PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda ADV 150 2021

  • Bagikan
Honda ADV 150
Ilustrasi Honda ADV 150

Dilansir dari OTOSIA – Yang mengejutkan, PT Astra Honda Motor meluncurkan motor baru Honda ADV 150 di ajang Gaikindo Indoneisa International Motor Show (GIIAS) 2019. Motor tersebut bahkan sempat debut di world premiere dan disebut-sebut juga sebagai adik dari Honda X-ADV yang menggunakan sebuah mesin 750cc.

Jika Anda menyebut sebutan tersebut, maka seluruh motor Honda ADV 150 tidak jauh berbeda dengan X-ADV? Sayangnya tidak, perlu diketahui bahwa jenis ini dikembangkan dengan basis yang sama dengan Honda PCX. Namun, terdapat penyetelan ulang di beberapa bagian yang membuatnya tampak seperti sepeda motor anyar.

Namun, kehadiran ADV 150 mengancam pasar Honda PCX. Keduanya sama-sama menggunakan skuter 150 cc, dan itu benar-benar bisa terjadi lho, Pecinta Otomotif. Apalagi dengan basis yang sama dan harga Honda ADV yang sama persis dengan harga Honda PCX, asumsi tersebut bisa terpenuhi. Namun hal tersebut langsung dibantah oleh Direktur Utama PT AHM, Toshiyoka Inuma di GIIAS 2019.

Perlu juga dicatat bahwa yang paling menarik dari skutik baru  ini adalah dirakit dengan cermat di Indonesia di Sunter dan 90% komponen pada tipe ini adalah kandungan dalam negeri, sisanya masih didatangkan dari luar negeri. Ini sangat menggembirakan, bukankah Pecinta Otomotif?

Spesifikasi Dasar Honda ADV 150

Mesin Honda ADV 150

Dengan  menggunakan mesin Honda PCX, tinggal reset saja. Performa kedua mesin ini bervariasi.

Dengan harganya sekitar Rs. 30 juta, Pecinta Otomotif akan mendapatkan mesin SOHC 150cc berpendingin cairan. Dari perangkat skutik petualangan ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 10,7 kW dengan torsi 13,8 Nm Perlu diketahui bahwa Honda PCX memiliki tenaga sebesar 10,8 kW dan torsi sebesar 13,2 Nm.

Dengan reset ini, maka torsinya lebih besar. Selain penyetelan ulang, ada juga modifikasi pada bagian knalpot dan intake untuk meningkatkan performa di kecepatan rendah.

Fitur

Honda ADV dengan harga Rs.150. 30 Juta, Apakah Fitur Terinstal Dengan Baik? Jangan salah, Pecinta Otomotif, motor ini dibekali dengan fitur-fitur menawan, salah satunya desain dashboard berukuran besar.

Seperti sepeda motor lainnya, dashboardnya menampilkan kecepatan, putaran mesin, indikator bahan bakar, dan jarak tempuh. Tidak hanya itu, tetapi juga mencantumkan rata-rata konsumsi bahan bakar secara real time, tanggal, hari, dan jam. Tak berhenti sampai disitu, komponen ini tetap menampilkan indikator aki dan jarak ganti oli mesin, serta indikasi suhu udara sekitar.

👉 TRENDING:   Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

Fitur terbaru dan bahkan wajib dari sepeda motor premium adalah kunci kontak tanpa kunci yang juga disertakan dalam Honda ADV 150. Motor baru Honda ini juga memiliki boks besar, baki penyimpanan di permukaan kiri, dan soket listrik 12 volt.

Desain

Dengan basis yang sama dengan Honda PCX, bukankah spesifikasi dan harga jauh dari skutik premium ini? Untuk mengetahuinya, simak ulasan mengenai spesifikasi dan harga berikut ini.

Dari segi desain, tampilannya sangat mirip dengan kakaknya X-ADV. Hanya saja sang adik memiliki dimensi yang lebih kecil dan mesin berkapasitas 150 cc.

Sisi depan memiliki lampu depan LED ganda dan kaca depan besar khas motor petualangan yang membuatnya tampil garang dan lebih elegan. Kesannya juga semakin jelas saat dilengkapi dengan instrumen panel digital dan stang telanjang.

Ciri khas motor adventure juga terlihat pada sisi depannya yaitu kaca depannya yang bisa diatur. Dengan begitu, pengemudi akan terlindung dari angin kencang saat menempuh jarak jauh. Bagian ini dapat dimodifikasi, ditambah atau dikurangi secara manual.

