Cara Reboot HP Xiaomi

  • Bagikan
Cara Reboot HP Xiaomi
Cara Reboot HP Xiaomi. Sumber: Google.com

Cara reboot HP Xiaomi dan restart agar tidak lambat lagi. Xiaomi, salah satu produsen smartphone asal China, mendominasi pasar Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki smartphone ini, Anda perlu tahu cara me-reboot ponsel Xiaomi. Pasalnya, tidak jarang smartphone yang sudah lama digunakan mengalami masalah kelambatan.

Performa ponsel yang lambat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk bekerja. Bukan hanya chat atau vcall saja yang lemot, jika membuka aplikasi tertentu ponsel akan bekerja keras dan menjadi lemot.

Cara reboot HP Xiaomi

Ada dua cara alternatif untuk melakukan ini. Yang pertama adalah reboot atau restart dan jika tidak ada perubahan maka Anda dapat menggunakan metode pemulihan.

Kedua jenis proses dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke layanan pelanggan Xiaomi. Mengetahui bagaimana melakukannya sendiri akan menghemat waktu Anda memperbaiki telepon Anda.

Cara termudah untuk me – reset HP Xiaomi

Istilah reboot berbeda dari restart jadi jangan salah paham dan itu benar-benar membuat perbedaan. Reboot itu sendiri berarti memulai dari awal dalam sistem. Selama reboot, itu hanya sistem boot.

Khusus untuk semua jenis hp Xiaomi, cara restartnya hampir sama. Bahkan ketika Anda membuka halaman utama ponsel Anda tidak akan menemukan menu ini.

Anda bahkan tidak akan menemukannya di menu pengaturan ponsel Anda.

Nah, tujuan dari reboot ini adalah untuk memperbaiki error pada feature phone. Selain itu, memori juga dibersihkan agar RAM menjadi kosong. Tetapi perlu dicatat bahwa yang dibersihkan adalah cache, tetapi bukan file di smartphone.

Oleh karena itu, proses reboot cukup aman tanpa harus membuat backup. Untuk cara mudah me-reboot hp Xiaomi bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Tekan dan tahan tombol daya pada ponsel Anda selama beberapa detik.
  • Tunggu hingga perubahan muncul di layar dan Anda akan melihat beberapa opsi menu. Anda dapat mengklik menu restart atau restart.
  • Biarkan ponsel reboot dan restart.

Pada beberapa tipe Xiaomi, setelah reboot, perlu memasukkan kata sandi untuk mengakses sistem ponsel. Namun ada juga yang bisa langsung terhubung ke sistem.

Setelah dinyalakan kembali berarti proses restart sudah selesai dan kinerja ponsel akan naik. Anda dapat mencoba membuka beberapa aplikasi yang sulit digunakan.

Jika ternyata masih ada masalah atau sistem tidak mau bekerja, berarti Anda harus mencoba cara lain, yaitu reboot.

Berbagai cara untuk me – reboot HP Xiaomi

Reset berarti mengembalikan pengaturan sistem ke default pabrik. Kemudian semua sistem akan reboot seperti pada pengaturan pabrik atau awalnya. Ada perbedaan yang sangat besar di sini.

Ketika Anda melakukan reset, itu berarti banyak data yang akan terhapus. Kita melakukan reset biasanya hanya kita lakukan untuk ponsel bekas. Sehingga tidak meninggalkan data data pemilik sebelumnya dan dapat menggunakan HP orang lain lebih mudah.

Cara reboot dan reboot ponsel Xiaomi berbeda. Ada dua cara untuk reboot yaitu hard reset dan factory reset. Keduanya tidak hanya me-reboot ponsel tetapi mereka juga harus masuk ke sistem atau pengaturan.

Hal yang perlu Anda ingat saat melakukan reboot adalah menyiapkan baterai ponsel setelah di charge. Karena proses pemulihan sedikit lebih lama, itu akan memakan waktu lebih lama.

Sebaiknya siapkan charger agar proses reset bekerja dengan sempurna.

