Tips Merawat Motor, Mudah dan Simple

  • Bagikan
Tips Merawat Motor Mudah
Tips Merawat Motor Mudah

Salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sepeda motor. Hal ini karena memang sepeda motor dapat dikatakan sebagai kendaraan multifungsi yang sangat mudah digunakan. Dan tampaknya, kendaraan primadona ini sudah menjadi kendaraan wajib yang harus dimiliki oleh setiap rumah. Karena dengan memiliki motor, segala aktivitas mobilitas menjadi simple, mulai dari ke sekolah, bekerja, ke kampus, berbelanja, hingga hunting. Tak heran jika setiap tahun, angka penjualan motor di Indonesia laku keras. Apalagi, nyaris seluruh jenis motor masuk ke dunia pasar Indonesia. Hanya saja, sesekali, atau beberapa kali, setiap motor pasti akan mengalami kondisi ‘ngambek’ alias rusak. Jika Anda rajin merawat motor Anda, tentu kerusakan demi kerusakan akan sangat terjadi. Lain halnya jika Anda cuek, atau tidak acuh. Tentu akan membuat motor Anda sering rusak. Maka, untuk mengatasi atau antisipasi kerusakan, berikut adalah beberapa tips merawat motor yang dapat Anda lakukan.

Tips Merawat Motor yang Simple dan Mudah

Dengan mengetahui tips merawat motor dan menerapkannya, tentu akan memberikan berbagai keuntungan kepada Anda. Mulai dari kendaraan bisa tahan lama, hingga menghemat biaya pengeluaran.

1. Rutin Mengganti Oli

Tips merawat motor yang pertama adalah dengan rutin mengganti oli. Jangan sampai, Anda selalu menunggu waktu lebih dari dua bulan baru mengganti oli. Usahakan, sebulan sekali atau dua bulan sekali. Karena oli memiliki pernanan yang sangat penting bagi mesin kendaraan Anda. Tidak heran jika kemudian, Anda pasti menghindari yang namanya kehabisan oli di jalan.

Hal ini sebenarnya menunjukkan kepada kita, bahwa ketika Anda sampai kehabisan oli, maka akan memberikan pengaruh yang sangat buruk terhadap kendaraan Anda. Selain rutin mengganti oli, Anda juga harus bisa memberikan oli yang berkualitas terhadap kendaraan Anda.

2. Melakukan Pengecekan Ban Sebelum

Digunakan Tips merawat motor yang kedua adalah dengan selalu mengecek kondisi ban sebelum Anda gunakan. Tips satu ini terlihat sangat mudah dan simple, namun sering kali diabaikan oleh para pemilik motor. Anda harus bisa memastikan, bahwa kondisi ban aman, ataupun tidak kekurangan angin ketika akan digunakan.

Karena jika kondisi kekurangan angin, tentu akan sangat membahayakan Anda di jalan. Hal ini juga akan menyebabkan ban Anda lebih cepat rusak.

3. Rajin Service Tips merawat motor

Berikutnya ialah dengan melakukan service rutin. service rutin ini dapat Anda lakukan jika jarak tempuh Anda sudah lebih dari lima ribu km. Jika akan melakukan servie, maka kami sarankan untuk melakukan service di bengkel resmi ya.

4. Memanaskan Motor Ketika akan Digunakan

Sebelum menggunakan motor, ada baiknya jika Anda memanaskannya terlebih dahulu. Paling tidak lima menit saja. Hal ini karena ternyata, dengan memanaskan motor, maka dapat membuat motor Anda terus prima ketika digunakan.

Tak hanya itu saja, dengan memanaskan motor, oli motor Anda juga akan langsung melumasi mesin yang sudah semalaman tidak digunakan. Akan tetapi, ketika akan melakukan tips merawat motor yang terakhir, ada beberapa hal yang meski Anda perhatikan, seperti tidak menggunakan starter, memanaskan terlalu lama, tidak memakai choke, dan lain sebagainya.

Jadi, agar cara ini memberikan efek yang besar bagi motor Anda, pastikan Anda mengetahui cara memanaskan mesin motor yang baik dan benar. Demikian beberapa tips merawat motor yang sangat simple. Jika Anda ingin motor Anda dapat bertahan dalam waktu yang lama dan tetap prima, maka lakukan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan