Cara Check In Hotel Secara Langsung

  • Bagikan
Cara Check In Hotel Secara Langsung
Cara Check In Hotel Secara Langsung. Sumber Gambar: Pinterest.com

Cara Check In hotel secara langsung lengkap untuk pemula. Tentunya bagi yang sudah familiar dengan hotel, check in dan out tidak akan lagi membingungkan. Meskipun sekarang memungkinkan untuk membuat reservasi hotel secara online. Namun, hal yang kelihatannya sepele ini bagi sebagian orang yang tidak familiar dengan hotel akan terasa sangat membingungkan. Belum jelas bagaimana cara check in atau out. Cara check in langsung di hotel juga terasa sangat rumit. Padahal check in langsung dengan pihak hotel cukup mudah dan tidak ribet.

Cara Check In hotel secara langsung

Tentu saja, hal pertama yang harus kita lakukan sebelum check in ke hotel adalah memilih hotel yang tepat untuk Anda. Setiap orang tentu memiliki kepentingan masing-masing ketika memutuskan untuk pergi ke sebuah hotel. Setelah Anda menemukan hotel dan bertekad untuk menginap sebentar, langkah selanjutnya adalah memahami langkah-langkah check-in, khususnya di hotel-hotel di Indonesia.

Langkah – lanhgkah cara Check In hotel secara langsung

1. Pergi ke resepsionis

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika berencana untuk check-in di hotel adalah pergi ke meja depan, yang biasanya terletak di lobi hotel. Staff akan hadir disini yang secara khusus akan membantu para tamu hotel dalam menunjukkan tipe atau tipe kamar yang tersedia, pembayaran dan penyerahan kunci kamar.

Resepsionis juga akan menjelaskan prosedur atau layanan yang tersedia untuk setiap tipe kamar. Biasanya setiap kamar memiliki keistimewaan tersendiri. Tamu hotel bisa langsung menentukan di lokasi tipe kamar yang akan Anda ambil.

2. Isi formulir

Setelah tamu hotel yakin dengan pilihan kamar yang tersedia di hotel pilihannya, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir yang telah pihak hotel siapkan. Formulir ini biasanya berisi pertanyaan tentang informasi pribadi, jumlah tamu yang menginap di sebuah kamar, jenis kamar yang Anda pilih dan persetujuan pembayaran untuk kamar hotel yang Anda pilih hingga pembayaran dilakukan.

Formulir yang telah Anda isi ini selanjutnya akan Anda gunakan oleh pihak hotel sebagai daftar tamu yang datang mengunjungi kami, lengkap dengan waktu kedatangan dan keberangkatan tamu, serta data diri tamu yang bersangkutan. Bagi tamu, formulir konfirmasi pembayaran hotel adalah bukti check-in dan mendapatkan hak istimewa berdasarkan tipe kamar yang Anda pilih.

3. Tamu yang telah melakukan reservasi

Bagi tamu yang telah melakukan reservasi terlebih dahulu, melalui aplikasi atau melalui telepon, cukup mencantumkan nama dan reservasi yang Anda lakukan saat tampil di resepsi. Jika tidak, tamu hotel harus memastikan tipe kamar yang tersedia saat itu.

Bagi tamu yang telah melakukan reservasi, harap mengisi formulir yang disediakan oleh pihak hotel dengan lengkap dan lengkap. Dan setelah itu pihak hotel akan meminta anda untuk menunjukkan KTP asli sebagai jaminan pihak hotel.

4. Pembayaran kamar

Jika penentuan ruangan sudah dilakukan dan sudah pasti, formulir juga sudah Anda isi dan identitas Anda serahkan. Tamu hotel hanya perlu membayar kamar. Biasanya di hotel-hotel di Indonesia, tamu hotel dapat membayar semua tagihan selama menginap pada saat check-out. Tapi itu tergantung tamunya sendiri, apakah memang mau bayar di muka dan langsung bayar kembali, malah pihak hotel tidak melarang, bahkan ada yang menerapkan aturan bayar lunas di awal. Pembayaran ini dapat Anda negosiasikan atau Anda bicarakan antara tamu hotel dan pihak hotel itu sendiri. Ini adalah titik pertemuan dengan resepsionis hotel.