Dengan harganya sekitar Rs. 30 juta, Pecinta otomotif bisa menghadirkan skuter dengan dimensi tinggi untuk penjelajahan segala medan. Berukuran panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, tinggi 1.153 mm, dan jarak sumbu roda 1.324 mm.

Kaki-kaki

Dengan desain game tersebut, banyak orang yang mengira mengendarainya itu sangat sulit. Tim Otosia.com sudah sangat merasakan nuansa motor ini. Meski merupakan permainan misterius, Namun masih bisa meringkuk di lalu lintas dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Menariknya, suspensi terbilang stabil saat melewati gundukan atau gundukan.

Sebagai motor petualangan matik, ruang kakinya jelas didukung oleh spesifikasi yang mumpuni. Motor ini dibekali suspensi teleskopik depan dan suspensi belakang ganda Showa.

Kemudian untuk rodanya dilengkapi dengan lunas roda dan masing-masing dilengkapi dengan satu buah rem cakram.

Spesifikasi Honda ADV 150

Berbicara mengenai harga,  tentunya juga ada hubungannya dengan spesifikasinya. Karena menggunakan basis Honda PCX yang sama, maka spesifikasi keduanya tidak akan jauh berbeda. Di sisi lain. Dengan adanya reset pada tipe ini terdapat perbedaan namun tidak pada tingkat yang sama.

👉 TRENDING:   Mengenal Tugas dan Cara Kerja Marketing Motor

Tentunya dengan harga Honda ADV 150 naik Rp. 30 jutaan, spesifikasinya jelas lumayan tangguh. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Mesin: 4 langkah, SOHC, eSP, sistem idle stop

Performa: 14,5 hp / 8500 rpm (tenaga), 13,8 Nm / 6500 rpm (torsi)

Dimensi: 1950mm (panjang), 763mm (lebar), 1153mm (tinggi), 1324mm (wheelbase)

Tipe Rangka: Cradle Ganda

Suspensi: Teleskopik (depan), sub-tangki ganda (belakang)

Ukuran Ban: 110 / 80-14 M / C Tubeless (Depan), 130 / 70-13 M / C Tubeless (Belakang)

Rem: cakram hidrolik (depan / belakang)

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai skutik baru yang akan menggebrak pasar, tentunya Pecinta Otomotif harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya jika Anda tertarik untuk melamarnya.

Hal yang paling kentara tentang keunggulan tentu saja desainnya yang kokoh dan gagah. Tak hanya itu, Honda ADV 150 juga berfungsi. Bisa dikendarai di segala medan. Ini karena juga dipengaruhi oleh ketinggian yang cukup tinggi dari permukaan tanah.

Namun masih ada beberapa kekurangan pada motor Honda ADV 150. Namanya juga motor baru, sehingga masalah performa dan daya tahan belum teruji. Kemudian fitur lainnya adalah fitur kaca depan yang tidak bisa diatur secara otomatis maupun manual.

Kisaran Harga update Desember 2020

Peluncuran Honda ADV 150 di GIIAS 2019 ini berhasil mencuri perhatian para eksibitor dan publik Indonesia. Banyak yang langsung tertarik dengan motor adventure ini, termasuk Pecinta Otomotif ? Namun, tahukah Anda sebelumnya harga Honda ADV 150?

Sepeda motor ini dikenal memiliki dua varian yaitu CBS dan ABS yang keduanya memiliki perbedaan mencolok pada harga ini. Perbandingan harganya untuk kedua tipe tersebut mencapai Rp3 jutaan. Berikut adalah rincian harga yang diluncurkan di GIIAS 2019 dan harga terbaru pada bulan Desember 2020.

Harga Honda ADV150 CBS Rp 34.742.000
Harga Honda ADV150 ABS Rp 37.805.000

Dengan harga sekitar Rp 30 jutaan, Pecinta Otomotif sudah bisa melakukan pembelian secara tunai atau dengan credit rate tipe ini. Pilihan terakhir ini saat ini sedang sangat populer di kalangan konsumen di Indonesia. Pasalnya dengan harga Honda ADV 150, Kredit Motor Pecinta Otomotif bisa dengan mudah didapatkan.

Pada dasarnya untuk mendatangkan motor Adventure hanya perlu membayar uang muka harga. Hanya saja dari harga kredit Honda ADV 150 Pecinta Otomotif harus mencicil setiap bulan selama jangka waktu yang disepakati.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.