Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi
Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi. Sumber Gambar: Wikipedia.com

Penyebab Motor Tidak Bisa Digas Tinggi

Penyebab motor tidak bisa digas tinggi. Alasan mesin tidak bisa digas tinggi memiliki beberapa aspek. Seperti yang kita ketahui, sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak penggunanya di masyarakat.

Penyebab motor tidak bisa digas tinggi

Karena sepeda motor adalah kendaraan yang paling praktis. Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang sering menghadapi kemacetan lalu lintas, maka sepeda motor bisa menjadi alternatif yang sebenarnya.

Serupa dengan moda transportasi lainnya, motor juga dapat mengalami masalah atau malfungsi. Adanya gangguan tersebut dapat menyebabkan kinerja menjadi kurang optimal. Salah satu hal yang sering pengguna alami adalah kegagalan mesin.

Penyebab motor tidak bisa digas tinggi dan kerugiannya

Sebagai pemilik sepeda motor, tentunya kita berusaha untuk menjaga kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi prima. Tujuannya agar sepeda motor yang kita gunakan berfungsi secara maksimal.

Oleh karena itu kita wajib untuk selalu menjaganya. Pasalnya, sepeda motor yang tidak kita rawat justru akan mengalami banyak masalah. Tentu hal ini akan membuat fungsi kendaraan tidak maksimal.

Selain itu, berkendara juga menjadi tidak nyaman bagi pengguna. Meski sering menghadapi kondisi yang sulit, masalah lain yang sering terjadi pada mesin adalah motor tidak bisa digas tinggi.

Ada beberapa aspek untuk masalah ini. Namun, kebanyakan pengguna sepeda motor seringkali tidak mengerti apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Oleh karena itu, untuk lebih memahami penyebab masalah tersebut, berikut beberapa alasan atau alasan mengapa mesin tidak bisa di gas tinggi.

Beberapa penyebab motor tidak bisa digas tinggi

1. Filter

  • Filter udara tidak berfungsi

Salah satu penyebab masalah mesin yang tidak bisa kita injak tinggi adalah terkait dengan filter udara mesin. Filter udara sepeda motor berfungsi sebagai alat untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bahan bakar.

Hal ini agar bahan bakar tidak bercampur dengan partikel debu atau kotoran. Jika kondisi filter udara kotor, maka akibatnya penarikan gas mesin akan lebih sulit dan cenderung tidak stabil.

Sehingga, nantinya mesin tidak bisa di-throttle tinggi. Bahkan mesin akan mati mendadak jika filter udara kotor kita biarkan begitu saja.

Selain debu yang masuk ke ruang bahan bakar, penyebab lain filter udara kotor adalah usia yang sudah tua. Jadi, saatnya untuk mengganti filter.

Oleh karena itu, periksa bagian ini dan segera ganti jika tidak berfungsi. Namun jika masih memungkinkan, Anda bisa membersihkannya dan menggunakannya kembali.

  • Filter bensin tersumbat

Salah satu penyebab mesin tidak mendapatkan bensin yang tinggi adalah kondisi filter bensin yang tersumbat. Sebelum memasukkan bensin, bensin dari tangki terlebih dahulu harus melewati saringan bensin.

Filter ini berguna untuk menyaring berbagai jenis kotoran yang cukup beresiko terhadap performa mesin. Oleh karena itu, jika filter bahan bakar mengalami deadlock maka akan berdampak pada tidak berfungsinya aliran bensin.

Sehingga tenaga yang mesin hasilkan pada proses pembakaran tidak bisa maksimal. Kondisi ini juga bisa menyebabkan mesin tersendat dan kita tidak bisa menapak tinggi.

2. Bahan bakar

  • Bahan bakar tidak tepat

Pada setiap jenis kendaraan bermotor terutama pada edisi terbaru selalu memberikan saran untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesinnya.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai untuk jenis sepeda motor dalam waktu yang lama mungkin menjadi penyebab mesin tidak bisa main di putaran tinggi.

Hal ini juga bisa terjadi pada sepeda motor yang harus menggunakan RON tinggi, tetapi sebaliknya kami menggunakan RON rendah. Masalah ini juga bisa terjadi.

Kondisi ini sering terjadi pada beberapa tipe mesin yang lebih baru dengan teknologi terkini. Namun, sangat jarang mesin baru pabrik produksi untuk bahan bakar RON rendah.

Oleh karena itu, sebelum memilih bahan bakar, pastikan kelebihan dan kekurangan penggunaan premium dan perlite sesuai dengan mesin yang Anda gunakan.

  • Bahan bakar tercampur air

Hal lain yang dapat menyebabkan mesin tidak mati tinggi adalah air di tangki bahan bakar. Tercampurnya air atau cairan lain dengan bahan bakar di dalam tangki dapat menyebabkan masalah mesin yang serius.

Salah satunya adalah kondisi gas mesin yang tidak bisa kita injak, bahkan bisa berisiko mati total. Dalam hal ini, air dapat masuk ke tangki bahan bakar melalui kebocoran dari luar atau uap air ke dalam tangki.

Sebenarnya, airnya bisa lepas saat masuk ke karburator. Namun saat gas engine kita naikkan, otomatis putaran mesin akan meningkat. Hal inilah yang membuat aliran bensin ke intake manifold lebih cepat.

Jadi, Air akan tersedot dan akan masuk ke supply manifold. Namun, karena air bukanlah bahan bakar mesin, air justru akan membuat mesin mengeluarkan suara yang aneh dan akan menjadi salah satu penyebab mesin tidak bisa gi gas tinggi dan bahkan mati.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menguras ruang apung karburator. Caranya adalah dengan membuka sekrup pada rumah karburator. Anda juga dapat menguras tangki bahan bakar jika terlalu banyak air di dalamnya.

