Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA

  • Bagikan
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA

Cara cek tagihan listrik lewat WA. Listrik sudah menjadi salah satu hal yang wajib saat ini. Dan seolah tanpa adanya sambungan listrik, segala aktivitas bisa terganggu. Membayar tagihan listrik tepat waktu adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan setiap bulannya. Sampai saat ini, Anda masih kesulitan untuk mengecek jumlah tagihan listrik bulanan Anda? Tenang saja, ada berbagai cara untuk mengetahui besaran tagihan listrik PLN Anda.

Anda tidak perlu repot datang ke kantor PLN terdekat, Anda bisa cek tagihan listrik PLN dengan lima cara berikut ini. Pilih cara yang menurut Anda paling mudah!

Cara cek tagihan listrik lewat WA

  • Hubungi WhatsApp PLN kami di 0812-2123-123
  • Ketik “Halo / Hai”
  • Balasan obrolan akan menampilkan pesan otomatis yang berisi daftar informasi yang ingin Anda ketahui
  • Ketik “2” untuk membaca meteran secara mandiri (pascabayar)
  • Ketik “1” untuk melanjutkan proses membaca meteran mandiri
  • Masukkan ID pelanggan Anda
  • Terus laporkan nomor stand meter
  • Balasan chat akan menampilkan informasi ID pelanggan dan tagihan listrik

Perlu diketahui bahwa untuk melaporkan tagihan, pelanggan dapat melaporkan jadwal yang telah ditentukan. Jika penyerahan nomor meteran pemegang di luar tanggal yang ditentukan, maka tidak akan digunakan sebagai nomor dalam perhitungan tagihan listrik.

Cek tagihan listrik PLN melalui telepon

Cara ini pasti sudah Anda ketahui dan mungkin mengecek tagihan listrik PLN melalui telepon bisa sangat merepotkan saat ini. Jika Anda tetap ingin menggunakan layanan ini, Anda hanya perlu menghubungi customer service PLB. Caranya adalah dengan melakukan panggilan ke call center PLN di 123, layanan call center ini bisa dihubungi 24 jam sehari.

Cara cek tagihan listrik lewat SMS

Cara cek tagihan listrik ini bisa kurang merepotkan dibanding harus menelepon call center PLN. Bisa cek langsung via SMS, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, hanya untuk masuk pada bulan tertentu, dan kedua, Anda juga dapat berlangganan setiap bulan untuk mendapatkan informasi tagihan listrik bulanan Anda secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memeriksa tagihan listrik Anda melalui SMS.

Periksa tagihan listrik Anda setiap bulan

  • Kirim SMS format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Cek informasi tagihan listrik setiap bulan secara otomatis (berlangganan)

  • Kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Jika Anda ingin berhenti berlangganan, Anda dapat mengirim SMS langsung dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) nomor ID Pelanggan, kirim ke 8123. Setiap kali Anda melakukan pengecekan melalui SMS, Anda akan dikenakan biaya Rp 500 ( tidak termasuk PPN 10% ) per pesan teks.

Cek tagihan listrik PLN Anda melalui website

Selain telepon dan SMS, Anda juga dapat melakukan pengecekan tagihan listrik melalui website. Cara ini tentunya jauh lebih mudah dari dua cara sebelumnya. Anda hanya perlu memiliki Internet. Salah satu website yang bisa melacak tagihan listrik adalah Cekbill. Jadi, cukup akses website ini di www.cekbill.com, di sini Anda dapat menemukan informasi tentang tagihan listrik bulanan Anda.

Cek tagihan listrik Anda melalui aplikasi PLN Mobile

Cara lain yang juga akan memudahkan Anda saat cek tagihan listrik adalah dengan mendownload atau mendownload aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda. Smartphone yang menjalankan OS Android atau iOS sudah dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Selain cek tagihan listrik, aplikasi ini juga memberikan informasi lain seperti informasi status listrik, informasi progres aplikasi, dan saran pengaduan pelanggan.

Untuk cek tagihan listrik Anda bisa mengikuti 5 langkah mudah ini.

  • Pilih daftar informasi di tab menu
  • Pilih daftar informasi tagihan dan kode listrik
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran
  • Klik Cari
  • Aplikasi akan otomatis menampilkan status tagihan listrik dengan jumlah tagihan

Berlangganan e-billing PLN

Cara mudah lainnya untuk mengecek status atau informasi tagihan adalah dengan mendaftar e-billing PLN. Anda harus terlebih dahulu melakukan registrasi e-billing PLN. Pendaftaran bisa langsung di website resmi PLN.

Apakah cek tagihan listrik PLN itu mudah? Yang tidak mau repot anda bisa langsung memilih cara cek tagihan listrik yang memudahkan anda. Jika Anda bisa mengetahui tagihan listrik bulanan Anda, tentunya Anda bisa melakukan penghematan. Misalnya dengan mengurangi penggunaan listrik di siang hari.

  • Bagikan