Spek HP Samsung A10

Spek HP Samsung A10
Spek HP Samsung A10. Sumber Gambar: Google.com

Ulasan dan spek HP Samsung A10 lengkap. Samsung Galaxy A10 merupakan salah satu dari dua ponsel baru yang launcing oleh Samsung pada awal kuartal kedua tahun 2019. Dan sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A30 atau Samsung A50 yang berada di kelas menengah, Samsung Galaxy. A10 adalah rancangan untuk pengguna ponsel yang membutuhkan ponsel pintar, desain menarik, spesifikasi yang layak dan harga yang sangat terjangkau.

Spek HP Samsung A10

Untuk desainnya sendiri, Samsung Galaxy A10 memiliki desain yang hampir sama dengan semua seri Galaxy A lainnya, mulai dari Samsung A20, A30 atau juga A50. Layarnya menggunakan desain Infinity-V dengan penutup belakang Glasstic. Untuk fasilitas kamera, terdapat dua lensa di bagian belakang dan depan. Baterainya berkapasitas 3400 mAh.

Harga Samsung Galaxy A10 di Indonesia

Toko online harga Samsung A10

Lazada Rp.1.670.000

Shopee Rp. 1625000 rupiah

Tokopedia Rp. Rp1625000

Bukalapak:  Rp. 1.800.000

Blibli  Rp.1.638.000 rupiah

Pihak Samsung memperkenalkan Galaxy A10  bersama dengan Samsung Galaxy A20. Keduanya hadir di pasar Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp 1.799.000. Namun kini harga Samsung Galaxy A10 turun meski tidak terlalu signifikan. Rata-rata harga di e-commerce Indonesia saat ini berkisar 1,6 juta rupiah. Khusus di Bukalapak, harga Samsung Galaxy A10 paling murah adalah Rp 1,8 juta, dan produk ponsel ini tidak tersedia di JD.ID.

Spesifikasi Samsung Galaxy A10

Nama model Samsung Galaxy A10

Kode produksi   SM-A105F / DS, SM-A105FN / DS (global), SM-A105G / DS, SM-A105M / DS

Segmen pasar tingkat pemula

GSM      / WCDMA / HSPA / HSDPA / LTE (LTE-TDD, LTE-FDD, LTE Cat4)

Dimensi                155,6 x 75,6 x 7,9 mm

Berat     168 gram

Kartu SIM            Dual SIM (Nano SIM (4FF), dual standby)

Layar

Tipe       TFT IPS LCD (layar sentuh kapasitif)

Ukuran 6,2 inci (~ 81,6% rasio layar-ke-tubuh)

Resolusi 720 x 1520 piksel HD + (sekitar 271 piksel per inci)

OS Android 9.0 Pie

Chip Exynos 7884 (14nm)

prosesor  (2 x 1,6 GHz Cortex-A73 & 6 x 1,35 GHz Cortex-A53)

Kartu grafis Mali-G71 MP2

ROM  32 GB (masih bisa diekspansi hingga 512 GB dengan microSD)

RAM 2 GB

Kamera, speaker, sensor

depan   13 mega piksel

BACA JUGA:   Cara Download Tokopedia di Laptop dengan Bluestack

Sensor Sidik Jari                Ya (Di Layar)

Koneksi

WLAN   802.11 b/g/n 2.4GHz, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth            5.0, A2DP, LE

USB        2.0

NFC        Tidak

GPS        A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

Radio     FM

baterai

Jenis : Li-ion yang tidak dapat dilepas

Kapasitas daya 3400mAh (tidak mendukung pengisian cepat)

Warna   biru, hitam, merah, emas

Harga    Rp 1.799.000 (harga resmi saat pertama kali dirilis di Indonesia)

Spek HP Samsung A10 – Hardware

1. Layar yang Jernih

Spesifikasi unggulan ponsel Samsung A10 adalah layar jernih dan terang

Layarnya jernih dan terang bahkan saat digunakan di bawah sinar matahari langsung

Samsung Galaxy A10 menggunakan layar TFT IPS LCD berukuran 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel HD+. Rasio screen-to-body adalah 81,6 persen yang menunjukkan bahwa layarnya sangat lebar. Dan, dapat bergeser ke samping atau tanpa bingkai. Jadi, dengan volume yang begitu besar, Anda dapat menonton video atau bermain game dengan bebas.

3. Kamera memiliki banyak fitur

Ada banyak fitur dan mode untuk lensa kamera Samsung Galaxy A10

Smartphone ini memiliki dua lensa kamera, masing-masing di bagian depan dan belakang. Sedangkan untuk lensa kamera belakang yang juga berfungsi sebagai lensa utama memiliki resolusi 13 MP yang merupakan standar lensa smartphone pada umumnya saat ini.

