Apa Itu Porting Motor
Apa Itu Porting Motor. Sumber: Google.com

Apa Itu Porting Motor

Apa itu porting motor, manfaat, kerugian dan cara mengatasinya. Sepeda motor masih menjadi kendaraan pribadi yang banyak diminati oleh masyarakat karena berbagai keunggulannya seperti harga yang terjangkau, kemudahan penggunaan dan kemampuan manuver di jalan sempit, khas daerah pedesaan dan jalan besar yang penuh dengan kemacetan lalu lintas yang banyak ditemui di kota-kota besar.  Besarnya minat masyarakat terhadap sepeda motor menyebabkan produsen mobil melepas berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia ke pasar untuk memenuhi berbagai keinginan setiap orang di masyarakat.

Sepeda motor tidak hanya digunakan untuk mencapai sarana transportasi, baik pribadi maupun umum. Motor sebagai angkutan umum ini mulai berkembang sejak munculnya banyak layanan taksi online. Tetapi motor juga telah menjadi gaya hidup dengan menjadikan sepeda motor sebagai hobi. Gaya hidup baru kepemilikan sepeda motor tidak hanya tentang mengendarainya, tetapi juga berkembang menjadi keinginan untuk mengubah tampilan fisik dan performa sepeda motor menjadi lebih baik. Dan, tentunya  sesuai dengan keinginan pemilik kendaraan melalui proses modifikasi.

Apa itu porting motor

Seringkali setiap modifikasi yang dilakukan pada sepeda motor menimbulkan efek samping yang bisa merugikan. Baik itu modifikasi fisik maupun modifikasi mesin untuk performa yang lebih baik. Pada artikel ini Kami akan membahas efek samping yang dapat ditimbulkan oleh proses modifikasi yang disebut porting.

Secara definisi, porting adalah proses mengatur ulang bukaan inlet dan outlet sehingga volume bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak dan dapat berjalan lebih lancar untuk mencapai performa yang maksimal.

Apa itu porting motor dan kerugiannya

Porting terbagi menjadi dua bagian yaitu pada bagian porting dan merupakan proses pembentukan kembali saluran masuk bahan bakar ke ruang bakar. Dan Out Porting berarti proses membentuk kembali lubang pembuangan sisa pembakaran sehingga dapat mempercepat gas buang agar tidak terjadi turbulensi yang membuat mesin kurang bertenaga. Terlepas dari kegunaannya, ada beberapa efek samping dari porting sepeda motor yang tercantum di bawah ini untuk referensi pemilik kendaraan sebelum melakukannya.

1. Motor boros bahan bakar

Seperti artikel di atas, melakukan proses porting dapat menyebabkan lebih banyak bahan bakar yang masuk ke ruang bakar untuk menghasilkan lebih banyak energi. Namun, karena banyaknya bahan bakar yang medsin gunakan, menyebabkan biaya bensin sepeda motor menjadi jauh lebih mahal daripada sebelum porting.

Kebutuhan bahan bakar atau pemborosan yang lebih banyak merupakan efek samping dari modifikasi sepeda motor untuk meningkatkan performa performa sepeda motor. Efek samping boros bahan bakar ini tidak dapat Anda cegah, sehingga harus Anda perhitungkan sebelum menanggung risiko pengeluaran bahan bakar harian yang lebih besar dari sebelumnya.

2. Hilangnya garansi resmi sepeda motor

Setiap pemilik sepeda motor baru selalu mendapatkann jaminan resmi untuk membebaskan pemilik kendaraan dari beban biaya apabila terjadi masalah teknis yang besar pada sepeda motor. Dan, juga bantuan dalam proses perawatan sepeda motor tersebut. Garansi yang ada memiliki beberapa persyaratan, salah satunya adalah kondisi umum mesin tidak berubah.

Perubahan mesin atau memodifikasi mesin sehingga bentuk mesin tidak standar lagi secara otomatis akan membatalkan garansi resmi sepeda motor. Pada hampir semua modifikasi mesin, salah satu risiko yang harus kita terima akibat modifikasi mesin adalah hilangnya garansi.

3. Performa mesin rendah

Efek samping ini terjadi ketika lubang masuk dan keluar sebagai hasil porting begitu besar sehingga aliran gas berkurang. Pernafasan mesin cenderung pendek, dan mesin drop pada putaran atas. Porting adalah proses meningkatkan aliran bahan bakar, bukan meningkatkan diameter lubang masuk / buang. Jadi, jika melakukan porting secara salah justru akan menurunkan performa sepeda motor.

4. Kebocoran kepala silinder

Lubang masuk dan keluar yang terlalu besar pada porting dapat menyebabkan kebocoran silinder. Hal ini bisa kita tunjukkan adanya kebocoran oli dari kepala silinder ke lubang buang. Akibat kebocoran kepala silinder, oli masuk ke ruang pengolahan gas buang sehingga oli terbakar dan menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot. Jika keadaan ini terjadi, hal yang harus kita lakukan adalah mengelas bagian yang bocor agar tidak merusak bagian lainnya.

5. Anda harus menggunakan bahan bakar oktan tinggi

Selain harus menggunakan bahan bakar lebih banyak dari sebelum porting Anda lakukan. Selain itu juga harus Anda perhatikan jenis bahan bakar yang akan Anda gunakan. Atau, yang perlu untuk sepeda motor yang modifikasi dengan porting. Kompresi yang dihasilkan oleh mesin hasil modif ini lebih tinggi dan kinerja meningkat. Tetapi akibatnya Anda harus mengganti bahan bakar lama dengan bahan bakar yang memiliki oktan lebih tinggi. Akhirnya akan menyebabkan biaya lebih tinggi.

Kesimpulan apa itu porting motor

Itulah beberapa hal yang menjadi efek samping saat memodifikasi porting sepeda motor agar performanya lebih baik. Dengan mengetahui efek samping dari sepeda motor yang tersebut, pemilik kendaraan dapat memperhatikan dan menimbangnya sebelum porting. Selain itu, dapat juga menentukan upaya pencegahan. Semoga bermnafaat.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …