Apa Itu Ram HP

  • Bagikan
Apa Itu Ram HP
Apa Itu Ram HP. Sumber: Google.com

Apa Itu Ram HP dan apa bedanya dengan ROM?. Jika Anda ingin membeli smartphone, salah satu spesifikasi yang menjadi pertimbangan Anda mungkin adalah besaran RAM.

Kapasitas RAM smartphone pun beragam, mulai dari 1, 4, 8, 12 bahkan 18GB seperti ponsel gaming Asus ROG Phone 5 Ultimate.

Apa Itu Ram HP

Lantas, apa sebenarnya RAM dan fungsinya pada smartphone HP? Apakah kapasitas RAM akan mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan? Yuk simak jawabannya di artikel ini!

RAM adalah singkatan dari memori akses acak. Secara teori, RAM memiliki prinsip kerja yang sama dengan memori internal (penyimpanan) yang biasanya bermanfaat untuk menyimpan foto, video, berbagai aplikasi, dll di ponsel.

Namun, kemampuan membaca (read) dan menulis (write) RAM jauh lebih cepat dan lebih mumpuni daripada storage.

Semudah ini, RAM bisa diibaratkan saku celana, sedangkan memori internalnya adalah tas ransel. Jika kita ingin menyimpan sesuatu dengan cepat dan mudah, tentu kita akan memilih saku celana daripada tas, bukan?

Fungsi utama RAM

Nah, fungsi utama dari RAM itu sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang telah terpakai oleh sistem ponsel selama “jangka waktu tertentu”.

Karena tersimpann di sana, ponsel akan secara otomatis membaca, meluncurkan, atau membatalkan aplikasi dengan cepat.

Sebelum disimpan di RAM, banyak file sistem dan aplikasi di ponsel itu sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), disimpan di memori internal perangkat.

Saat dibutuhkan, file atau aplikasi ini kemudian akan dimuat ke dalam RAM agar ponsel dapat berjalan dengan lancar.

Ketika sebuah file atau aplikasi tidak terpakai, RAM akan menghapusnya secara otomatis, sehingga bagian dari RAM yang terpakai oleh aplikasi lain dapat digunakan kembali.

Biasanya semua informasi yang tersimpan di RAM hilang atau terhapus secara otomatis saat ponsel restart.

  • Multitasking

Selain fungsi utama tersebut, RAM juga berguna untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, tanpa memperlambat kinerja ponsel secara keseluruhan. Proses ini terkenal juga sebagai multitasking.

Saat melakukan ini, pengguna dapat menyimpan lebih dari satu aplikasi yang sering digunakan di RAM (latar belakang) ponsel, ketika mereka ingin membuka aplikasi lain.

Kini, ketika aplikasi akan kita luncurkan, pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa harus menunggu lama, atau melihat layar tunggu (loading screen) yang biasanya tampil saat aplikasi mulai.

Bisa kita katakan hal ini membuat penggunaan smartphone menjadi lebih hemat.

Karena jika aplikasi tidak bisa tersimpan di RAM, ponsel akan membaca data aplikasi dari memori internal dan kemudian mentransfernya ke RAM berulang kali.

Kecepatan telepon tergantung pada jumlah RAM?

Lantas apakah kapasitas RAM akan mempengaruhi kinerja ponsel? Bisa berpengaruh, bisa juga tidak.

Di atas kertas, semakin besar RAM, semakin banyak ruang yang dapat HP gunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk multitasking.

Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menutup aplikasi favoritnya atau membersihkan RAM secara rutin.

Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk smartphone bermerek Apple. Pasalnya, kapasitas RAM pada iPhone memang tidak sebesar ponsel Android, meski keduanya berasal dari generasi yang sama atau rilis di tahun yang sama.

Namun, ini tidak berarti bahwa iPhone lebih lambat dari ponsel Android. Pasalnya, berbagai aplikasi yang berjalan di iPhone biasanya telah tersetting secara optimal agar tidak memakan RAM ekstra, namun tetap berjalan dengan lancar.

Hal ini mungkin terjadi karena iPhone menjalankan sistem operasi milik Apple, yaitu iOS.

Pada sisi lain, ponsel Android banyak penggunanya oleh banyak vendor ponsel. Sehingga proses pengoptimalan untuk berbagai aplikasi mungkin merepotkan bagi pengembang aplikasi itu sendiri.

Selain itu, iPhone juga membuat manajemen RAM dan sistem notifikasi di iPhone untuk menghemat lebih banyak RAM.

Kesimpulan Apa Itu Ram HP

Lalu muncul pertanyaan lain, apakah kita membutuhkan ponsel dengan RAM besar? Jawaban atas pertanyaan ini tentu saja tergantung pada penggunaan pemilik ponsel.

Karena semakin banyak aplikasi yang twrinstal atau berjalan, semakin banyak memerlukan RAM.

Misalnya saja, hal ini juga berlaku saat bermain game. Jika pengguna suka bermain game berat, seperti PUBG Mobile atau Asphalt 9. Jadi, mereka sebenarnya membutuhkan lebih banyak RAM agar game dapat terproses ke dalam RAM.

Pasalnya, kedua game tersebut akan memakan RAM sekitar 1 GB saat berjalan. Seperti termuat di KompasTekno dari Android Authority. Kamis (25/3/2021).

Smartphone kelas menengah yang ada di pasaran saat ini memiliki RAM dengan kapasitas yang bisa kita katakan cukup besar daripada tahun-tahun sebelumnya.

  • Bagikan