Jelaskan Pengertian Energi Alternatif

  • Bagikan
Jelaskan Pengertian Energi Alternatif
Jelaskan Pengertian Energi Alternatif. Sumber Gambar: Pixabay.Com

Jelaskan pengertian energi alternatif, kelebihan, kekurangan dan jenisnya. Energi alternatif adalah istilah yang mengacu pada energi apa pun yang dapat kita gunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional.

Oleh karena itu, energi alternatif biasanya kita gunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang menyebabkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi.

Jelaskan Pengertian Energi Alternatif

Secara historis, pergeseran menuju penggunaan sumber energi alternatif berdasarkan faktor ekonomi, kehadiran sumber energi baru bertujuan untuk menggantikan sumber energi lama yang semakin langka dan mahal, tidak ekonomis atau tidak dapat kita akses.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis sumber energi alternatif yang masih terus dikembangkan. Sumber energi utama di Indonesia berasal dari fosil seperti batu bara, minyak dan gas yang saat ini jumlahnya semakin terbatas.

Ada banyak jenis energi alternatif yang saat ini pegembangannya sedang berlangsung. Selain kemampuan untuk mengurangi penggunaan energi konvensional dan dampak kerusakan lingkungan, energi alternatif memiliki beberapa manfaat lain yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan energi alternatif, kelebihan dan jenisnya, seperti termuat di laman Guru Pendidikan dan Angola Energi, Senin (22/3/2021).

Keuntungan dan kerugian dari energi alternatif

Pada prinsipnya energi alternatif masih memiliki kekurangan disamping manfaat yang tidak merugikan lingkungan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan energi alternatif, antara lain:

Manfaat

  • Energi alternatif adalah energi terbarukan, di mana tidak ada kekurangan sumber energi
  • ekologis
  • Pasokan berlimpah
  • Menjadi sumber energi gratis
  • Mampu menggantikan penggunaan batubara, sebagai sumber energi utama yang dapat merusak lingkungan.

Kekurangan

  • Kurang efisien
  • Biaya pemasangan awal cukup tinggi
  • Energi alternatif kurang dapat kita andalkan karena berbasis alam.

Manfaat energi alternatif yang lain

Manfaat lain dari energi alternatif yang perlu kita ketahui:

  • Mampu menggantikan penggunaan batubara sebagai salah satu sumber energi yang dapat menyebabkan pemanasan global dengan energi biomassa.
  • Itu dapat mengubah bahan kimia menjadi listrik tanpa melalui pembakaran, yang dapat menghasilkan karbon dioksida atau emisi gas lainnya.
  • Ini dapat kita gunakan sebagai metanol, propana, gas alam, etanol, bensin atau hidrogen dalam gas terbarukan. Teknik perawatannya cukup sederhana.
  • Secara bersamaan dapat kita gunakan sebagai sumber hibrida yang jauh lebih efisien.
  • Energi matahari dapat kita ubah melalui panel surya, alat yang tugasnya menangkap energi panas, yang biasanya terpasang di atap rumah.
  • Putaran heliks energi angin akan menghasilkan energi listrik yang manusia butuhkan.

Sebenarnya, setiap jenis energi alternatif tentu memiliki manfaat sendiri sendiri

Jenis Energi Alternatif

  1. Energi biomassa

Biomassa adalah sumber energi yang berasal dari makhluk hidup, seperti limbah atau pembuangan kotoran manusia dan hewan. Hasil pengolahan berupa gas kita sebut sebagai biogas.

  1. Energi Matahari

Energi surya memuat daftar sumber energi alternatif yang dapat kita gunakan sebagai pengganti energi fosil. Sinar dan panas yang matahariĀ  pancarkan dapat kita gunakan sebagai sumber listrik.

Untuk menghasilkan energi tersebut, kita memerlukanĀ  panel dari elemen semikonduktor yang dapat menyimpan panas atau sering kita sebut dengan panel surya.

  1. Energi air

Energi air, atau disebut pembangkit listrik tenaga air, adalah sumber energi yang dihasilkan oleh tenaga air. Untuk menghasilkan energi ini, biasanya dibangun bendungan untuk menampung air.

Air di bendungan kemudian digabungkan dengan pipa air yang dialirkan ke turbin. Semakin banyak air mengalir ke turbin, semakin banyak energi yang dihasilkan.

  1. Energi angin

Berbagai jenis energi alternatif juga dapat kita peroleh dari energi angin. Energi angin dapat kita gunakan sebagai listrik setelah terhubung dengan generator.

Energi angin lebih ramah lingkungan daripada energi alternatif lain karena tidak menimbulkan limbah. Bentuk energi ini biasanya berupa hasil dari gerakan kincir angin.

  1. Energi Panas Bumi

Sama seperti energi matahari, energi panas bumi menggunakan panas dari bumi. Kondisi Indonesia yang memiliki banyak gunung dan pegunungan tentu menjadi keunggulan tersendiri.

Aktivitas vulkanik yang terjadi di pegunungan Indonesia sangat membantu dalam pengolahan energi panas bumi.

  1. Energi Gelombang

Energi gelombang hasil dari ombak saat air pasang. Penggunaannya tidak berbahaya bagi lingkungan, namun untuk memanfaatkan gelombang ini perlu anggaran yang cukup besar untuk membangun pembangkit tersebut.

Meskipun memiliki potensi yang tinggi, namun jenis energi ini memiliki kendala yaitu kecepatan gelombang yang tidak stabil yang dapat mempengaruhi proses produksi energi yang terjadi.

Tidak hanya itu, untuk menghasilkan energi tersebut juga membutuhkan anggaran yang besar.

  • Bagikan