Kode 4G Oppo

  • Bagikan
Kode 4G Oppo
Kode 4G Oppo. Sumber Gambar: Google.com

Cara mengunci kode 4G Oppo semua tipe paling mudah. Bagaimana mengunci HP Oppo 4G tipe baru dan lama paling praktis. Sebenarnya, kode 4G untuk Oppo ini sudah tidak lagi terpakai tahun 2022 ini. Tetapi, ada alternatif lainnya.

Sejak tahun 2015, Indonesia telah menerapkan teknologi 4G LTE yang sejauh ini masih menjadi internet tercepat 4G.

Sejak saat itu, semua produsen HP sudah mulai memasarkan smartphone yang mendukung teknologi ini, salah satunya gencar meluncurkan HP 4G di Indonesia, OPPO.

Di Indonesia, OPPO saat ini menjadi salah satu produsen ponsel terlaris, dan tentu saja para pengguna smartphone cepat menerimanya. Tentunya karena selain desainnya yang menarik, HP OPPO juga mengadopsi teknologi terkini.

Kode 4G Oppo

Dengan teknologi 4G, kita bisa dengan cepat mengakses berbagai konten seperti streaming film, download file, upload atau bermain game. Kecepatan internet menjadi salah satu faktor agar kita bisa menjalankan aktivitas tersebut dengan lancar.

Untuk memanjakan pengguna smartphone 4G, operator seluler juga menawarkan paket internet menarik. Dan rata-rata akan menghemat porsi lebih besar jika menggunakan jaringan 4G mereka.

Namun, tidak semua pengguna HP OPPO dapat menikmati kecepatan internet yang tinggi, terkadang lambat, dan sering berpindah jaringan ke 3G atau tanpa jaringan sama sekali.

Cara Mengunci (lock) Kode 4G Oppo

  1. Melalui Pengaturan
  2. Menggunakan kode jaringan
  3. Dengan pengalih aplikasi 4G
  4. Gunakan aplikasi Force LTE Only 4G / 5G

Kiat Tambahan

Tidak dapat menerima dan melakukan panggilan telepon

Kembalikan jaringan seperti sebelumnya

Cara mengunci (lock) jaringan OPPO 4G saja

Salah satu faktor yang membuat internet Oppo 4G Anda lemot dan sering berpindah-pindah, adalah karena lokasi Anda yang sangat jauh dari BTS dari operator yang Anda gunakan.

Untuk menyiasatinya, suka atau tidak suka, Anda harus mengunci ponsel OPPO 4G ini agar tidak pindah jaringan lagi dan mendapatkan kecepatan akses internet yang maksimal.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengunci 4G di HP OPPO, namun sekarang saya hanya membagikan cara yang paling mudah dan bisa menerapkan di semua jenis HP OPPO 4G dari yang terbaru hingga yang lama.

Mengunci jaringan 4G tidak sesulit yang Anda bayangkan, Anda bisa mengikuti panduan lengkapnya di sini.

1. Melalui Pengaturan

Kode 4G Oppo melalui Pengaturan

Cara pertama mengunci jaringan 4G LTE di HP OPPO adalah dengan masuk ke menu Setting. Cara ini paling praktis dan kita juga bisa menerapkannya di semua ponsel OPPO, baik yang lebih baru maupun yang lebih lawas.

  • Buka menu pengaturan HP OPPO Anda.
  • Pilih Dual SIM & Seluler.
  • Pilih SIM1 atau SIM2 yang menjadikannya default untuk Internet.
  • Selanjutnya, pilih jenis jaringan yang disukai.
  • Pilih 4G/3G/2G (Otomatis).

Penguncian jaringan 4G dengan cara ini hanya bersifat sementara, jika ada panggilan masuk atau SMS otomatis akan berubah kembali menjadi 3G. Jika Anda memang ingin menguncinya secara permanen agar tidak berpindah-pindah lagi, gunakan metode kunci dengan ikon jaringan di bawah ini.

2, Menggunakan kode jaringan

Kode 4G Oppo melalui Jaringan

Cara kedua adalah dengan menggunakan kode jaringan pada Smartphone OPO. Cara ini adalah cara paling ampuh untuk melakukan penguncian 4G LTE pada HP OPPO tipe lama. Inilah cara lengkapnya.

  • Buka aplikasi telepon.
  • Ketik *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*.
  • Setelah itu Anda akan secara otomatis masuk ke menu tes.
  • Di menu pilih Informasi telepon.
  • Di bagian bawah, atur jenis jaringan pilihan Anda, pilih 4G saja.
  • Tunggu sinyal berubah menjadi 4G.

3. Dengan pengalih aplikasi 4G

Alternatif mudah lainnya untuk mengunci sinyal 4G / Kode 4G Oppo adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Cara ini bisa Anda gunakan dengan HP OPPO tipe terbaru, karena saat ini menggunakan cara via kode jaringan sudah tidak memungkinkan lagi.

  • Instal 4G LTE Switch melalui Play Store.
  • Buka aplikasi dan pilih menu test.
  • Kemudian atur jenis jaringan yang diinginkan.
  • Pilih jaringan LTE saja.

Silakan lihat status bar di atas untuk melihat apakah sinyal sudah berubah menjadi 4G atau belum.

Jika cara ini tidak lagi berfungsi di ponsel Oppo Anda, silakan gunakan aplikasi Force Force LTE Only 4G/5G.

4. Gunakan aplikasi Force LTE Only 4G / 5G

Paksa LTE 4G dan 5G Oppo

Aplikasi ini adalah satu-satunya yang masih dapat digunakan untuk mengunci Oppo 4G dan bahkan kompatibel dengan Android 11. Jika ponsel Oppo Anda mendukung 5G, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengunci jaringan 5G.

  • Pertama buka Google Play Store, lalu instal Force LTE Only (4G/5G).
  • Buka aplikasi, dan kemudian beberapa metode kunci 4G akan muncul.
  • Pilih Metode 1 jika Anda menggunakan Android 10 atau lebih rendah atau pilih Metode 2 jika ponsel Anda menggunakan Android 11.

Perlu Anda ketahui, jika cara ini hanya berfungsi untuk internet di SIM 1 maka pastikan Anda sudah mengganti akses internet default ke SIM 1.

Tips Tambahan Kode 4G Oppo

Banyak yang menanyakan beberapa pertanyaan mengenai masalah setelah melakukan penguncian jaringan 4G. Cara mengunci ini memang memiliki banyak kelebihan tetapi tentu saja ada juga kekurangannya.

  • Tidak dapat menerima dan melakukan panggilan telepon

Metode penguncian jaringan 4G akan mengakibatkan Anda tidak dapat menerima dan melakukan panggilan telepon atau pesan SMS. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengaktifkan VoLTE (Voice Over LTE). Namun tidak semua ponsel Oppo mendukung teknologi VoLTE.

Jika operator Anda dan ponsel Oppo sudah mendukung VoLTE, silakan aktifkan di menu Pengaturan – Kartu SIM & Data Seluler – Pilih SIM – lalu aktifkan Volte.

  • Kembalikan jaringan seperti sebelumnya

Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan jaringan ke keadaan semula, silakan ubah pengaturan dari LTE only menjadi LTE/GSM auto (PRL).

Alternatif lain bisa dilakukan melalui menu Setting – Dual SIM, Jaringan Seluler/SIM dan Mobile Data – Pilih SIM – Preferred Network Type – Pilih 4G/3G/2G (Otomatis).

Kesimpulan

Semoga ketiga cara kode 4G Oppo ini berhasil dengan baik, jika tidak berhasil, maka Anda harus memastikan bahwa ponsel yang Anda gunakan mendukung 4G dan kartu SIM yang Anda gunakan berkemampuan 4G LTE. Begitu juga dengan lokasi tempat tinggal Anda yang sudah tercover oleh jaringan 4G ini.

Nah, itu dia untuk tips hari ini tentang cara mengunci ponsel OPPO 4G LTE yang bisa Anda gunakan. Semoga dengan beberapa tips diatas bisa berhasil mengunci sinyal LTE ini agar tidak bergerak lagi sehingga bermain game online menjadi lebih lancar tanpa delay. Dan nonton film di Youtube tanpa buffering lagi.

  • Bagikan