Cara Mengusir Lalat dengan Garam
Cara Mengusir Lalat dengan Garam. Sumber Gambar: Google.Com

Cara Mengusir Lalat dengan Garam

Bagaimana cara mengusir lalat dengan garam dan bahan alami lainnya? Yuk coba basmi lalat di bawah ini dengan garam dan bahan alami lainnya

Cara Mengusir Lalat dengan Garam

Campur garam dengan bubuk kunyit

Cara ini sudah kita gunakan oleh banyak orang. Letakkan campuran tersebut di atas meja atau di tempat tertentu yang banyak lalatnya lewat. Cara ini akan mengusir lalat dengan sendirinya.

Serangga dan hewan terbang merupakan bagian dari kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tetapi manusia memiliki dampak yang sangat besar, terutama dengan hewan terbang seperti lalat. Lalat menyukai semua lingkungan yang kotor dan bau, serta tempat untuk buah dan makanan yang lezat. Lalat akan terbang dan mendarat di berbagai sumber daya yang menarik bagi lalat.

Mengapa Cara Mengusir Lalat dengan Garam Penting

Masalahnya, lalat bisa mendarat di tempat yang bersih dan kotor secara bersamaan. Ketika lalat mendarat di makanan atau minuman, mereka meninggalkan jejak, termasuk kotoran, hewan, kuman, bakteri, virus, dan sumber penyakit lainnya. Yang terburuk adalah ketika lalat buang air besar dan bertelur di makanan atau minuman. Bentuk kotoran dan telur lalat sangat kecil sehingga terkadang tidak terlihat. Peristiwa ini juga dapat berlangsung di rumah yang sangat bersih atau dengan ciri-ciri rumah yang sehat.

Efek terbang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Jadi kita harus mengusir lalat, tetapi lalat sulit tertangkap dan sering datang berkelompok. Jangan khawatir, pada dasarnya ada beberapa cara mengusir lalat dengan garam yang paling efektif. Simak ulasannya di bawah ini.

Langkah – Langkah Cara Mengusir Lalat dengan Garam

Terapkan di bagian rumah yang sering banyak lalat

Cara mengusir lalat di rumah membutuhkan banyak kesabaran. Soalnya lalat sering datang berkelompok kemudian menyebar ke seluruh bagian rumah. Lalat akan mendekati sumber bau atau bau yang kuat dan menarik mereka. Karena itu, sebelum mengoleskan garam, periksa bagian rumah mana yang paling banyak lalatnya. Baik di meja makan, di lantai, di dekat lemari es, di dapur, atau di ruangan lain.

Bagaimana cara menyebarkan garam?

Setelah Anda melihat bagian rumah yang banyak lalatnya, Anda siap untuk menaburi bagian rumah tersebut dengan garam. Ambil saja garam meja yang sangat halus dan taburkan di sekitar rumah. Tunggu beberapa saat dan biasanya lalat akan mendarat di atas garam dan kemudian mati sebagai lalat kering. Kemudian bersihkan dengan sapu atau alat lain untuk menghilangkan garam dan lalat dari rumah. Bersihkan dengan pembersih kimia agar yang pertama benar-benar bersih. Sayangnya, garam hanya efektif untuk lalat, sehingga tidak bisa kita gunakan sebagai cara mengusir semut.

1. Dengan pistol garam

Jika dua metode sebelumnya Anda lakukan secara manual, Anda juga dapat mengatasi terbang dengan alat yang lebih modern. Jenis alat seperti pistol garam sering dijual di toko khusus atau dapat dibeli secara online. Bentuknya mengingatkan pada senapan, dengan garam sehalus peluru. Dengan menggunakan alat ini, tidak perlu mengaplikasikannya ke area perumahan. Anda dapat menembak lalat dengan pistol sehingga garam langsung mengenai lalat. Dalam waktu singkat, lalat biasanya akan jatuh ke tanah dan mati. Ya, cara ini lebih praktis, tetapi juga membutuhkan waktu khusus.

Keuntungan dan kerugian menggunakan garam

Garam rasanya sangat asin dan meleleh saat terkena udara panas. Memang, penggunaan garam sangat efektif untuk mengusir lalat. Garam juga bisa kita gunakan sebagai cara untuk mengusir rayap di tempat-tempat tersembunyi. Namun tentunya ada pro dan kontra, yaitu:

Manfaat: Garam memiliki sifat basa yang sebenarnya mudah kita gunakan. Garam tidak akan merusak furnitur, lantai, atau dinding. Terutama jika Anda menggunakan garam dengan dispersi langsung atau dengan senapan. Jadi, ternyata garam sangat ampuh untuk membasmi lalat.

Kekurangan: Garam larut dan lengket saat terkena udara panas atau hangat. Karena itulah, garam bisa meninggalkan noda yang perlu segera Anda bersihkan. Jadi menggunakan garam untuk mengusir lalat sering kali memakan banyak tenaga dan noda kotor

2. Kombinasi lemon dan cengkeh

Menggunakan lemon dan cengkeh adalah solusi, bahkan jika Anda tidak ingin menggunakan garam di siang hari untuk mengusir lalat. Bahkan, aroma lemon dan cengkeh yang kuat ternyata lalat sangat tidak menyukainya. Jika Anda melihat segerombolan lalat, coba taruh irisan lemon dan beberapa cengkeh di area tersebut. Namun, Anda juga bisa menambahkan sejumput garam di sekitarnya. Kombinasi ketiga metode ini efektif mengusir lalat.

