Cara Mengobati Hilang Indra Penciuman

  • Bagikan
Cara Mengobati Hilang Indra Penciuman
Cara Mengobati Hilang Indra Penciuman. Sumber: Pinterest.com

Bagaimana cara mengobati hilang indra penciuman karena Anosmia secara alami tanpa obat? Cara alami untuk mengembalikan hilangnya penciuman karena anosmia. Anosmia atau kehilangan penciuman merupakan kondisi yang biasa dialami seseorang, salah satunya adalah gejala terpapar virus yang terkenal itu.

Dalam beberapa keadaan, seseorang yang menderita anosmia tidak hanya merasa hidung tidak bisa mencium, tetapi beberapa juga mengalami kehilangan indera perasa di lidah, yang mengurangi nafsu makan.

Penyebab hilangnya penciuman atau anosmia adalah karena pembengkakan atau sumbatan pada hidung yang mencegah bau tidak masuk ke dalam hidung.

Pilek merupakan penyebab paling umum yang sering dialami orang ketika mengalami kehilangan penciuman di hidung, namun pada kondisi ini, anosmia cepat hilang dengan sendirinya.

Cara mengobati hilang indra penciuman

Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa penyebab utama anosmia:

  • Iritasi pada selaput lendir hidung, seperti sinusitis, merokok, alergi.
  • Tersumbatnya saluran hidung, seperti adanya tumor, polip, atau kelainan tulang di hidung.
  • usia tua
  • penyakit alzheimer
  • tumor otak
  • Masalah hormonal
  • tiroid hipoaktif
  • Skizofrenia
  • Epilepsi
  • diabetes
  • Cedera pada otak atau kepala

Anosmia tidak selalu permanen, ada juga beberapa kondisi yang bersifat sementara dan juga bisa sembuh secara bertahap.

Cara mengobati hilang indra penciuman di rumah

Berikut adalah enam cara mengobati hilang indra penciuman. Anda bisa mengerjakan dirumah untuk mengembalikan indra penciuman Anda!

Sangat umum bagi pasien yang terkena flu mengalami anosmia atau kehilangan rasa dan penciuman. Meskipun butuh waktu lama untuk kembali normal, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Dilansir dari Healthshots, berikutadalah tujuh cara  pengobatan rumahan untuk mengembalikan indra penciuman Anda!

1. Minyak hangat

Minyak hangat bermanfaat untuk mengobati masalah dengan indera penciuman. Menurut pakar Ayuverda Dr. Ankita Gupta, Anda bisa melakukan cara ini dengan meneteskan minyak ke dalam lubang hidung. “Anda bisa melakukannya dua kali sehari untuk hasil terbaik,” katanya.

2. Bawang putih

Terkenal dengan aromanya yang menyengat, bawang putih konon bisa menjadi obat untuk menyembuhkan indera penciuman. Caranya yaitu dengan menyiapkan dua hingga tiga potong bawang putih lalu mencincangnya dalam air.

Silahkan merebus bahan-bahan tersebut sampai matang dan biarkan dingin lalu lalu silahkan meminumnya. Kita mengharapkan  kandungan sifat anti inflamasi pada senyawa bawang putih dapat membantu menyembuhkan hidung tersumbat.

3. Lemon

Anda juga dapat membuat obat alami ini dengan menambahkan lemon dan madu ke dalam cangkir. Kemudian Anda bisa meminum ramuan tersebut agar menyembuhkan indra penciuman yang hilang. Ini karena Aroma lemon konon memiliki bau yang sangat menyengat, karena itu Aroma lemon sangat ampuh untuk mengobati anosmia.

4. Jahe

Jahe dapat meningkatkan indera penciuman kembali. “Silahkan Ambil sepotong jahe, Anda bisa mengunyahnya perlahan. Tetapi jika tidak bisa, campurkan dengan teh jahe. Sebaiknya lakukan setiap hari karena aromanya sangat kuat supaya meningkatkan indra penciuman dan perasa Anda,” kata dr. Ankita Gupta.

5. Daun pepermint

Jadi, Anda bisa mencoba daun peppermint di rumah. Yang pertama silahkan ambil sepuluh lembar daun peppermint, rebus dengan air dan selanjutnya larutkan hingga dingin. Kemudian tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih enak. Selain itu, para Ahli mengatakan bahwa sifat anti-inflamasi dan antimikroba ini dapat mengobati hilangnya penciuman.

6. Uap air

Minum air putih dapat membantu menjaga tubuh supya tetap terhidrasi dan mengatasi masalah bau badan. Menggunakan uap panas, air dapat menyembuhkan hidung tersumbat.

7. Garam

Jika Anda kehilangan indra penciuman oleh karena alergi dan hidung Anda tersumbat, Mencuci dengan air garam dapat membantu untuk mengatasinya. Ini adalah metode yang bisa menghilangkan alergen dan lendir dari rongga hidung. Karena itu, silahkan membeli saline steril yang sudah jadi atau membuatnya sendiri

  1. Ambil 1 cangkir air suling atau air keran yang suda Anda rebus ke dalam wadah setelah membersihkannya.
  2. Tambahkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh soda kue ke dalam air.
  3. Isi botol pemeras atau alat suntik medis dengan campuran tersebut.
  4. Miringkan kepala ke belakang.
  5. Suntikkan larutan ke dalam satu lubang hidung, targetkan bagian belakang kepala, bukan bagian atas kepala.
  6. Biarkan air mengalir keluar dari lubang hidung atau mulut lainnya.
  7. Ulangi beberapa kali sehari.
  8. Berhati-hatilah agar air tidak masuk ke tenggorokan.

Kesimpulan cara mengobati hilang indra penciuman secara alami

Inilah beberapa penyebab hilangnya penciuman dan cara mengatasi anosmia atau hidung yang tidak bisa mencium bau aroma. Jika penyebabnya ringan, maka kondisi ini ternyata tidak terlalu mengkhawatirkan. Anda bisa mengobatinya di rumah.

  • Bagikan