Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca

  • Bagikan
Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca
Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca. Sumber Gambar: Google.Com

Alasan kenapa kartu sd tidak terbaca di HP. Mengapa dan bagaimana memperbaiki Kartu SD yang gagal terbaca [100% Sukses].  Kartu SD yang tidak terbaca sangat mengganggu. Jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara memperbaiki SD card yang tidak terbaca sehingga masalah Anda terpecahkan.

Kartu memori tersedia untuk smartphone dengan memiliki tipe, kecepatan, dan kapasitas yang berbeda-beda. Biasanya orang menggunakan memori card tambahan karena memori internal penuh.

Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca

Untuk menghemat ruang penyimpanan, maka kartu SD harus kita gunakan sebagai pengganti memori internal. Namun sebelum membahas cara mengatasi SD Card yang tidak terbaca, ada baiknya juga Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis SD Card sesuai dengan kapasitas dan kompatibilitasnya dengan smartphone yang Anda gunakan.

Jenis kartu SD

Jenis-jenis SD card terbagi menjadi 4 sebagai berikut.

SDSC  (Secure Digital Standard Capacity)

Tipe ini hanya tersedia dengan kapasitas 2GB, smartphone lawas mungkin cocok dengan tipe ini. Namun sekarang sudah sangat jarang kita temukan.

SDHC (Secure Digital High Capacity)

Tipe ini tersedia mulai dari 4GB hingga 32GB, cocok untuk tipe smartphone baru saat ini.

SDXC (Secure Digital eXtended Capacity)

Tipe ini menawarkan, antara lain, kapasitas penyimpanan 32 GB hingga 2 TB. Ini juga cukup besar jika Anda ingin mengisi banyak jenis file. Jadi, memori ini sesuai dengan keluaran smartphone terakhir.

SDUC (Secure Digital Ultra Capacity)

Tipe ini memiliki kapasitas yang sangat besar, yaitu mencapai 128TB dan kecepatan transfer mencapai 938MB/s, hampir 1GB. Tipe ini juga belum lama masuk ke pasar. Tetapi, sayangya memiliki dimensi terlalu besar untuk sebuah smartphone biasa.

Saat memilih kartu SD, Anda harus benar-benar menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan smartphone Anda. Jika Anda hanya memilih sekedarnya, maka hal itu dapat merusak ponsel cerdas atau kartu SD Anda.

Kembali ke masalah kenapa SD card tidak terbaca.

Alasan Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca

Munculnya masalah kartu SD yang tidak terbaca pasti ada banyak penyebabnya. Berikut ini adalah hal – hal yang akan membuat kartu SD tidak terbaca.

Biasanya, usia kartu SD adalah penyebab utama corrupt. Ini adalah penyebab umum kerusakan, tetapi pengguna kartu SD juga melaporkan bahwa ada penyebab lain selain usia.

Berikut adalah alasan lain mengapa kartu SD tidak dapat terbaca yang harus Anda ketahui:

1. Usia penggunaan telah melampaui batas waktu

Masa pakai kartu SD rata-rata adalah antara 4 dan 6 tahun, tetapi juga tergantung pada merek yang kita gunakan. Penggunaan lebih dari 5 tahun membuat kartu SD rentan terhadap kerusakan.

2. Kuningan pada Kartu SD Tergores

Kuningan pada kartu SD ini sangat sensitif, jika tergores sedikit saja bisa membuat kartu memori ini idak terbaca. Goresan yang terjadi bisa jadi karena kecelakaan atau hal lainnya. Selain itu, kuningan pada kartu SD menjadi konektor agar kartu dapat dibaca.

3. Pemasangan kartu SD yang tidak benar

Pemasangan SD card yang tidak pas juga bisa menyebabkan SD card tidak terbaca, terkadang pemasangan tidak pas dan ini membuat proses pembacaan SD card menjadi kurang maksimal.

4. Kartu SD rusak

Selain itu, file di kartu SD juga bisa rusak. File corrupt/korupsi akhirnya menjadi tidak terbaca di kartu SD. File harus Anda atur ulang agar dapat terbaca.

5. Kartu SD tidak didukung

Faktanya, ukuran kartu SD saat ini sangat berbeda, dari 2 GB hingga 2 TB yang sangat besar. Ukuran SD card juga harus sesuai dengan kapasitas smartphone yang kita gunakan. Jika tidak cocok, kartu SD akan menjadi tidak terbaca.

6. Sering memindahkan kartu SD ke perangkat lain

Sering berpindah smartphone juga berarti kartu SD harus berpindah. Akibatnya, malware ponsel cerdas dapat memodifikasi/merusak file konfigurasi pada kartu SD. Bahkan, halItu juga dapat menggores tembaga pada kartu SD.

7. Kesalahan partisi memori

Kemudian, penyebab terakhir SD card tidak terbaca adalah partisi memori rusak sehingga SD card tidak bisa terbaca. Maka, partisi kartu SD perlu kita pulihkan agar dapat terbaca.

