Kolom Pada Program Aplikasi Microsoft Office Excel Dinotasikan Dengan

  • Bagikan
Kolom Pada Program Aplikasi Microsoft Office Excel Dinotasikan Dengan
Kolom Pada Program Aplikasi Microsoft Office Excel Dinotasikan Dengan

Kolom pada program aplikasi Microsoft Office Excel dinotasikan dengan Huruf. Untuk menamdai kolom dan baris di Excel, digunakan huruf dan angka. Secara khusus, kolom pada program aplikasi Microsoft Office Excel ditandai dengan huruf (A, B, C, …)

Kolom Pada Program Aplikasi Microsoft Office Excel Dinotasikan Dengan

Di Excel, kolom ditunjukkan dengan huruf (A, B, C,…) sedangkan baris ditunjukkan dengan angka (1, 2, 3,…).

Saat kita merujuk ke sel dalam rumus Excel, referensi sel ditunjukkan oleh huruf kolom dan nomor baris sel.

Di versi pertama Excel hingga dan termasuk Excel 2003, kolom ditunjukkan dengan huruf A hingga VI (256 kolom). Selanjutnya, dari Excel 2007, kolom ditandai dengan huruf A sampai XFD (16.384 kolom).

Mengapa Kolom Pada Program Aplikasi Microsoft Office Excel Dinotasikan Dengan Huruf

Alasan ini tidak kita ketahui. Yang jelas ini dibuat oleh pengembangnya sejak pertama kali. Tentu kita hanya tahu bahwa ini alasan untuk sistematika yang baik.

Tentang Program Aplikasi Microsoft Office Excel

Microsoft Excel atau Ms. Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Program aplikasi Microsoft Excel adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka, misalnya: mengolah tabel, bagan atau database sederhana. Saat ini program ini merupakan program spreadsheet yang paling banyak digunakan di banyak tempat, baik pada platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS. Ada beberapa cara untuk membuka Microsoft Excel:

  1. Dari jendela desktop:
  2. Klik dua kali pada Ms. Ikon Excel di jendela desktop; atau
  3. Klik pada ikon Excel lalu tekan tombol Enter; atau
  4. Klik kanan pada ikon Excel pilih Buka.
  5. Dengan tombol Start. Klik Start >> All Program >> Ms. Office >> Microsoft Excel.

Setelah menyelesaikan salah satu langkah ini, tunggu hingga lembar kerja Microsoft Excel muncul seperti yang ditunjukkan:

Itulah tentang program aplikasi Microsoft Office Excel. Lalu, apa bedanya dengan MS Word?

Perbedaan yang luar biasa antara Ms. Word dan Ms. Excel ada di ruang kerja, jika di Ms. Word adalah area sederhana, di Ms. Excel dalam bentuk kotak. Keduanya adalah bagian dari Microsoft Office, jadi jika ikonnya sama, itu juga memiliki fungsi yang sama. Namun, ada ikon yang berbeda karena mereka mendefinisikan fungsi masing-masing.

Secara default, saat Anda mengaktifkan MS Excel, layar komputer Anda menampilkan Work Book kosong baru yang disebut BOOK1. Work Book kosong terdiri dari tiga lembar kerja, yaitu Lembar 1, Lembar 2, dan Lembar 3. Lembar kerja Excel terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. Kolom pada Ms. Excel dilambangkan dengan huruf A, B, C,… .XFD sedangkan baris dilambangkan dengan angka 1,2,3,… .. 1048576.

Tentang program aplikasi Microsoft Office Excel dan berbagai fungsinya

1. Bilah Fungsi/Rumus

Itu adalah tempat untuk mengetik teks atau rumus yang akan digunakan nanti. Di Microsoft Excel, mengetik rumus harus dimulai dengan tanda ‘=’. Misalnya, untuk menjumlahkan nilai dalam sel A1 dengan B1, ketik =A1 + B1 ke dalam bilah rumus.

2. Nama kotak:

Kotak yang menampilkan nama sel atau rentang yang sedang aktif.

Untuk kolom pada program aplikasi Microsoft Office Excel dinotasikan dengan Huruf. Untuk baris dengan Angka.

3. Header Baris

Header baris, merupakan penunjuk posisi baris pada lembar kerja yang aktif. Header baris juga bertindak sebagai bagian dari penunjuk sel. Jumlah baris di Microsoft Excel saat ini adalah 1.048.576 baris.

4. Kepala Kolom (Column Header)

(Column Header), merupakan penunjuk posisi kolom pada lembar kerja yang aktif. Seperti header baris, header kolom juga berfungsi sebagai bagian dari pointer. Kolom dalam simbol dengan alfabet A – Z dan kombinasinya. Setelah kolom Z kita cari kolom AA, AB sampai AZ, kemudian kolom BA, BB sampai BZ dan seterusnya sampai kolom terakhir adalah XFD (total 16.384 kolom).

5. Cell

Cell adalah perpotongan antara kolom dan baris. Sel diberi nama berdasarkan posisi kolom dan baris tempat sel aktif berada. Contoh. Cell A1 menunjukkan perpotongan kolom A dan baris 1. Sel yang sedang aktif disorot dengan garis tebal di sekitar sel dan nama sel muncul di kotak nama.

Untuk kolom pada program aplikasi Microsoft Office Excel dinotasikan dengan Huruf. Untuk baris dengan Angka.

6. Range

Range adalah kumpulan sel yang berdekatan. Misalnya, sekelompok sel yang digabungkan dari A1 hingga E11, dilambangkan dengan (A1:E11)

7. Worksheet(s)

Worksheets tersebut adalah lembar kerja atau ruang kerja Ibu. Di Excel, ada 3 lembar dalam buku kerja secara default, tetapi lembar ini dapat ditambahkan hingga mencapai 250 lembar.

Tentang program aplikasi Microsoft Office Excel yang terakhir.

8. Workbook

Work Books Excel adalah kumpulan dari satu atau lebih (hingga 255) lembar kerja atau lembar kerja yang disimpan dalam satu file.

  1. Buat workbook baru dengan mengklik ikon Baru pada Tombol Office atau dengan menekan Ctrl + N pada keyboard Anda.
  2. Simpan workbook menggunakan icon Save atau Ctrl+S. (Prosesnya sama seperti menyimpan dokumen di Ms. Word).
  3. Buka workbook yang telah disimpan sebelumnya menggunakan icon Open atau Ctrl+O. (Prosesnya sama seperti membuka dokumen di Ms. Word).
  4. Tutup buku kerja. (Prosesnya sama seperti menutup dokumen di Ms. Word)
  5. Memformat Sel
  6. Cell pointer berfungsi sebagai penunjuk sel yang aktif, yang dimaksud dengan sel aktif adalah tempat dimana akan dilakukan suatu operasi. Untuk memindahkan pointer dengan mouse, klik pada sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak terlihat, kita dapat menggunakan scroll bar untuk menggulir layar hingga sel yang Anda cari tidak terlihat lalu klik sel tersebut. Untuk keadaan tertentu lebih baik menggunakan keyboard.

Kesimpulan Tentang Program Aplikasi Microsoft Office Excel

Kolom pada program aplikasi Microsoft Office Excel dinotasikan dengan Huruf sedangkan pada baris dituliskan dengan angka.

  • Bagikan