Langkah-langkah untuk me-restart Hp Xiaomi melalui tombol power

Cara reboot HP Xiaomi pertama ini termasuk dalam hard reset dan mirip dengan reboot, Anda hanya perlu menekan tombol power di ponsel Anda.

Perhatikan bahwa karena Anda tidak menggunakan layar sentuh, Anda harus memutar tombol volume atas untuk memperbesar dan tombol volume bawah untuk menurunkan. Cara restart hp xiaomi lengkap adalah sebagai berikut :

  1. Tekan tombol daya dan naikkan volume

Langkah pertama adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan. Caranya dengan menekan selama beberapa detik hingga layar ponsel berubah. Anda akan melihat tampilan logo Xiaomi menyala.

  1. Pilih menu untuk menghapus data

Kemudian Anda akan melihat menu mode pemulihan di layar. Tersedia beberapa pilihan menu dan Anda harus menekan Clear Data.

Namun untuk memilih menu ini, Anda harus menekan tombol volume atas atau bawah dan akan mengarahkan ke menu tersebut. Tidak dapat memilih menu dengan menekan layar ponsel.

Jika pilihan jatuh pada menghapus data untuk memilihnya, cukup tekan tombol power.

  1. Pilih Hapus Semua Data

Langkah masih berlanjut ke konfirmasi untuk menghapus semua data. Setelah langkah kedua, Anda akan menerima konfirmasi dan membatalkan tampilan menu.

Tekan lagi tombol volume atas atau bawah untuk memilih menu konfirmasi. Cukup tekan tombol daya untuk melanjutkan. Selebihnya tinggal menunggu proses.

  1. Kembali ke Menu Mode Pemulihan

Kita membersihkan datanya dan langkah selanjutnya adalah proses pemulihan. Anda harus kembali ke menu utama dengan memilih kembali ke menu utama.

Caranya selalu sama yaitu tekan ok dengan tombol power. Sedangkan untuk menjalankan opsi, gunakan tombol volume atas dan bawah.

  1. Proses Pemulihan Ponsel Xiaomi

Pada langkah selanjutnya, Anda akan melihat beberapa opsi menu reboot dan melanjutkan untuk mem-boot ulang menu sistem.

Setelah melakukan langkah ini, ponsel akan memasuki proses restart otomatis.

Tunggu saja ponsel menyala dan kembali ke tampilan pabrik. Jika menyimpan data sebelumnya juga akan hilang.

Langkah Reset Hp Xiaomi Menggunakan Menu Setting

Kita bisa mencoba merestart hp xiaomi dengan masuk ke menu setting atau di setting. Semua ponsel Xiaomi hadir dengan pengaturan reboot untuk dipilih.

Bagi Anda yang lebih menyukai cara ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama masuk ke menu pengaturan

Anda harus memilih menu setting terlebih dahulu, tentunya sudah tahu tempatnya. Setelah itu, pada halaman yang muncul, Anda bisa mengklik menu About phone.

Kemudian pilih menu Backup and Restore untuk memulai proses.

  1. Hapus semua data

Kemudian pilih menu Hapus semua data atau Kembalikan pengaturan pabrik.

  1. Mulai proses reboot

Selebihnya Anda hanya perlu memilih kembali menu recovery ponsel di bagian bawah.

Sampai langkah ketiga ini, Anda perlu mengkonfirmasi kata sandi dan ID Anda. Baru setelah itu ponsel akan memasuki fase reboot. Tunggu saja sampai selesai.

Kesimpulan

Pada prinsipnya, proses atau cara reboot HP Xiaomi ini juga tersedia di semua merek smartphone. Hanya saja pilihan menu atau nama menunya sedikit berbeda.

Untuk mempersiapkan agar tidak ada data yang hilang, sebaiknya simpan juga data penting Anda di perangkat lain.

Anda dapat memanfaatkan GDrive, yang menawarkan penyimpanan online yang nyaman. Baru setelah itu Anda dapat dengan mudah mulai mengikuti cara reboot ponsel Xiaomi di atas.

Pemilik ponsel merek lain juga dapat melakukan langkah yang sama jika ponselnya lambat.

  • Bagikan