3. Menggunakan lilin serai

Cara ini sebenarnya banyak kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Namun siapa sangka ternyata juga ampuh untuk mengusir lalat. Karena kedua hewan ini tidak menyukai bau atau bau lilin serai. Jadi bagaimana Anda mendapatkan bau bahan ini? Caranya sangat sederhana, cukup nyalakan lilin aromaterapi yang berbau serai. Letakkan di berbagai sudut rumah agar aromanya bisa hadir di seluruh penjuru rumah.

4. Menggunakan Bunga Lavender

Cara mengusir lalat dengan garam di restoran akan lebih baik jika menambahkan bunga lavender. Garam dapat Anda tempatkan dalam wadah kecil di atas meja dan Anda biarkan terbuka untuk mencegah lalat. Bisa juga Anda semprotkan langsung di area yang banyak lalatnya. Tambahkan juga bunga lavender yang bisa diletakkan di meja makan apa saja.

Fungsinya tidak hanya untuk mengusir lalat, tetapi juga untuk menambah nilai estetika restoran itu sendiri. Jika restoran memiliki halaman, tanamlah bunga lavender. Jika Anda tanam di sekitar lingkaran rumah, semua sudut ruangan secara alami akan berbau lavender.

5. Penggunaan Minyak Atsiri

Minyak atsiri ini sudah kita kenal banyak orang dan tidak sulit untuk kita dapatkan. Kita mulai dengan minyak daun serai, minyak peppermint dan minyak lavender dapat kita gunakan. Padahal, bahan ini lebih banyak kita gunakan daripada menggunakan bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan, seperti berikut ini:

Minyak atsiri serai dapat Anda semprotkan langsung ke pintu, jendela, atau area lain yang sering lalat hinggap.

Minyak peppermint kita gunakan dengan mengoleskannya pada bola kapas. Oleh karena itu perlu Anda posisikan di daerah yang sering lalat datangi.

Minyak lavender dapat kita campur dengan beberapa tetes minyak bunga matahari. Masukkan ke dalam botol dan semprotkan di area yang banyak lalat.

Minyak atsiri lain yang bisa kita gunakan adalah minyak kemangi, minyak jeruk, dan minyak cengkeh. Masukkan minyak esensial yang kita inginkan ke dalam botol semprot lalu tambahkan air. Aduk atau kocok agar tercampur rata. Kemudian semprotkan langsung pada area yang kita butuhkan.

6. Irisan mentimun

Ini juga dapat kita gunakan sebagai pengusir lalat alami. Padahal aroma timun sangat enak dan menyegarkan. Namun siapa sangka lalat tidak menyukai parfum ini. Lalat lebih menyukai bau sampah yang membusuk, sehingga sangat mudah untuk mengusirnya. Ambil mentimun dan potong menjadi irisan. Letakkan di tempat yang sering lalat datangi.

7. Manfaatkan air cuka

Perangkap cuka juga merupakan metode yang efektif dan aman yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Bahan dan alat yang kita butuhkan adalah cuka sari apel, gelas, sabun cuci piring, karet gelang, dan kantong plastik. Metodenya adalah:

  • Tuang sedikit cuka ke dalam gelas yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Tambahkan setetes cairan pencuci piring.
  • Letakkan kantong plastik di atas kaca dan ikat dengan karet gelang.

Buat lubang di bagian tengah atas untuk memungkinkan lalat masuk melalui lubang. Lebih baik jika lubangnya cukup besar, tetapi tidak terlalu besar, agar lubangnya tidak keluar.

8. Menggunakan Bawang Putih

Selain mengusir lalat dengan garam meja, Anda juga bisa menggunakan bawang putih. Siapkan bawang putih, kayu manis, air dan cabai. Bahan dihaluskan terlebih dahulu, jangan lupa tambahkan air agar tercampur rata.

Diamkan beberapa saat setelah tercampur. Untuk kemudian mendapatkan larutan yang dapat Anda semprotkan, campuran tersebut harus disaring terlebih dahulu ke dalam botol semprot. Jadi hanya berlaku di daerah di mana lalat datang.

9. Gantung kantong plastik berisi air

Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan, namun tidak semua orang pernah mempraktekkan cara ini. Jika ingin tahu hasilnya, cobalah langsung di rumah, terutama yang banyak lalatnya. Seperti diketahui, lalat memiliki banyak bola mata. Sehingga jika ada air di dalam plastik akan membeku dan cahaya memantul di tempat yang berbeda. Kemudian lalat akan bingung dengan sendirinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggantung air di dalam kantong plastik di tempat yang langsung terkena cahaya. Jika tidak terkena cahaya, cara ini tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Kesimpulan Cara Mengusir Lalat dengan Garam

Nah, jadi itulah cara mengusir lalat dengan garam, bisa Anda padukan dengan bahan alami lainnya seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Mengingat banyak cara, jangan bingung. Pilih metode yang Anda inginkan. Jika ada terlalu banyak lalat, Anda dapat menggabungkannya dengan banyak cara lain. Semoga berhasil!

Kunjungi juga

Nada Dering WA

Pembuat Nada Dering WA Terbaik dan Terlengkap Saat Ini, Sudah Coba?

Nada dering WA dan cara membuatnya. Mengubah nada dering adalah cara mudah untuk menjadikan WhatsApp di …