Meski hanya memiliki resolusi 13MP, namun hasil yang didapat tetap tajam, cerah dan detail. Anda juga dapat menggunakan banyak fitur dan mode lain untuk mendukung lensa kamera belakang. Misalnya LED flash yang tugasnya memberikan pencahayaan tambahan saat objek berada di tempat yang kurang penerangan, panorama hingga HDR.

4. Baterai tahan lama

Baterai pada Samsung Galaxy A10 ini adalah berjenis non-removable Li-Polymer yang berkapasitas 3400 mAh. Jika ini adalah smartphone kelas menengah ke atas, maka mungkin kapasitas baterai dari smartphone ini tidak cukup. Tetapi untuk smartphone entry-level, 3400 mAh sudah lebih dari cukup.

Samsung Galaxy A10 memiliki teknologi khusus yang dapat mengatur dan memasok daya baterai ke sistem atau aplikasi apa pun yang membutuhkannya. Jadi ketika ada aplikasi yang membutuhkan banyak daya, maka akan mendapat persentase daya tertentu dari baterai yang ada.

Software

1. Buka kunci wajah dengan cepat dan akurat

Akurasi dan kecepatan face unlock pada Samsung Galaxy A10 ternyata sangat tinggi

Memang Samsung Galaxy A10 tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, namun Samsung telah menggantinya dengan sistem keamanan lain yang tak kalah impresif, yakni Face Unlock. Dengan fitur ini, hanya pengguna atau pemilik perangkat yang dapat membuka kunci smartphone masing-masing karena sistem hanya dapat menerima hasil pemindaian fitur wajah pemilik.

BACA JUGA:   Exynos 9611 Setara Dengan chip apa saja?

2. Menggunakan fitur samsung one ui

Sistem antarmuka yang ada terlihat keren dan juga modern

Samsung Galaxy A10 tidak menggunakan sistem antarmuka bawaan dari Android, melainkan antarmuka pengguna buatan Samsung sendiri yaitu Samsung One UI. Jadi, dengan sistem antarmuka ini, perangkat keras dan perangkat lunak monitor serta ikon yang ditampilkan di layar akan bekerja dengan sangat baik. Bahkan ada mode malam yang dapat membantu Anda mengoperasikan perangkat di tempat gelap agar tidak merusak mata Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Spek HP Samsung A10

1. Keuntungan

Fitur pertama yang dimiliki Samsung Galaxy A10 adalah layarnya yang berukuran 6,2 inci. Jadi, karena ukuran layar yang besar, Anda dapat menonton video atau bermain game dengan bebas. Yang kedua terletak di dapur pacu dan sangat bertenaga, cepat dan memiliki performa yang baik.

Fitur lainnya adalah desain yang tidak mengesankan bahwa Samsung Galaxy A10 adalah smartphone entry-level, tetapi merupakan kelas menengah ke atas. Apalagi model layar bezel-less dengan poni waterdrop juga membuat smartphone ini terlihat mewah.

2. Kekurangan

Meski unggul secara umum, tetapi, Samsung Galaxy A10 tidak memiliki sensor sidik jari atau sensor pemindai sidik jari yang cukup umum di banyak perangkat seluler di semua kategori. Selain tidak dibekali sensor sidik jari, fitur NFC juga tidak disertakan pada Samsung Galaxy A10.

Selain itu, pengguna smartphone juga harus menunggu lama saat harus mengisi baterai karena Samsung Galaxy A10 belum memiliki teknologi fast charging.

Ulasan Akhir Spek HP Samsung A10

Samsung Galaxy A10 juga merupakan smartphone entry-level dengan desain yang menarik

Samsung Galaxy A10 ini merupakan smartphone entry-level bersedain mewah. Jadi, tujuannya agar terlihat sebagai produk kelas menengah. Pasalnya, tampilan luar smartphone ini mirip dengan seri Galaxy A lainnya. Selain itu, ia memiliki layar besar dengan desain tanpa bingkai dan poni berbentuk tetesan air di atasnya.

HP ini memiliki dua lensa kamera, masing-masing dengan bagian depan 5 megapiksel dan bagian belakang 13 megapiksel. Untuk sebuah smartphone entry-level, dapur pacu tergolong sudah bagus, cepat, dan berkinerja tinggi. Baterainya berkapasitas 3400 mAh. Untuk sementara ini di pasar Indonesia, Samsung Galaxy A10 memiliki harga Rp 1,6 juta.