Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru

Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru
Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru. Sumber Gambar: Google.com

Apakah penyebab motor susah distarter padahal aki baru. Alasan sulit menghidupkan mesin meski aki baru yang perlu anda ketahui. Ini adalah hal yang cukup menjengkelkan jika pernah merasakannya.  Tentunya, dengan membeli aki baru kita berharap motor akan lancar distarter. Tetapi, terkadang tidak begitu.

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru

Salah satu penyebab sulitnya menghidupkan mesin adalah kerusakan pada baterai. Namun ketika ini terjadi, tidak serta merta memerlukan penggantian suku cadang dengan segera.

Tetapi, bisa jadi sebaliknya. Anda memiliki baterai baru, namun motor terkadang tidak berfungsi dan sulit untuk hidup.

Untuk ciri-ciri aki yang rusak adalah lampu yang redup dan klakson yang lemah.

Kalau aki jelas aman tapi motor masih rewel, mungkin ada masalah lagi.

Berikut beberapa alasan kenapa mesin sulit menyala meski aki masih baru, seperti kami kutip dari situs resmi Suzuki.

Apa saja penyebab motor susah distarter padahal aki baru

1. Masalah Kotoran dan Sambungan Kendor

A. Masalah dengan kabel dan soket

Tidak hanya faktor baterai, sistem kelistrikan dan starter elektrik juga memiliki peran besar. Pemasangan kabel ini harus benar agar arus listrik dapat mengalir dengan baik.

BACA JUGA:   Bagian Dalam Toyota Hiace

Sayangnya, karena getaran dan bahkan gigitan tikus, kabel dan soket ini dapat bermasalah. Kabel dapat putus sehingga menyebabkan kerusakan listrik.

Lebih berbahaya lagi jika terjadi korsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu.

B. Starter listrik kotor

Alasan lain mengapa mesin sulit hidup adalah adanya kerak pada tombol start yang mudah terlihat karena sering terkena hujan, debu dan kotoran lainnya.

Ketika starter terhambat kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menghidupkan mesin. Tidak ada arus listrik yang mengalir dari starter listrik sehingga percikan api dapat menyalakan api.

C. Masalah sakelar rem

Alasan lainnya adalah kerusakan pada sepeda motor modern yang memiliki tambahan side stand switch. Fitur keamanan ini akan bekerja ketika Anda menurunkan standar samping dan kemudian membuat mesin berhenti bekerja.

Kerusakan pada bagian ini akibat kotoran misalnya bisa membuat mesin sulit “hidup” seperti yang Anda ketahui.

2. Karena Kerusakan

A. Dinamo starter bermasalah

Jika starter mesin masih tidak menyala setelah Anda membersihkannya, masalahnya mungkin pada dinamo starter. Komponen ini berperan sebagai penggerak roda gigi flywheel agar starter mesin dapat berfungsi.

Kegagalan starter dinamo sangat jarang terjadi karena komponen ini benar-benar aman. Namun, kerusakan dapat terjadi karena pelepasan dan bahkan hangusnya koil atau sikat arang.

B. Busi lemah

Seringkali kegagalan busi menjadi penyebab sulitnya menghidupkan mesin. Komponen ini memiliki umur, dan jika kekuatannya melemah akan menghasilkan bunga api yang lebih kecil.

BACA JUGA:   Pembakaran Pada Motor Diesel Terjadi Pada Saat Posisi Piston

Ini adalah salah satu penyebab motor susah distarter padahal aki baru.

C. Rusaknya Bendik

Motor memiliki komponen Bendik yang berfungsi untuk memicu aliran listrik dari baterai. Listrik selanjutnya akan dikirim ke dinamo starter yang mana mesin akan hidup. Jika bendik rusak, arus listrik tidak sampai ke dinamo starter. Hasilnya mesin tidak mau hidup, bahkan muncul suara aneh.

D. Sekering putus

Alasan sulitnya menghidupkan mesin selanjutnya adalah kerusakan sekring. Sekering adalah bagian dari komponen listrik yang menerima listrik dari baterai.

Sekering yang putus akan mencegah mesin hidup. Hal ini menyebabkan tidak ada aliran listrik ke starter listrik dan motor tidak dapat hidup.

E. Tekanan kompresi mesin bocor

Kebocoran kompresi adalah masalah yang sering muncul dan membuat mesin tidak bisa hidup. Anda dapat memeriksa sendiri apakah kebocoran kompresi adalah penyebabnya.

Caranya adalah dengan melepas busi terlebih dahulu kemudian menutup lubang busi dengan ibu jari.

Kemudian Anda bisa menyalakan motor dengan kick starter dan jika tekanan kaki terasa lemah atau kendor, pasti terjadi kebocoran kompresi.

Namun jika Anda merasa berat saat menggunakan starter, maka masalahnya bukan pada tekanannya. Kebocoran dapat terjadi pada klep atau antara ring piston dan dinding silinder.