banner 728x250

Penyebab Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Jalan

  • Share
Penyebab Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Jalan
Ilustrasi Penyebab Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Jalan

Masalah dimana mesin mobil tiba-tiba mati seringkali merepotkan pengendaran ketika menempuh perjalanan. Bagi pengendara yang paham dengan mesin, tentu masalah ini bukanlah sesuatu yang cukup sulit untuk diperbaiki. Lain halnya dengan pengendara yang tak pernah menyentuh mesin, sudah pasti akan sulit mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Bagi anda yang mengalami mesin mobil  mati di jalan, ada baiknya anda mengidentifikasi sumber masalah yang mungkin dapat diatasi agar mobil kembali menyala. Adapun di bawah ini faktor yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati saat di jalan.

Faktor Penyebab Mesin Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Jalan

Sebelum anda mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasi mesin mobil mati, kenali beberapa faktor penyebab berikut agar dapat memudahkan dalam mengatasinya. Beberapa faktor yang akan dijelaskan berikut merupakan faktor umum yang dialami oleh sebagian besar pengendara ketika mengalami hal serupa.

  1. Mesin overheat

Overheat diartikan sebagai kondisi dimana suhu mesin mobil terlampau panas. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil tertentu yang sedang menempuh perjalanan jauh. Tidak sedikit overheat mengakibatkan mesin mobil tiba-tiba mati sewaktu perjalanan.

Suhu panas berasal dari pembakaran bahan bakar yang dalam prosesnya mengubah energi kimia menjadi energi panas. Perubahan ini disusul dengan menjadikannya sebagai energi mekanik untuk diteruskan ke bagian-bagian mobil sehingga dapat bergerak.

Apabil mesin mobil tiba-tiba mati dan dalam keadaan panas, tentu saja penyebabnya dari perubahan energi tersebut. Namun, apabila kondisi panas tidak melebihi batas wajar maka tidak akan sampai menghambat kinerja mesin yang mengakibatkannya mogok di tengah perjalanan.

  1. Converter catalytic bermasalah

Setiap mobil memiliki sistem pembuangan yang menjadi bagian vital dari kinerja mesin. Sistem pembuangan tersebut terjadi pada converter catalytic. Apabila sistem pembuangan ini bermasalah sangat mungkin menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

Komponen converter catalytic sendiri memiliki fungsi untuk menjaga knalpot agar terbebas dari segala resiko yang menghambat pembuangan. Sebagai contoh, jika ditemui kotoran yang menumpuk pada bahan bakar, maka bisa mempengaruhi sistem converter yang membuatnya tersedak. Kasus ini menyebabkan komponen tidak berfungsi dengan baik sehingga mesin mobil tiba-tiba mati.

  1. Kehabisan bahan bakar

Mesin mobil tiba-tiba mati di jalan memang jarang terjadi kecuali kehabisan bahan bakar. Akibat tidak adanya penyuplai bahan pembakaran tersebut, mobil menjadi mogok dan sulit untuk dihidupkan jika bahan bakar pada mesin terkuras habis. Setidaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menyalakan mesin mobil kembali.

Jika mobil yang anda gunakan adalah jenis mobil transmisi manual, Anda bisa mengatasi masalah ini lebih cepat. Ketika penyebab mesin mobil tiba-tiba mati adalah diakibatkan karena kehabisan bahan bakar, anda cukup mengisi tangkinya kemudian mendorong mobil untuk menurunkan bahan bakar ke mesin. Cara menyalakannya dengan memasukkan gigi secara langsung pada saat mobil masih berjalan.

  1. Sistem pengapian bermasalah

Jika faktor yang menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati tidak diakibatkan oleh terkurasnya bahan bakar, bisa jadi pemicunya bersumber pada sistem pengapian. Sebab sistem ini menjadi penyuplai daya ke mesin penggerak untuk dapat mendorong mobil berjalan. Adapun tanda jika sistem pengapian mengalami masalah yaitu mesin tidak menyala ketika kontak mobil dihidupkan.

Untuk dapat memastikan sistem pengapian bermasalah tidak harus mengklaim jika sistem ini sama sekali tidak bisa memberikan arus listrik. Mesin mobil tiba-tiba mati adalah masalah yang cukup kompleks, yang tidak pasti diakibatkan oleh sistem pengapiannya.

  1. Alternator bermasalah

Lain halnya dengan masalah kelistrikan yang membuat mesin mobil tiba-tiba mati di jalan. Salah satu komponen yang berperan aktif di bagian ini yaitu alternator, sebuah komponen mesin yang mengatur tentang pasokan listrik. Jika yang anda alami adalah mesin mobil tiba-tiba mati pada saat di perjalanan, tidak ada salahnya mengecek kondisi alternator.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci

Biasanya, ketika alternator mengalami masalah akan menyebabkan sistem kelistrikan mobil tidak stabil. Alhasil kinerja mobil akan terganggu yang berpotensi pada tidak berfungsinya mesin penggerak akibat pengaruh komponen lain yang terintegrasi. Dengan demikian, masalah yang terjadi pada sistem alternator  berpeluang membuat mesin mobil tiba-tiba mati.

  1. ECU bermasalah

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, biasanya telah dibekali komputer kecil atau ECU untuk mengendalikan keberlangsungan kinerja mobil. Dampak signifikan yang akan terjadi apabila ECU bermasalah adalah hilangnya daya dan akselerasi mobil. Akibatnya di saat menempuh perjalanan anda sering mengalami mesin mobil tiba-tiba mati.

Mengingat pentingnya keberadaan ECU, biasanya mobil telah dibekali lampu indikator yang berfungsi untuk memberikan informasi seputar kondisi ECU. Lampu yang dimaksud yaitu Check  Engine Light. Jika anda mendapati lampu indikator ini menyala, Anda diharuskan untuk segera membawa mobil ke tempat service agar mendapat tindak lanjut.

Masalah pada ECU memang tidak memberikan gejala secara langsung, namun jika dibiarkan masalah ini bisa membuat mesin mobil tiba-tiba mati pada saat perjalanan. Sayangnya masalah ECU bukanlah kerusakan yang mudah untuk diperbaiki. Apabila anda mengalami masalah ini pada saat melakukan perjalanan jauh, tentu akan sangat merepotkan jika tanpa bantuan seorang mekanik.

Penyebab mesin mobil tiba-tiba mati memang tidak mudah untuk ditebak meskipun telah melalui proses pengecekan. Mengingat hal tersebut maka sudah selayaknya anda mewaspadai ketika mobil menunjukkan gejala-gejala tertentu sebelum digunakan. Rutinlah menyervis mobil meskipun belum menunjukkan gejala kerusakan. Perhatikan pula pada bagian oli mesin dan oli gardan. Sebab keduanya dapat membuat kerusakan yang cukup parah apabila dibiarkan selama kurun waktu tertentu.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *