Cara Membuat Ttd Digital
Cara Membuat Ttd Digital. Sumber Gambar: Pinterest.com

Cara Membuat Ttd Digital

Bagaimana cara membuat TTD digital yang sah. Tandatangan digital, tanda atau elemen untuk menunjukkan bahwa “tanda tangan elektronik” sesuai dengan persyaratan yang mereka tandatangani. Ini berbeda dari apa yang secara historis disebut “tanda tangan biasa”, di mana para pihak harus secara fisik menandai kontrak kertas dengan pena.

Bagaimana cara membuat TTD digital

Pendekatan modern untuk menandatangani kontrak ini telah banyak penggunanya di sebagian besar dunia, dan tanda tangan elektronik dapat kita gunakan untuk menandatangani dokumen dalam berbagai format. Sebagian besar termasuk file PDF, dokumen Word, spreadsheet dan, tentu saja, berbagai platform kontrak berbasis browser, seperti Juro, di mana kontrak dapat kita tandatangani dalam hitungan detik.

Mengapa menggunakan tanda tangan elektronik?

Menggunakan digital alih-alih tanda tangan biasa berarti bahwa para pihak tidak harus berada di ruangan yang sama untuk menyetujui – ini dapat kita lakukan melalui telepon seluler atau menggunakan kontrak.

  • Pertama, jauh lebih nyaman

Jika menggunakan intuitif, maka proses penandatanganan itu sendiri harus lebih cepat, hanya dengan satu atau dua klik. Karena mereka adalah artefak digital, mereka harus memiliki cap waktu, yang akan membuatnya lebih formal dan lebih nyaman untuk kita ikuti.

  • Anda dapat mengotomatiskan berbagai tindakan lain

Hidup ini terlalu singkat – dan perusahaan dapat mengenali manfaat yang signifikan dengan beralih ke tanda tangan digital. Dropbox memperkirakan bahwa bisnis dapat meningkatkan waktu penyelesaian hingga 80 persen dan tarif hingga 26 persen.

Siapa yang untung dari tanda tangan elektronik?

Penandatangan resmi, yang mungkin memiliki beberapa dokumen untuk mereka tandatangani setiap hari – seiring dengan meningkatnya volume bisnis dan volume kontrak, kemampuan untuk menandatangani dengan aman dari perangkat apa pun kapan pun akan sangat menghemat waktu. Dalam banyak kasus, penandatangan ini adalah bagian dari tim hukum atau anggota senior tim – keduanya kekurangan waktu.

Pihak kontraktor, yang pada tahap penandatanganan ingin menjalin hubungan kerja baru ini. Harus mencetak, menandatangani, dan memindai kontrak memperlambat momen dan bisa membuat frustrasi – terutama jika pihak lain tidak memiliki printer atau pemindai!

Tim penjualan yang mendapat manfaat secara tidak langsung dari eSigning. Semakin cepat dan mudah mendapatkan tanda tangan garis titik, semakin cepat perwakilan penjualan dapat menutup transaksi dan mendapatkan komisi mereka.

Bagaimana cara membuat TTD digital yang sah

Ada banyak penyedia di pasar, termasuk, namun tidak terbatas pada, HelloSign, AdobeSign, SignNow, dan alternatif lain untuk DocuSign. Sebagian besar menawarkan pendaftaran dasar, dengan harga awal yang rendah.

Tetapi ada platform lain seperti Juro yang berbeda karena mereka menutupi kontrak lebih dalam – dari mengotomatisasi pembuatan kontrak volume, melalui alur kerja, di browser, tanda tangan asli dan pelacakan tanda tangan dan. Ini lebih baik untuk pasar menengah atau yang lebih besar yang memiliki volume kontrak yang lebih besar dan membutuhkan serangkaian fitur yang lebih kaya.

Mari kita lihat bagaimana Anda melakukannya dan alternatif dari tiga format paling umum: PDF, Word, dan Google docs.

Apa yang membuat tanda tangan elektronik valid?

Tapi apa yang membuat mereka valid? Nah, ada beberapa faktor, antara lain:

Stempel waktu . Ketika kontrak Anda tandatangani sepenuhnya, stempel waktu digital dapat menandai kontrak dan memudahkan tim hukum untuk melacak tanggal.

Keamanan . _ Tanda tangan yang mampu kita simpan di cloud secara alami cenderung tidak rusak atau hilang daripada kontrak cetak.

Jejak audit. Mampu membuka dokumen dan tahu persis siapa yang menandatanganinya dan kapan sangat penting untuk tujuan pelacakan. Dengan alat internal, Anda juga dapat mengakses jejak audit penuh dari negosiasi dan pengeditan, membantu bisnis Anda mengelola kontrol versi.

Bagaimana cara membuat TTD digital ke PDF

PDF adalah format banyak platform dan alur kerja yang menggunakannya. Dengan demikian, ada banyak cara berbeda untuk menyertakan tanda tangan email jenis ini, tergantung pada apa yang Anda gunakan untuk membaca atau mengedit. Empat contoh di antaranya adalah:

1. Cara menambahkan tanda tangan menggunakan MacOS

Saat Anda membuka file PDF di laptop atau desktop Mac, biasanya file tersebut terbuka di Browser. Untuk menambahkan tanda tangan, pilih “Tools” dari menu, lalu “Anotate” dan kemudian “Signature”.

Cara menambahkan tanda tangan menggunakan iOS dengan aplikasi Juro.

Untuk menandatangani PDF ke iPhone atau iPad secara digital, buka dokumen yang Anda inginkan menggunakan aplikasi File, lalu tekan tombol “Plus” (+) di sudut kanan bawah untuk melampirkannya. Dari sini Anda dapat memilih “Tanda Tangan” dan itu akan aplikasi buat.

Anda juga dapat menambahkan atau mengedit tanda tangan yang tersimpan di sini, menggunakan layar sentuh perangkat tanda tangan. Namun, seperti halnya MacOS, ini tidak memiliki keamanan yang sesuai untuk sebagian besar transaksi, karena tidak ada jejak audit yang terlampir.

2. Cara menambahkan tanda tangan menggunakan Android

Untuk menandatangani file PDF di perangkat Android, Anda perlu mengunduh aplikasi seperti Adobe Reader atau SignEasy.

Meskipun, seperti contoh sebelumnya, ini tidak mungkin memenuhi standar sertifikasi karena tanda tangan tidak akan berisi jejak audit.

Apa saja manfaatnya?

Adobe PDF bersifat universal – paket perangkat lunak yang paling umum dapat menanganinya dan dapat kita buka dan terbaca di hampir semua perangkat.

Mereka portabel (artinya P) – yang berarti mereka mudah Anda kirim dan Anda unggah melalui email atau layanan perpesanan lain seperti WhatsApp atau Facebook messenger.

Apa saja poin kekurangannya?

Namun, meskipun mereka merupakan dasar yang baik untuk dokumen paling dasar yang akan kita tandatangani, mereka memiliki kelemahan dalam berurusan dengan kontrak volume. Kerugian ini meliputi:

Banyak perangkat dan perangkat lunak dapat menangani file PDF, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka menangani jenis dokumen ini dengan baik.

Melihat contoh di atas, sebagian besar opsi tanda tangan hanyalah gambar digital, sehingga tidak akan memenuhi standar keamanan yang kuat. Hal ini berbeda dengan produk yang menyediakan pelacakan dan audit.

Di luar tanda tangan, opsi di atas benar-benar tidak menawarkan fungsionalitas seputar proses kontrak itu sendiri – setelah tanda tangan kita tambahkan, apakah secara otomatis akan memberi tahu para pihak? Apakah kontrak akan terkirim melalui email kepada mereka secara otomatis? Bagaimana Anda akan melacak data kunci dalam kontrak, seperti tanggal perpanjangan? Bagaimana Anda akan menyimpan kontrak dan mencari di dalamnya?

Karena ini adalah dokumen statis yang kita buat dari data tidak terstruktur, sulit untuk mencari, yang membuatnya sulit untuk mengetahui apa yang ada dalam kontrak setelah kita simpan di suatu tempat.

Alternatif untuk menambahkan tanda tangan ke file PDF

Juro adalah alat otomatisasi kontrak gratis yang memungkinkan Anda membuat kontrak template dengan menavigasi pertanyaan dan jawaban dalam bahasa alami. Anda kemudian dapat berkolaborasi dalam kontrak, mendapatkan persetujuan, menegosiasikannya, mengirimnya untuk Anda tandatangani, mengamankan penandatanganan elektronik, penyimpanan dan pelacakan kontrak – semuanya tanpa meninggalkan browser.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola kontrak di semua perangkat dan platform yang tercantum di atas, tetapi dengan serangkaian fitur yang membantu Anda mencapai tujuan kontrak dengan cepat.

