No Telepon Gangguan PLN

  • Bagikan
No Telepon Gangguan PLN
No Telepon Gangguan PLN. Sumber: Google.com

Berapa No telepon gangguan PLN yang aktif 24 jam? Padamnya listrik merupakan hal yang lumrah bagi semua konsumen listrik, sehingga seringkali mereka mengadu ke PLN. Jenis gangguan yang dialami juga beragam misalnya pemadaman listrik.

No telepon gangguan PLN

Jika tiba-tiba listrik padam di rumah, jangan panik dulu. Saat ini, mengakses Pengaduan PLN menjadi lebih mudah dan dapat sesuai dengan waktu gangguan dirumah Anda. PLN juga sangat cepat menanggapi keluhan yang Anda kirimkan.

Bahkan, kini ada beberapa metode untuk melaporkan gangguan listrik kepada PLN.

Cara lapor No telepon gangguan PLN 24 Jam

Nah, jika Anda perlu mengajukan keluhan ke PLN, berikut beberapa opsi yang bisa Anda coba. Yuk, lihat di bawah ini!

1. Melalui telepon

Cara pertama untuk menyampaikan pengaduan ke PLN adalah melalui sambungan telepon.

Metodenya sangat sederhana. Anda hanya perlu menelepon PLN di 123 jika menggunakan telepon. Jika Anda menggunakan ponsel, gunakan kode area rumah Anda.

Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, hubungi (021) 123 untuk menyambung ke PLN. Namun, sambungan telepon ini menggunakan pulsa atau dikenakan biaya.

2. Melalui media sosial

Kedua, Anda dapat mencoba menghubungi PLN melalui akun media sosial mereka. PLN sangat aktif dalam mengelola akun media sosialnya, sehingga keluhan Anda dapat dengan cepat ditanggapi.

Anda bisa memilih salah satu akun media sosial PLN berikut untuk dihubungi berdasarkan akun media sosial yang Anda miliki:

  • Twitter: @pln_123
  • Facebook: PLN 123
  • Instagram: @pln123_official
  • Email: pln123@pln.co.id

3. Melalui aplikasi PLN Mobile

Terakhir, Anda dapat mengajukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile.

PLN meluncurkan aplikasi ini agar memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan PLN hanya melalui smartphone Anda. Misalnya saja tentang penambahan listrik, pembelian token dan juga pengajuan pengaduan gangguan listrik.

Mengutip dari akun Instagram Contact Center PLN di @pln123_official, berikut langkah-langkah pengajuan pengaduan aplikasi PLN Mobile:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile ke ponsel Anda dari Google Playstore dan App Store.
  • Buka aplikasi, lalu klik menu Complaints pada halaman awal aplikasi.
  • Pilih jenis keluhan yang ingin Anda ajukan.

Di tempat yang ada, masukkan ID pelanggan yang ingin Anda adukan. Anda juga dapat memasukkan nomor pelanggan atau nomor meteran yang berbeda.

  • Jika Anda tidak mengetahui nomor pelanggan, cukup menunjukkan lokasi melalui peta yang tersedia.
  • Tentukan lokasi penyimpanan, lalu klik Konfirmasi.

Kapan waktu terbaik untuk membeli merek listrik?

Menurut informasi di halaman pembelian token listrik PLN di berbagai situs e-commerce,Anda tidak bisa membeli dan top up token listrik pada pukul 23:00-01:00 WIB. Hal ini terjadi setiap hari.

Artinya, PLN tidak bisa memproses segala bentuk pembelian dan isi ulang token listrik yang dalam jangka waktu tersebut. Mengapa begitu?

Pasalnya, server PLN sedang melakukan rekonsiliasi data atau maintenance sistem pada rentang pukul 23:00-01:00 WIB, sehingga semua transaksi bisa berlangsung. Jadi, proses transaksi hanya bisa terjadi setelah pukul 01:00 WIB.

Oleh karena itu, Anda harus berbelanja di luar pada pukul 23:00-01:00 WIB dan mengisi pulsa listrik Anda.

Bagaimana jika listrik padam di tengah malam?

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah token listrik yang habis di tengah malam?

Solusinya, cek token listrik Anda secara berkala. Ada beberapa cara cepat dan mudah untuk mengecek sisa merk listrik Anda, seperti melalui website, aplikasi, atau meteran rumah Anda.

Solusi lain: jika alarm token listrik berbunyi sekitar pukul 23:00, Anda harus segera mengisi ulang sebelum server PLN melakukan pemeliharaan sistem pada pukul 23:00. Lakukan pembelian melalui e-commerce atau m-banking untuk mempercepat proses pengisian token.

Kesimpulan tentang No telepon gangguan PLN

Nah, ini dia rasa informasi tentang waktu yang tepat untuk membeli token listrik dan solusi untuk menghindari kehabisan token dalam keadaan darurat.

Selalu periksa stempel listrik Anda secara berkala dan jangan ragu untuk membeli stempel listrik Anda saat alarm meteran berbunyi. Anda tidak ingin kehabisan koin listrik dalam keadaan darurat atau harus berdiri dalam kegelapan di malam hari, bukan?

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan klaim ke PLN. Suka, simpel dan praktis, kan? Yang harus Anda lakukan adalah memilih metode mana yang tepat untuk Anda dan kemudian mengajukan keluhan dengan sopan.

Dan, itulah penjelasan tentang No telepon gangguan PLN yang aktif 24 jam. Semoga bisa bermanfaat.

  • Bagikan