Solusi Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca

Penyebab SD card tidak terbaca bisa karena hal-hal di atas. Kerusakan file pada kartu SD juga merupakan peristiwa nyata, sehingga tidak dapat dibaca saat digunakan. Dan untuk memulihkan file yang rusak Anda memerlukan aplikasi khusus.

Karena jika kartu SD rusak total, mungkin tidak dapat diperbaiki. Mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru, atau jika masih ada kesempatan untuk memperbaikinya, maka lakukan cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca di bawah ini.

Bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca

Anda dapat memilih cara apa saja untuk memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca karena disebabkan oleh hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya.

1. Bersihkan kartu SD

Memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca sering dilakukan untuk pengguna smartphone dan termasuk yang paling sederhana di antara yang lain. Langkah-langkahnya cukup sederhana:

  • Pertama, matikan ponsel cerdas Anda.
  • Keluarkan SD card dari memori smartphone anda, hati-hati saat mengeluarkannya, pastikan SD card tidak tergores atau tergores.
  • Bersihkan kotoran pada SD card kuning, biasanya banyak debu yang menempel. Gunakan pembersih atau tisu agar lebih bersih.
  • Jika terlihat bersih, Anda dapat memasang kembali kartu SD ke penyimpanan smartphone.
  • Cek dulu apakah sudah kembali normal, atau itu berarti perbaikan kartu SD yang tidak terbaca ini berhasil.

2. Periksa kesalahan melalui PC atau laptop

Jika SD card masih tidak terbaca di smartphone, bisa jadi karena error. Nah, bagaimana cara agar SD card bisa terbaca, kamu bisa coba cek errornya menggunakan PC atau laptop. Ada fitur pengecekan kesalahan di Windows yang dapat Anda gunakan untuk memperbaikinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kartu SD ke pembaca kartu dan kemudian sambungkan ke PC atau laptop Anda.
  • Buka File Explorer atau Windows Explorer, lalu pilih kartu SD.
  • Klik kanan pada kartu SD, pilih Properties, lalu klik Tools dan terakhir klik Check Now.
  • Pilih Perbaiki kesalahan sistem file secara otomatis dan cari dan coba pemulihan bad sector.
  • Klik Mulai dan tunggu prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, pasangkan kembali dengan ponsel cerdas Anda. Cek apakah sudah normal kembali atau tidak.

3. Gunakan ponsel cerdas lain

Cara agar sd card ketiga tidak terbaca, anda bisa coba cek sd card anda dengan smartphone lain. Coba gunakan smartphone terbaru untuk mengetahui kompatibilitas kartu SD. Akan ada dua kemungkinan pilihan:

  • Jika kartu memori dapat dibaca di Smartphone terbaru, kartu SD mungkin tidak mendukung Smartphone Anda.
  • Jika tidak terbaca di smartphone lain, kartu memori mungkin rusak total.

4. Format kartu SD

Cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca ini, jika Anda benar-benar perlu melakukan ini, format kartu SD untuk memperbaikinya. Format ini dilakukan menggunakan smartphone Anda dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka smartphone Anda lalu buka menu Setting atau Pengaturan.
  • Pilih fungsi Arsip atau Archive dan akan muncul dua pilihan yaitu Memori Internal dan Memori Eksternal.
  • Selanjutnya pilih opsi kedua, yaitu penyimpanan eksternal.
  • Setelah itu, pilih Format kartu SD dan kemudian Konfirmasikan format.

Tunggu proses pemformatan selesai dan cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca di ponsel. Setelah itu, semua file akan hilang. Dan Anda dapat mencoba melihat apakah memori card ini terbaca atau tidak.

5. Format kartu SD melalui PC atau laptop

Ini bisa menjadi cara untuk memperbaiki kartu SD terakhir yang belum dibaca jika kartu SD tetap tidak dapat dibaca setelah diformat dengan smartphone.

Mungkin saja SD card tersebut masih bisa terbaca di PC atau laptop Anda, sehingga bisa Anda format melalui PC atau laptop untuk memulihkannya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Masukkan kartu SD ke dalam card reader, lalu sambungkan ke PC/laptop Anda.
  • Buka File Explorer atau Windows Explorer dan pilih kartu SD.
  • Klik kanan pada kartu SD dan kemudian pilih Format.
  • Pertama, atur sistem file ke FAT. Centang kotak untuk Format cepat.
  • Klik Mulai untuk memulai proses pemformatan kartu SD. Jika muncul kotak dialog, klik OK.
  • Tunggu hingga proses pemformatan selesai.
  • Keluarkan kartu SD dan masukkan kembali ke dalam smartphone.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan cara untuk memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca ini. Jangan bingung karena masih bisa diperbaiki jika kartu SD tidak terbaca kecuali benar-benar rusak.

Sekian untuk pembahasan cara mengatasi SD Card yang tidak terbaca di HP ini. Semoga dapat membantu Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar di kolom yang sesuai. Jangan lupa bagikan, terima kasih telah membaca.

  • Bagikan