5. Masuk ke kamar

Tamu hotel yang telah menyelesaikan semua administrasi di resepsionis dapat langsung masuk dan menggunakan kamar hotel yang Anda pilih. Biasanya ada hotel yang membiarkan tamunya menemukan kamar hotelnya dengan mencari nomor kamar berdasarkan kunci. Namun, banyak juga yang menawarkan layanan penuh, mengantarkan dan mengangkut barang-barang tamu hotel ke kamar hotel mereka.

Dari sini, tamu hotel bebas menggunakan kamar hotel sesuka hati. Namun mereka tetap harus mematuhi aturan hotel. Aturan di setiap hotel tentu saja berbeda. Secara umum sebagai tamu hotel harus dapat menjaga ketenangan hotel, menjaga kebersihan kamar yang Anda gunakan dan tidak merusak fasilitas hotel.

6. Buka pintu hotel dengan kartu

Jika Anda berhasil memasuki kamar hotel yang Anda pilih, ada masalah lain yang terkadang membingungkan tamu hotel, terutama yang tidak terlalu tertarik dengan kemajuan teknologi. Perlu Anda catat bahwa banyak hotel di Indonesia saat ini menggunakan kunci kartu bukan kunci biasa. Tentunya bagi tamu hotel yang baru mengenal barang-barang tersebut akan bingung jika mendapatkan kartu dari resepsionis saat memasuki kamar hotelnya. Menggunakan slot kartu sendiri sangat sederhana, seperti:

Siapkan gembok saat akan menuju kamar hotel yang akan Anda gunakan.

Jika berada di depan pintu ruangan yang Anda pilih, carilah kotak sensor yang biasanya terletak di bagian bawah pintu.

Sentuh atau rekatkan kunci ke kotak sensor hingga Anda mendengar bunyi bip atau lampu hijau yang menunjukkan pintu kamar tidur terbuka.

Pintu dapat Anda buka dan tamu dapat memasuki kamar hotel.

Setelah masuk kamar, kondisi listrik harus masih dalam keadaan mati seperti gembok harus Anda tempatkan di kotak sensor yang biasanya terletak di pintu kamar hotel.

Pastikan Anda memasang cardlock dengan benar pada kotak sensor dan membiarkannya di dalam kotak selama Anda ingin menyalakan listrik di dalam ruangan. Ketika Anda meninggalkan ruangan, kartu harus  Anda ambil dan Anda gunakan untuk membuka pintu setelah menyelesaikan urusan luar.

Pada dasarnya kunci ini Anda gunakan untuk membuka pintu dari luar dan menyalakan listrik kamar selama tamu hotel berada di dalam kamar. Hal ini tentunya lebih hemat energi bagi pihak hotel dan juga memudahkan para tamu untuk menyimpan kunci atau gembok saat meninggalkan kamar hotel. Bagi yang sudah terbiasa keluar masuk hotel, ini bukan hal baru.

Kesimpulan cara Check In hotel secara langsung

Nah, itu cukup lugas dan sederhana, tidak seperti check in langsung di hotel. Ada banyak dan beragam hotel di Indonesia, ada yang berbintang, ada juga yang cocok untuk backpacker. Namun, cara check in di hotel mana pun sama dengan prosedur. Self check-in juga sama dengan easy check-in. Kembalikan kunci atau gembok kamar hotel ke resepsionis, lalu bayar pembayaran jika belum sebelum menggunakan kamar hotel, pastikan tidak ada barang lagi di kamar hotel, lalu tamu hotel bisa keluar atau check out. Tertarik untuk menginap di hotel di Indonesia?

  • Bagikan