Cara membuat TTD digital ke dokumen Word

Word masih menjadi mata uang standar untuk lebih dari 99 persen dokumen, dan dengan demikian untuk kontrak. Meskipun memungkinkan untuk memasukkan tanda tangan ke dalam Word, tetapi, ini cukup mendasar.

Gunakan kursor untuk memilih di mana Anda ingin tanda tangan Anda muncul, dari tab Sisipkan, pilih Teks, lalu Daftar Tanda Tangan, dan terakhir Baris Tanda Tangan Microsoft Office. Anda dapat menempatkan tanda tangan pada titik ini dengan memasukkan nama penandatangan.

Jika Anda menerima dokumen dan ingin menandatanganinya, cukup klik kanan pada baris tanda tangan dan klik “Sign”.

Apa saja manfaatnya?

Word adalah mata uang global untuk dokumen secara umum dan memiliki berbagai keunggulan. Ini termasuk:

Hampir semua orang dapat menggunakan dan memahaminya, jadi masuk akal untuk mencoba menangani perjanjian di sana.

Hampir tidak mungkin penerima kontrak Anda tidak akan tahu cara membuka dokumen Word.

Mereka juga sangat portabel, sehingga mudah untuk mengirim melalui email atau layanan pesan.

Apa saja poin kekurangannya?

Namun, meskipun setiap orang dapat menggunakan Word, ini tidak berarti bahwa Word cocok untuk semua penggunaan. Sebagian besar fungsi Word masih bertujuan untuk mereproduksi pengalaman hard copy dalam format digital, membuat file statis tanpa kolaborasi. Karena itu, kontrak, khususnya, menghadapi beberapa tantangan.

Dokumen Word tidak kooperatif. Jika orang ingin mengubah isi kontrak selama negosiasi, mereka harus membatasinya dengan menggunakan perubahan lanjutan, yang selalu mengarah pada banyak versi, masalah kontrol versi, kebingungan, dan gesekan.

Dokumen Word adalah file statis, yang berarti sulit untuk kita integrasikan dengan sistem lain sebagai bagian dari saluran data.

Dokumen Word kekurangan sebagian besar fitur yang lebih luas yang  kita perlukan untuk kontrak, seperti alur kerja untuk persetujuan, negosiasi, tindakan massaln analitik, dan traking.

Alternatif untuk menambahkan tanda tangan ke Word

Jika Anda menginginkan fitur pengeditan Microsoft Word yang kaya, tetapi membutuhkan fitur yang lebih kuat dan komprehensif untuk memenuhi kebutuhan spesifik kontrak, maka Juro menawarkan editor yang dapat Anda sesuaikan dengan browser.

Anda dapat membuat dokumen yang Anda format dengan indah, seperti di Word, tetapi dokumen Anda lahir di browser. Jadi, bisa untuk kolaborasi, dan memiliki akses ke semua fitur platform otomatisasi kontrak. Kesepakatan ada sebagai data terstruktur, bukan sebagai dokumen statis, sehingga dapat Anda cari dan Anda integrasikan dengan sistem lain.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa itu tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik adalah cara lain untuk mendapatkan persetujuan atau persetujuan untuk kontrak dan dokumen lain tanpa perlu mengamankan tanda tangan dengan tinta basah. Ini adalah penggunaan tanda atau kesan digital untuk menunjukkan bahwa individu yang membuatnya telah menyetujui persyaratan kontrak, mirip dengan tanda tangan sederhana tetapi dalam bentuk digital.

Bagaimana cara membuat TTD digital

Ada banyak cara untuk membuat tanda tangan secara elektronik, termasuk dengan menyisipkan tanda tangan ke dalam file PDF, Word, atau Google Documents. Namun, seperti yang kita bahas dalam posting ini, tanda tangan seperti ini bukanlah hal yang canggih atau aman sebagaimana mestinya. Jadi, menggunakan alat eSignature seperti Juro seringkali merupakan pilihan yang lebih baik.

Bagaimana cara membuat TTD digital sah?

Setiap proses elektronik yang mengkonfirmasi dan mengumumkan persetujuan individu untuk kondisi tertentu dapat menjadi tanda tangan elektronik.

Namun, seperti halnya tanda tangan tulisan tangan, penandatangan harus menunjukkan bahwa ia dengan jelas bermaksud untuk menandatangani kontrak agar dapat kita terima. Jadi, ini biasanya kita lakukan dengan menyisipkan tanda tangan di tempat yang sesuai dalam dokumen digital.

