Check In Hotel Adalah

  • Bagikan
Check In Hotel Adalah
Check In Hotel Adalah. Sumber: all.accor.com

Pengertian check in hotel adalah dan bagaimana melakukannya. Pengertian check in hotel biasa dikenal antara lain sebagai berikut.

  • Kedatangan tamu.
  • Kegiatan tamu untuk menginap di hotel.
  • Kedatangan dan pengambilan kunci adalah yang pertama.
  • Pertama kali tamu memasuki hotel.

Check In Hotel Adalah

Wisatawan sering menginap di hotel, Selain itu banyak orang-orang yang sedang dalam perjalanan bisnis ke luar kota juga melakukannya. Tetapi, bagi sebagian orang yang belum terbiasa atau bahkan belum pernah menginap di hotel tentu akan sangat membingungkan.

Prosedur Check In Hotel Adalah

Nah, jika Anda ingin pergi berlibur atau dalam perjalanan bisnis resmi yang mengharuskan Kemudian  Anda menginap di hotel, tetapi Anda tidak memiliki pengalaman untuk itu, jangan khawatir. Karena kami saat ini sedang membahas tentang cara check in dan out di hotel yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini agar tidak bingung.

1. Mencari informasi

Langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin menginap di hotel untuk pertama kalinya adalah mencari informasi tentang hotel di daerah tempat Anda menginap. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan kecanggihan internet dengan mencari informasi hotel melalui mesin pencari Google, agen perjalanan online (OTA). Atau dengan langsung mendatangi hotel resmi tempat Anda ingin menginap.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih hotel untuk menginap. Mulai dari akses ke lokasi hotel, hingga harga yang mereka tawarkan. Selain itu huga layanan yang Anda mungkin Anda peroleh dengan menginap di hotel. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan Anda saat beristirahat dan memaksimalkan waktu yang Anda miliki selama liburan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

2. Lokasi hotel

Sesuaikan lokasi hotel dengan tujuan Anda menginap. Hal ini diperlukan untuk menggunakan waktu yang Anda miliki secara efisien. Pilih hotel yang mudah dijangkau dan didukung oleh transportasi yang memadai.

Meskipun beberapa hotel juga bermitra dengan biro perjalanan untuk menyediakan layanan transportasi, tetapi Anda juga harus memperhatikan anggaran agar liburan Anda tidak habis karena masalah transportasi.

3. Harga

Setiap hotel menawarkan harga berdasarkan fasilitas atau penilaian hotel berdasarkan kualitas yang dimilikinya. Anda dapat mulai membandingkan harga di berbagai platform, mulai dari Google, situs web resmi hotel, atau agen perjalanan online.

Beberapa hotel juga biasanya menawarkan diskon khusus untuk waktu-waktu tertentu. Jadi Anda juga harus berhati-hati saat membandingkan harga dari satu hotel ke hotel lainnya.

Menginap di hotel dengan segala fasilitasnya tentu akan membuat liburan Anda jauh lebih menyenangkan. Meskipun Anda dapat menemukan informasi ini dalam deskripsi yang dijelaskan oleh berbagai platform, tetapi jika informasi yang diberikan tidak cukup, Anda juga dapat menghubungi hotel secara langsung untuk menanyakan tentang layanan lain yang ditawarkan oleh hotel, seperti sarapan, tempat tidur tambahan, gym, kolam renang atau mungkin konstruksi lain yang ingin Anda ketahui.

Cara Check In Hotel Adalah

Setelah mencatat informasi lengkap tentang hotel tempat Anda menginap, Anda bisa langsung melakukan reservasi hotel. Ada beberapa cara untuk memesan kamar hotel, yaitu:

1. Pesan langsung di hotel

Anda dapat menghubungi pihak hotel terlebih dahulu untuk memesan kamar yang diinginkan. Kemudian Anda dapat memberikan informasi lengkap tentang jumlah kamar yang Anda butuhkan, waktu kedatangan Anda dan berapa lama Anda akan tinggal di sana.

Selain itu Anda bisa melakukan pembayaran sendiri saat berada di hotel. Hotel ini juga memiliki aturan mengenai masalah check-in. Jadi pastikan Anda datang sesuai dengan jadwal yang telah Anda sepakati dengan pihak hotel.

2. Pesan melalui agen perjalanan online

Tidak hanya bisa langsung telepon ke hotel, tapi juga bisa booking via OTA. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk atau langkah-langkah yang ditunjukkan oleh OTA. Setelah mengisi informasi yang diminta, Anda akan menerima kode pemesanan dan jumlah yang harus dibayar.

Biasanya ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran, terutama melalui transfer bank, kartu kredit atau metode pembayaran lainnya. Anda juga akan mendapat waktu tertentu untuk membayar.

Setelah batas waktu yang ditentukan telah berakhir, reservasi yang dilakukan akan dibatalkan secara otomatis. Setelah melakukan pembayaran, OTA biasanya mengirimkan email sebagai bukti pesanan yang Anda lakukan.

3. Pesan kamar secara online

Anda juga dapat memesan langsung secara online melalui situs resmi hotel. Anda hanya perlu mengisi data pribadi Anda. Setelah proses pemesanan kamar selesai, Anda akan menerima email konfirmasi dari hotel. Harap simpan bukti pesan tersebut karena Anda akan membutuhkannya saat check-in di hotel.

