman

Agar suatu saat proses melepas stiker di kaca mobil dapat dilakukan dengan lancar, maka dalam proses pemasangannya tidak boleh sembarangan. Terlebih jika stiker tersebut akan ditempel untuk jangka waktu yang lama.

Bersihkan permukaan kaca

Beberapa kasus tertentu, salah satu hambatan dalam melepas stiker di kaca mobil adalah berasal dari kotoran yang menempel. Untuk itu bersihkan permukaan kaca yang akan ditempel stiker dengan menggunakan sabun cuci khusus untuk mobil. Pastikan tidak ada kotoran tersisa yang menempel hingga stiker selesai dipasang.

Keringkan kaca mobil

Gunakanlah kanebo atau kain halus yang tidak berisiko menggoreskan kaca mobil untuk mengeringkannya. Setelah dilap bersih, tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada serat air dan sabun yang tersisa. Hal ini untuk membuat lem stiker dapat menempel lebih pekat di permukaan kaca.

Lakukan pemolesan

Sebelim stiker dipasang, poles bagian kaca dengan alkohol pembersih. Gunakan kain lembut atau spon halus yang belum terpapar oleh cairan. Pastikan permukaan kaca terlihat halus tanpa sedikitpun percak-percak yang tersisa.

Pemasangan stiker

Pahami bagaimana bentuk stiker yang akan dipasang kemudian tentukan ujung yang paling mungkin untuk ditempel terlebih dulu. Dari ujung ke ujung rekatkan setiap bilah sisi stiker dengan perlahan untuk menghindari gelembung udara di tengah. Sembari menempel, anda perlu memerhatikan posisi stiker agar simetris dengan sudut dan garis kaca.

Sesuai dengan adanya beberapa jenis stiker yang telah ditulis di atas, anda perlu memastikan jenis apa stiker yang dipakai. Perbedaan karakteristik bahan membuat teknik pemasangan juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk itu lakukan penyesuaian seperti pemilihan tempat yang ideal untuk jenis stiker tersebut, atau penyesuaian lain sebagainya.

Finishing

Rekatkan seluruh bagian stiker agar menempel di permukaan kaca. Gunakan hair dryer untuk memberikan sentuhan panas sehingga stiker bisa menempel dengan erat dan tidak mudah lepas. Jika ditemukan gelembung udara, suntiklah menggunakan jarum yang tajam tanpa melepas/memasang ulang stiker.

Demikian teknik pemasangan stiker di kaca mobil yang baik dan benar. Gunakan cara tersebut agar ketika anda berkeinginan untuk melepas stiker di kaca mobil dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa resiko goresan akibat kesalahan dalam proses pemasangan. 

 
  • Bagikan