Yurisdiksi tertentu juga akan memiliki persyaratan yang lebih spesifik untuk apa yang membuatnya valid..

Apakah DocuSign dianggap sebagai tanda tangan elektronik?

Ya. DocuSign adalah contoh penyedia tanda tangan elektronik. Namun, ada banyak alternatif untuk DocuSign yang tersedia jika Anda mencari solusi yang lebih murah atau lebih lengkap.

Apakah tanda tangan elektronik legal?

Ya. Tanda tangan elektronik secara luas dianggap mengikat secara hukum. Namun, yurisdiksi yang berbeda memiliki undang-undang yang berbeda tentang legalitas tanda tangan elektronik. Mereka telah dianggap mengikat secara hukum sejak tahun 2000 ketika Undang-Undang tentang Komunikasi Elektronik diperkenalkan di Inggris. Mereka juga mengikat secara hukum di UE jika kondisi tertentu terpenuhi. Hal ini berdasar pernyataan dalam peraturan eIDAS, yang mereka perkenalkan pada 2016. Berdasarkan Undang-Undang ESIGN, tanda tangan elektronik juga legal di 50 negara bagian di mana hukum federal ( USA ) berlaku.

Apakah tanda tangan elektronik sah di pengadilan?

Ya. Tanda tangan elektronik dapat diterima di pengadilan seperti halnya tanda tangan dengan tinta basah, jika memenuhi persyaratan individu yang sesuai dengan yurisdiksi yang berkuasa.

Siapa yang menggunakan tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik banyak bisnis gunakan dan cocok untuk bisnis dan individu yang ingin menandatangani kontrak dan dokumen lain secara elektronik untuk kenyamanan. Namun, tanda tangan elektronik sangat berharga untuk bisnis yang perlu menandatangani kontrak lintas volume dan lintas batas.

Cara membuat TTD digital perlu saksi?

Di bawah hukum Inggris dan hukum sebagian besar yurisdiksi, sebagian besar kontrak tidak memerlukan saksi untu tanda tangan apa pun. Apakah itu kita lakukan dengan tinta basah atau secara elektronik.

Namun, masih ada beberapa keadaan di mana dokumen hukum perlu disaksikan saat ditandatangani, seperti transfer tanah, dokumen keamanan dan jenis tindakan lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada perjanjian pemegang saham, dokumen pinjaman dan transfer dana. .

Memungkinkan juga bagi para pihak untuk meminta tanda tangan elektronik untuk menyaksikan keamanan tambahan dalam kasus lain. Untungnya, seperti tanda tangan biasa, tanda tangan elektronik masih dapat kita lihat untuk memastikan bahwa kontrak ini mengikat secara hukum.

Apakah tanda tangan elektronik perlu verifikasi?

Menurut Komisi Eropa, Anda harus memiliki sertifikat digital yang valid untuk membuat tanda tangan elektronik yang merupakan tanda tangan elektronik tingkat lanjut atau berkualitas.

Bisakah Anda memasukkan nama Anda untuk tanda tangan elektronik?

Ya, tanda tangan elektronik dapat Anda buat dengan memasukkan nama Anda ke dalam kontrak, membubuhkan tanda tangan Anda secara elektronik, atau membuat jenis label lain yang memenuhi peraturan.

Bisakah memalsukan tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik sebenarnya lebih kecil kemungkinannya untuk dipalsukan daripada tanda tangan basah. Hal ini karena tanda tangan basah lebih mudah memalsukan dan memanipulasi, sedangkan tanda tangan elektronik seringkali menggunakan tindakan pengamanan tertentu, seperti tanda tangan digital.

Bagaimana cara memverifikasi tanda tangan elektronik?

Tanda tangan elektronik dapat kita verifikasi dengan memeriksa apakah tanda tangan elektronik kontrak ditandatangani oleh penandatangan yang ditunjuk dan apakah penandatangan ini dapat kita identifikasi.

Juro memungkinkan pengguna untuk melihat email yang tepat dari orang yang menandatanganinya, serta alamat IP mereka dan waktu serta tanggal yang tepat mereka menandatangani kontrak.

Apa perbedaan antara tanda tangan digital dan elektronik?

Berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik adalah karakteristik berbeda yang mencapai tujuan berbeda..

Jadi, itulah tahapan bagaimana cara membuat TTD digital. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …