olahraga untuk mengecilkan perut
olahraga untuk mengecilkan perut

Olahraga untuk Mengecilkan Perut dan Latihan Fisiknya

Baik bagi laki-laki maupun perempuan, memiliki perut yang besar dan berlemak tentu merupakan kondisi yang sangat dijauhi. Hal ini karena akan sangat mengganggu penampilan dan mengurangi tingkat kepercayaan diri. Terutama ketika akan berfoto ria. Apalagi kadang, kondisi perut besar sulit untuk disembunyikan. Jikapun dapat disembunyikan, paling lama mungkin hanya beberapa menit saja. Kondisi ini tentu membuat Anda berpikir keras apa jenis olahraga mengecilkan perut yang efektif untuk dilakukan. Demi mendapatkan kondisi perut yang sispax.

Selain menurunkan tingkat kepercayaan diri, ternyata, perut besar juga bisa menjadi alasan munculnya berbagai permasalahan kesehatan bagi tubuh loh. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena saat ini, sudah lumayan banyak kok olahraga mengecilkan untuk perut yang bisa Anda lakukan.

Olahraga untuk Mengecilkan Perut yang Gampang Dilakukan

Kondisi perut buncit atau perut besar ini disebabkan karena adanya penumpukan lemak pada daerah perut Anda. Hal ini bisa saja terjadi di bagian bawah ataupun di dalam. Dan penumpukan ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh dengan kalori yang seharusnya Anda keluarkan.

Tak hanya itu saja, keadaan ini juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal lainnya, seperti kondisi medis, menopause, stress, dan yang paling sering terjadi adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti susah olahraga, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, hingga jam tidur yang kurang.

Apabila hal-hal ini Anda biarkan berlarut-larut, maka Anda akan sangat berisiko terkena penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, jantung, atau bahkan stroke. Jangan sampai ya. Maka, ada baiknya jika Anda sudah mulai menjaga pola hidup yang baik dan benar supaya kondisi ini tidak berlangsung lama.

Jika sudah terlanjut terjadi, maka Anda dapat mengikuti beberapa olahraga mengecilkan perut berikut ini.

Jogging

Olahraga untuk mengecilkan perut yang pertama adalah jogging. Tentu, olahraga satu ini menjadi sebuah olahraga yang paling diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga sangat memungkinkan untuk dilakukan kapan saja beramai-ramai, baik dengan keluarga ataupun teman.

Meski hanya sekedar lari santai, namun olahraga jenis ini dinilai bisa membakar lemak yang ada di bagian perut dengan sangat efektif loh. Untuk durasi yang baik Anda lakukan adalah setengah jam. Dengan catatan, pulang jogging harus mengkonsumsi makanan yang sehat ya. Jangan sembarangan makan. Karena jika Anda masih juga sembarangan makan, tentu hal ini akan membuat jogging Anda setiap hari menjadi ‘agak sia-sia’.

Senam aerobik dan zumba

Olahraga untuk mengecilkan perut yang kedua adalah dengan senam aerobic dan juga zumba. Kedua olahraga ini sangat identic dengan ibu-ibu ya. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mencoba olahraga satu ini. Apalagi, saat ini sudah banyak sekali kelas-kelas senam yang sangat membantu Anda dalam mengurangi kadar lemak di perut. Bahkan, ada berbagai manfaat lain yang akan Anda rasakan, seperti bisa memperkuat tulang, menjaga mood, dan memperbaikinya, dan lain sebagainya.

Berenang

Olahraga berikutnya adalah berenang. Hal ini karena ketika berenang, tubuh Anda akan mulai melakukan pembakaran terhadap lemak dengan bertahap. Selain bisa mengecilkan perut, olahraga ini juga dapat memberikan berbagai efek baik bagi tubuh Anda, seperti bisa menjaga jantung, membuat tidur Anda jauh lebih berkualitas, membuat oto semakin kuat, dan lain sebagainya.

Yoga dan pilates

Olahraga untuk mengecilkan perut yang terakhir adalah yoga dan pilates. Dengan banyaknya gerakan yang ada pada olahraga ini, ternyata sangat efektif dalam memusnahkan perut Anda yang masih buncit. Efeknya juga sama dengan olahraga di atas, yakni bisa memberikan kualitas tidur yang jauh lebih baik, menguatkan tulang, dan lain sebagainya.

Latihan Fisik yang bisa Mengencangkan Otot Perut

Jadi, selain dengan berolahraga sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Ternyata, Anda juga dapat mengecilkan perut buncit dengan melakukan beberapa latihan fisik yang tak kalah mudahnya dengan olahraga untuk mengecilkan perut di atas. Bahkan, Anda dapat melakukan latihan fisik ini hanya dari rumah saja, tanpa modal sepeserpun.

Plank

Pada umumnya, latihan fisik satu ini hanya dianggap sebagai latihan fisik untuk menguatkan otor lengan, bahu, dan paha. Namun ternyata, plank juga bisa menjadi latihan fisik yang membantu Anda dalam mengatasi masalah perut buncit loh. Caranya juga sangat mudah. Anda dapat memulainya dengan mengambil posisi tubuh yang lurus. Kemudian menghadap ke lantai. Dalam artian, Anda harus telungkup.

Dengan kondisi lengan berada di samping tubuh, dengan siku yang tertekuk. Apabila sudah, Anda dapat mengencangkan perut dengan mengangkat tubuh Anda dan menumpukannya kepada lengan bagian bawah dan jari-jari kaki. Lalu, kencangkan lagi dengan mengangkat tubuh dan tumpunya ada pada lengan bagian bawah dengan jari-jari kaki. Anda harus memastikan bahwa, punggung dan kepala, sampai tumit Anda da di satu garis yang lurus. Anda dapat bertahan di kondisi ini paling tidak tiga puluh detik.

Agak sulit memang. Namun, banyak yang sudah membuktikannya.

Demikian olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

 

Kunjungi juga

Unduhan Video Tik Tok

Aplikasi untuk Unduhan Video Tik Tok Tanpa Watermark

Unduhan video Tik Tok tanpa watermark dengan aplikasi terbaik. Mengapa Anda memerlukan pengunduh video TikTok? …