banner 728x250

Cari Tahu Penyebab Mobil Matic Posisi Tidak Mau Jalan

  • Share
Cari Tahu Penyebab Mobil Matic Posisi Tidak Mau Jalan
Cari Tahu Penyebab Mobil Matic Posisi Tidak Mau Jalan

Mengalami kendala dimana mobil matic tidak mau jalan sering dialami oleh sebagian besar pengendara. Kebanyakan pengendara mengalami hal ini ketika menggunakan mobil matic yang telah terlewat usia. Jika anda mengalami hal serupa, cara mengatasinya bisa dimulai dengan mengetahui beberapa faktor penyebab mobil tidak mau jalan berikut ini.

Sebenarnya, berbicara tentang mobil matic memang tidak sedikit kita menemui beberapa keluhan yang sering dialami pengguna, termasuk mobil matic tidak mau jalan. Dan sebagian besar masalah juga membutuhkan penanganan khusus dibanding mobil manual. Pasalnya, sistem kinerja mesin matic lebih kompleks dengan komponen yang memiliki perbedaan cukup signifikan dibanding mobil manual.

Melihat perbedaan tersebut, jika terjadi kerusakan pada mobil matic tentu faktor penyebab dan cara pencegahannya berbeda dengan mobil manual meskipun jenis kerusakannya relatif sama.

Faktor Penyebab Mobil Matic Tidak Mau Jalan

Masalah di mana mobil matic tidak mau jalan umumnya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Untuk dapat menemukan cara yang tepat dalam mengatasinya, anda perlu mengidentifikasi letak permasalahannya. Berikut beberapa faktor yang umumnya dapat menyebabkan mobil matic tidak mau jalan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi ketika mencari jalan keluar untuk menanganinya.

1. Mesin mengalami loss

Faktor penyebab yang satu ini tidak hanya terjadi pada mobil manual. Kondisi dimana mobil kehilangan tenaga pada saat berjalan yang dibarengi dengan suara meraung juga dialami pada sebagian kecil mobil matic. Adapun untuk memastikan apakah mobil matic tidak mau jalan disebabkan oleh mesin yang kehilangan tenaga atau tidak, cobalah untuk menjalankan mobil pada posisi transmisi “D”.

Berjalanlah secara perlahan sejauh beberapa meter kemudian tambah kecepatan. Perhatikan bagian mesin mobil anda, apakah terjadi penambahan akselerasi yang ditandai dengan perpindahan transmisi secara otomatis atau tidak. Jika tidak ada tanda-tanda perpindahan transmisi tersebut, maka besar kemungkinan mobil tidak mau jalan disebabkan karena mesin mengalami loss.

Dalam hal ini, kerusakan mobil bisa bersumber dari bagian transmisi yang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Gejala-gejala umum yang mungkin terjadi adalah tidak adanya respon ketika anda menginjak pedal gas berkali-kali. Sebab bagi mobil matic, akan terjadi perpindahan transmisi secara otomatis ketika pengendara menambah kecepatan.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci

2. Angkatan mesin tersendat

Posisi dimana mesin mobil tersendat ketika akan berjalan ditandai dengan suara seperti terhentak. gejala ini merupakan tanda kedua yang dialami transmisi mobil ketika mobil matic tidak mau jalan. Selain masalah mesin mengalami loss, dapat dipastikan tersendatnya mesin mobil juga bersumber dari bagian transmisi.

Jika dibedakan dengan mobil matic yang berada dalam keadaan normal, umumnya akan muncul suara mesin yang halus tepat pada saat perpindahan transmisi. Berbeda ketika mobil matic tidak mau jalan, muncul beberapa suara yang terdengar keras seperti terhentak kemudian disusul mobil hanya berjalan beberapa cm dan berhenti di tempat. Untuk pencegahan lebih lanjut anda perlu membongkar mesin dan mencari tahu asal muasal masalah tersebut.

3. Muncul getaran kasar

Gejala mobil yang muncul getaran kasar biasanya terjadi secara tiba-tiba. Banyak para pengendara mengalami hal ini ketika mobil sedang melaju kencang. Pada saat tersebut muncul getaran halus yang kemudian berubah menjadi sedikit kasar ketika kecepatan mobil berkurang. Jika dalam keadaan ini mobil diberhentikan, maka kemungkinan besar mobil akan mati total.