3. Busi kotor atau rusak

Karena berperan penting dalam fase pengapian atau pembakaran bahan bakar, busi yang rusak atau kotor dapat menyebabkan mesin mati saat putaran tinggi. Hal ini karena proses pembakaran yang terganggu. Jadi, proses pembakaran tidak berjalan dengan baik.

Karena itu, Anda dapat memeriksa busi dengan dua cara dengan melihat ke atas. Jika ujung busi berwarna hitam pekat, maka ini menandakan bahwa busi mesin harus segera Anda ganti.

Cara kedua untuk memeriksa busi pada mesin adalah dengan melihat langsung komponen busi untuk melihat apakah busi masih kuat atau lemah. Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan membersihkan atau menggantinya dengan busi yang baru.

4. Pengaturan katup salah

Salah satu penyebab mesin tidak bisa di gas tinggi adalah karena pengaturan katup mesin yang tidak sesuai. Tekanan kompresi yang terjadi di ruang bahan bakar akan mempengaruhi penyetelan klep atau klep mesin.

Jika penyetelan katup terlalu kencang dan tidak memenuhi standar, katup akan membuka atau menutup dengan cepat atau menutup lebih lama. Ketika katup terbuka terlalu lama, dapat menyebabkan lebih banyak gas masuk.

Ketika penyetelan katup terlalu lemah, katup membuka dan menutup terlambat. Jika ini terjadi dengan katup, maka campuran bahan bakar-udara akan diinjeksikan dengan cepat.

Dengan demikian, nantinya jumlah campuran di area pembakaran mesin akan sangat sedikit. Hal ini sering menjadi salah satu alasan mengapa kita tidak bisa mematikan mesin.

5. Sensor injeksi rusak

Sepeda motor injector tentunya memiliki sensor yang berguna untuk mengatur aliran bahan bakar injector di dalam mesin pada saat proses pembakaran.

Jika sensor injeksi tidak bekerja dengan baik, aliran bahan bakar otomatis saat mencapai mesin macet atau tidak bekerja dengan baik.

Dalam kondisi seperti ini, mesin sering tersedak dan bahkan sulit untuk Anda kendarai dengan cepat dan lancar ketika Anda menarik tuas throttle pada mesin Anda.

6. Masalah rantai sepeda motor

Alasan selanjutnya mengapa mesin tidak bisa mengangkat kadar gas yang tinggi adalah kurang dari kondisi ideal di rantai roda. Hal ini sering terjadi pada sepeda motor atau mobil matic.

Masalah rantai penggerak dapat menyebabkan performa mesin tidak tersalurkan dengan baik ke roda.

Jadi mesin hampir tidak berjalan cepat ketika kita memiliki throttle tinggi. Untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkan rantai sepeda motor secara rutin agar masalah ini tidak terjadi.

7. Pompa bahan bakar kotor

Bukan hanya busi mesin yang kotor, tapi juga fuel pump yang kotor atau rusak bisa menjadi salah satu penyebab mesin tidak mendapatkan bensin yang tinggi.

Pompa bahan bakar merupakan komponen mesin yang berfungsi menyalurkan bahan bakar dari tangki ke komponen bahan bakar. Pompa bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan mesin tidak berfungsi dan tidak bisa mendapatkan throttle tinggi.

8. Tekanan bahan bakar rendah

Pada setiap sepeda motor injeksi, selalu memiliki pompa bahan bakar atau fuel pump. Tekanan pompa bahan bakar dapat kita ukur dengan menggunakan alat berupa pengukur tekanan bahan bakar.

Selanjutnya besaran tekanan bahan bakar sendiri akan sesuai dengan tipe masing-masing tipe sepeda motor. Jika tekanan bahan bakar lebih rendah dari standar, maka ini mungkin alasan mengapa mesin tidak dapat mereka matikan.

Pasalnya, dengan kondisi tersebut, penarikan gas menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, tekanan bahan bakar harus sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku.

9. Throttle stasioner bermasalah

Throttle stasioner merupakan salah satu hal yang dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap traksi yang akan terjadi pada mesin.

Pengaturan putaran stasioner yang tidak memenuhi standar dapat menyebabkan kegagalan traksi mesin. Tenaga yang mesin hasilkan tidak maksimal dan membuat mesin kurang bertenaga saat Anda menarik throttle tinggi.

Alasan lain penyebab motor tidak bisa digas tinggi

Selain kondisi di atas, ada beberapa hal lain yang juga bisa mengaktifkan mesin agar tidak mendapatkan throttle tinggi. Beberapa kendala tersebut terdiri dari masalah katup dan beberapa komponen pembakaran yang terdapat pada mesin.

Untuk memastikannya, maka Anda perlu membongkar mesin secara keseluruhan, jika Anda pasti belum menemukan penyebabnya. Yang pasti dengan mengetahui penyebabnya akan memudahkan Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Mengetahui beberapa penyebab mesin tidak bisa di gas tinggi, penting untuk selalu memperhatikan kondisi mesin dengan baik. Perawatan sepeda motor yang tepat tentunya dapat menjamin kenyamanan berkendara bahkan menghindari resiko yang cukup membahayakan pengendara.

Kunjungi juga

Penggunaan lampu hazard

Simak Aturan Penggunaan Lampu Hazard Agar Selamat di Jalan Raya!

Mengenal Aturan Penggunaan Lampu Hazard yang Benar Mengemudi di jalan raya tentu saja memerlukan perhatian …