Prosedur Selanjutnya untuk Check In Hotel Adalah

Setelah Anda memesan kamar hotel Anda, Anda dapat langsung check in dengan menyebutkan nama Anda dan memberikan identitas Anda saat memesan hotel Anda. Jika Anda memesan melalui OTA atau online, Anda hanya perlu menunjukkan bukti pesanan yang mereka kirimkan ke email Anda.

Hotel kemudian akan meminta kartu identitas. Jika Anda menginap di hotel di luar negeri, Anda hanya perlu menunjukkan paspor sebagai pengganti KTP atau KTP yang Anda gunakan sebagai bukti identitas.

Setelah pihak hotel melakukan validasi terhadap data yang Anda berikan, maka pihak hotel juga akan memberikan kartu yang berfungsi sebagai kunci untuk mengakses kamar hotel.

Setelah check-in Anda, RB akan mengantar Anda dari hotel menuju kamar yang Anda pesan. Anda juga akan mendapatkan kartu akses hotel yang berfungsi sebagai kunci untuk mengakses pintu kamar Anda atau menggunakan fasilitas hotel tertentu seperti lift.

  • Cara membuka kunci kamar hotel

Anda bisa menggunakan kunci berupa kartu untuk membuka dan menutup kamar, dan juga untuk mengaktifkan aliran listrik di kamar hotel. Yang harus Anda lakukan adalah menyeka atau menggeser kertas setelah memasukkan dudukan dinding di pintu.

Namun, ada beberapa hotel yang tidak menerapkan hal tersebut. Jika Anda tidak membutuhkan kunci untuk mengaktifkan listrik di hotel tempat Anda menginap, jangan lupa untuk menyimpan kunci di tempat yang aman, oke?

Ruang pelayanan

Pihak hotel membersikan dan mengganti  handuk baru untuk setiap kamar. Selain itu setiap kamar juga memiliki kamar mandi. Anda juga memiliki layanan hiburan seperti televisi dengan berbagai saluran pilihan Anda, AC yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda, telepon untuk menghubungi resepsionis jika ada masalah atau untuk memesan sesuatu.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan minibar dengan berbagai minuman atau makanan yang pihak hotel telah menyediakannya. Biasanya pembayaran makanan atau minuman di minibar akan perlu Anda bayar pada saat check-out atau saat memasuki kamar.

Satu hal lagi, Anda juga dapat memanfaatkan walk-in closet dan layanan laundry hotel. Anda hanya perlu menyimpan cucian kotor Anda di tempat yang pihak hotel telah menyediakannya. Biaya mencuci sendiri sudah termasuk dalam tarif kamar.

Bagaimana cara memeriksa hotel?

Setelah masa inap Anda habis, Anda hanya perlu check out dengan mendatangi resepsionis dan menyerahkan kartu akses hotel yang Anda bawa. Sebelum check out, silahkan mempersiapkan beberapa hal ter;ebih dahulu.

  • Lihat persiapannya

Sebelum Anda check out dari hotel, pastikan semua tas Anda tidak tertinggal ya? Kemudian letakkan handuk bekas di lantai agar staf hotel dapat mengambilnya dengan mudah.

Juga mencoba untuk melepas sarung bantal dan tempat tidur. Gulung keduanya bersama-sama dengan selimut. Hal ini perlu kita lakukan agar petugas dapat dengan mudah membawa sprei, sarung bantal dan selimut di wastafel.

Pihak hotel biasanya mengizinkan pengunjung untuk membawa barang-barang tertentu, seperti sabun, sandal, sampo, pasta gigi, kapas, dan barang-barang berukuran travel kit lainnya.

Hotel mentediakan item ini untuk promosi. Jadi Anda juga bisa membawanya pulang. Anta tidak boleh membawa apapun ke luar. Karena jika Anda melakukannya, Anda akan ada biaya.

Oh ya, jangan asal memastikan tidak ada yang tertinggal, tapi pastikan peralatan makannya ada di tempatnya ya? Juga jangan lupa untuk memberi tahu staf hotel.

  • Jam tangan

Sebelum check out di resepsionis, Anda harus melepas kunci atau kartu daya terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan kunci biasa, Anda dapat segera meninggalkan ruangan.

Hotel ini memiliki kebijakan check-out hingga pukul 12:00. Selama Anda tidak melebihi waktu tersebut, Anda tidak akan ada biaya tambahan, namun jika Anda terlambat check-out, mungkin mereka akan memberikan biaya tambahan. Silakan bertanya kepada hotel tempat Anda menginap untuk mengetahui batas waktu check out.

Jika Anda ingin memesan terlebih dahulu, silakan menghubungi resepsionis. Jika hotel memiliki kamar kosong, biasanya memperbolehkan Anda menginap di hotel lagi, tetapi jika tidak ada kamar kosong, pihak hotel akan memberi tahu Anda.

Saat checkout, makanan dan minuman yang Anda pesan di luar fasilitas yang Anda terima dari hotel biasanya akan ada biaya.

Kesimpulannya, Check In Hotel Adalah Mudah!

Nah, itulah  cara check in dan out di hotel yang harus Anda ketahui. Mudah, bukan? Semoga informasi di atas dapat menghilangkan kebingungan Anda saat ingin menginap di hotel.

  • Bagikan