Kondisi semacam ini merupakan gejala yang sering terjadi pada mobil matic ketika mesin penggerak tidak berfungsi dengan baik. Meskipun demikian beberapa pengalaman serupa tidak menunjukkan dampak serius, sebab ketika berhenti model masih bisa dinyalakan. Hanya saja mesin tidak mau bergerak ketika pedal gas diinjak.

4. Tuas transmisi terkunci

Tuas transmisi merupakan komponen terpenting yang berguna untuk mengontrol mobil selama perjalanan. Untuk itu, jika terjadi kondisi dimana mobil matic tidak mau jalan, maka tidak menutup kemungkinan tuas transmisi mobil menjadi faktor penyebabnya. Hal ini dikarenakan transmisi adalah bagian dari komponen mobil yang sering bermasalah dan mengakibatkan tidak berfungsinya sistem penggerak.

Salah satu contoh masalah yang terjadi pada bagian transmisi mobil yaitu kondisi dimana tuas tidak bisa digerakkan atau terkunci. Hal ini mungkin sering dialami oleh beberapa pengendara ketika mobil tidak mau jalan, yang mana tuas perpindahan gigi tidak dapat digeser meskipun knop pengunci tuas telah dibuka.

Umumnya, sebagian besar tuas mobil matic terkunci pada posisi paling atas tepatnya “L”. Dalam hal ini maka mobil akan sulit bergerak pada saat pedal gas diinjak. Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan terkuncinya tuas transmisi mobil membuat pedal gas tidak berfungsi.

Baca juga:  Penyebab Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Jalan

5. Kelistrikan bermasalah

Mobil tidak mau jalan yang disebabkan kelistrikan memang jarang terjadi. Meskipun demikian, kelistrikan menjadi bagian dari komponen mobil yang rentan bermasalah untuk kendaraan yang telah berusia lama. Untuk itu, pada saat anda mengalami mobil tidak mau jalan, tidak ada salahnya jika mengecek kondisi kelistrikan.

Bagian yang perlu dicek adalah kelistrikan yang menuju komponen penggerak dan transmisi. Jika mobil tidak mau jalan, tentu sumber masalah tidak jauh dari komponen tersebut.

Namun berbeda jika mobil anda dalam keadaan mati total. Artinya, tidak ada arus listrik meskipun kontak telah berada di posisi “on”. Untuk memastikannya Anda bisa menghidupkan lampu sein baik kanan maupun kiri. Jika keduanya mati, ada beberapa komponen khusus kelistrikan yang harus dicek. Anda bisa memulainya dengan membuka fusebox untuk mengetahui kondisi setiap sekring atau kondisi bagian aki.

6. Tidak mampu menanjak

Penyebab terakhir mobil matic tidak mau jalan adalah tidak adanya tenaga yang cukup untuk mendorong mobil di tanjakan. Ini merupakan hal yang lumrah mengingat transmisi otomatis pada mobil matic tidak mampu memberikan akselerasi tenaga mesin sebesar mobil manual.

Tidak mampunya mobil matic menanjak sebagian besar diakibatkan oleh beban mobil yang berat. Hal ini sering terjadi pada mobil matic yang telah termakan usia. Jika tidak ingin mengalami kendala yang menyebabkan mobil tidak mau jalan, Anda perlu mengurangi beban bawaan ketika akan melewati jalan tanjakan.

Beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi mobil matic tidak mau jalan yaitu mengidentifikasi sumber masalah. Cara mengetahuinya dengan menguji beberapa faktor penyebab di atas, khususnya di bagian transmisi. Sebab mobil matic tidak mau jalan sebagian besar diakibatkan karena masalah otomasisasi transmisinya.

Untuk mencegah agar tidak mengalami mobil tidak mau jalan, rutinlah menyervis khususnya mobil matic yang telah menginjak usia tua. Selalu cek kondisi mesin sebelum berjalan dan pastikan tidak ada gejala yang berpotensi menimbulkan masalah di bagian transmisi. Pada saat menempuh perjalanan, alangkah baiknya anda berhenti di tempat servis jika menemukan tanda-tanda kerusakan pada mesin.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *