Kenapa Indihome Lemot
Kenapa Indihome Lemot

Kenapa Indihome Lemot

6 penyebab kenapa Indihome lemot dan cara mengatasinya. Anda sudah terbiasa dengan Indihome lemot? Memang Anda tidak sendirian. Jika minimal sudah berlangganan 3 bulan, pastinya pernah merasakan hal ini.

Bagi pengguna Indihome pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah wifi yang lemot. Banyak pengguna sering mengeluh tentang penurunan kecepatan internet secara tiba-tiba. Lalu apa penyebab WiFi Indihome lemot dan bagaimana cara mengatasinya? Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini:

Kenapa Indihome lemot

1. Perawatan jaringan

Indihome selalu melakukan pengecekan dan perawatan WiFi secara berkala untuk memastikan koneksi internet selalu dalam kondisi baik. Namun, proses ini sering memengaruhi kecepatan internet pengguna. Kecepatan yang sebelumnya stabil bisa tiba-tiba berkurang karena proses perawatan ini.

Selain itu, faktor lain seperti pohon tumbang saat hujan atau putusnya kabel juga berpengaruh. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini. Setelah proses perbaikan selesai, koneksi internet Anda akan kembali normal.

Alasan kenapa Indihome lemot selanjutnya.

2. Batas penggunaan “wajar” terlampaui

Penyebab lambatnya WiFi Indihome yang cukup umum adalah pemakaian yang sudah melebihi batas wajar atau FUP. Kebijakan penggunaan wajar adalah kebijakan yang dapat menyebabkan penurunan kecepatan internet secara tiba-tiba setelah penggunaan melebihi batas yang wajar. Meski tidak dibatasi, Indihome tetap memiliki kebijakan untuk membatasi penggunaan.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus memeriksa penggunaan secara teratur. Namun jika FUP ( Fair Usage Policy ) terus terjadi, sebaiknya segera update paket Wi-Fi agar batas pemakaian menjadi lebih tinggi.

3. Masalah dengan modem atau router

Alasan kenapa Indihome lemot juga dapat dipengaruhi oleh kondisi modem atau router. Jika modem terlalu panas, kecepatan internet juga akan menurun. Cara mengatasinya adalah dengan reboot. Sebelum me-restart modem, sebaiknya matikan sebentar sebelum menyalakannya kembali.

Setelah modem dinyalakan kembali, jangan lupa cek speedtest kecepatan internetnya. Jika kecepatannya meningkat, di situlah masalahnya berakhir. Namun, jika tetap sama maka itu berarti ada masalah lain dengan Wi-Fi.

4. Pasang Router diposisi lebih tinggi

Jika posisi router lebih tinggi, diharapkan sinyal yang masuk akan lebih kuat. Tentunya, sinyal ini tidak terlalu terhalang meja, kursi atau lainnya.

Kita, misalnya bisa menempatkan router di atas almari atau di tempat tertentu di tembok.

5. Gangguan dengan jaringan serat optik

Hingga saat ini, serat optik dikenal sebagai material yang lebih tahan terhadap interferensi dibandingkan kabel biasa. Namun, interferensi juga dapat terjadi pada material ini. Beberapa penyakit umum termasuk serat optik yang rusak, koneksi yang longgar, dan jalur yang terlalu melengkung. Jadi, sinyal di dalam kabel fiber optik yang terganggu menjadi alasan kenapa Indihome lemot.

Masalah seperti ini agak sulit untuk dipecahkan sendiri. Jika Anda merasa ada yang salah dengan Wi-Fi, segera laporkan secara luas ke layanan Indihome. Dengan cara ini, penyebab masalah segera ditemukan dan diperbaiki.

6. Penggunaan material tertentu sebagai partisi

Hal aneh juga sering terjadi seperti perbedaan koneksi antar ruangan dalam satu gedung. Meski berada di gedung yang sama, tak jarang koneksi internet berubah-ubah. Hal semacam ini dipengaruhi oleh penggunaan material seperti beton, batu bata dan marmer sebagai pembatas ruangan.

Materi semacam ini tampaknya dapat menghalangi koneksi reguler ke Internet. Solusinya adalah dengan menempatkan modem Wi-Fi di tempat yang strategis. Tempatkan modem di area terbuka di mana semua orang dapat menjangkaunya.

7. Terlalu banyak jaringan yang terhubung

Kenapa Indihome lemot jika tidak ada angin, tidak ada hujan dan semua perangkat baik-baik saja. Tetapi koneksi internet tiba-tiba turun, bisa jadi karena terlalu banyak orang yang menggunakannya. Semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin lambat koneksi internet Wi-Fi. Terutama jika pengguna sedang streaming atau menyelesaikan unduhan.

Untuk menghindari hal semacam ini, Anda bisa mengganti password secara berkala. Pembatasan pengguna sangat penting untuk memastikan koneksi internet Anda selalu stabil.

8. Batasi kecepatan download

Kita bisa membatasi kecepatan download setiap perangkat yang terhubung. Jadi, jika ada yang mendownload file sangat besar, misalnya film, maka kecepatan download juga sama. Jika begitu, maka masih akan memberikan kesempatan kepada yang lain. Karena yang lain tidak perlu menunggu download besar itu selesai. Tetapi bisa menggunakan jaringan bersama.

Kesimpulan kenapa Indihome lemot

Itulah beberapa penyebab kenapa Indihome lemot dan cara mengatasinya. Setelah Anda mengetahuinya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengingatnya agar tidak bingung ketika terjadi masalah seperti ini dan tahu cara memperbaikinya. Saya harap ini membantu.

Kunjungi juga

Nada Dering WA

Pembuat Nada Dering WA Terbaik dan Terlengkap Saat Ini, Sudah Coba?

Nada dering WA dan cara membuatnya. Mengubah nada dering adalah cara mudah untuk menjadikan WhatsApp di …