Nomor Whatsapp PLN Pengaduan
Nomor Whatsapp PLN Pengaduan

Nomor WhatsApp PLN Pengaduan

Anda mencari nomor WhatsApp PLN pengaduan ?. PLN siapkan pengaduan via WhatsApp untuk laporan meteran mandiri, nomor pelanggan.  Nomor bebas pulsa call center PLN 123 buka 24 jam.  Listrik merupakan hal yang fundamental dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika terjadi pemadaman listrik, jelas akan mengganggu aktivitas masyarakat.

Beberapa contoh gangguan listrik yang biasa terjadi antara lain pemadaman listrik, kenaikan tegangan listrik akibat sambaran petir, fluktuasi listrik yang tidak stabil, dan masih banyak lagi.

Jika keadaan seperti itu muncul, jangan panik. PLN telah menyediakan fasilitas layanan yaitu PLN 123 call center.

Nomor WhatsApp PLN pengaduan

Seperti disebutkan di atas, Call Center PLN 123 merupakan layanan yang diberikan PLN untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Beberapa layanan yang diberikan oleh call center PLN 123 antara lain:

Adapun beberapa layanan yang disediakan oleh call center PLN 123 antara lain:

  • Pengaduan gangguan listrik
  • Pelayanan listrik terbaru
  • Informasi tagihan listrik
  • Sambungan listrik baru
  • Pengubahan daya listrik
  • Sambungan sementara
  • Migrasi tagihan listrik dari pascabayar ke prabayar

Call center PLN 123 memudahkan masyarakat untuk mengajukan pengaduan. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir antrean di kantor PLN. Prosesnya juga cepat.

Selain itu, call center PLN 123 beroperasi 24 jam sehari. Artinya masyarakat dapat menghubungi layanan ini kapan saja dan dimana saja. Satu lagi, layanan ini gratis.

Hubungi call center PLN 123

Mengadukan masalah dan pemadaman listrik kini lebih mudah. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor PLN, terlalu membosankan dan memakan waktu.

Kini PLN menawarkan banyak cara supaya para pelanggannya dapat menyampaiakn keluhan dengan mudah. Termasuk nomor WhatsApp PLN pengaduan

1. Hubungi 123

Anda dapat menghubungi layanan PLN 123 melalui telepon biasa atau ponsel. Jika Anda menggunakan telepon biasa, Anda dapat langsung menelepon 123 dan akan terhubung ke petugas PLN.

Namun, jika Anda ingin menggunakan ponsel, jangan lupa untuk menambahkan kode area tempat tinggal Anda sebelum menekan angka 123.

Setelah menekan kode, ada 3 pilihan layanan dari PLN:

  • Tekan 1 untuk layanan informasi tagihan listrik
  • Tekan 2 untuk keluhan gangguan dan layanan keluhan pelanggan
  • Tekan 3 untuk layanan koneksi baru, perubahan daya, pengubahan daya dan layanan lainnya

Cukup mudah bukan?

2. Melalui media sosial

Selain melalui nomor WhatsApp PLN pengaduan, keluhan bisa disampaiakan melalui media sosial. Aktivitas masyarakat saat ini tidak lepas dari media sosial. Dalam konteks ini, PLN juga memberikan layanan di sejumlah platform media sosial. Tujuannya tak lain adalah agar layanan PLN bisa melayani lebih banyak kalangan.

Berikut adalah platform media sosial resmi PLN:

  • Twitter: @pln_123
  • Facebook: 123 PLN

3. Melalui email

Anda juga dapat mengajukan keluhan melalui email atau menanyakan tentang layanan PLN lainnya. Kirimkan surat elektronik Anda ke PLN di pln123@pln.co.id.

4. Kunjungi website PLN

Alternatif lain dari Nomor WhatsApp PLN pengaduan adalah dengan pengaduan di website resmi. Anda juga dapat menyampaikan laporan pemadaman layanan PLN melalui website PLN di www.pln.co.id.

5. Aplikasi Seluler PLN

Selain peningkatan penggunaan smartphone, PLN juga memperluas layanan berupa aplikasi yang dapat diunduh di smartphone. Nama aplikasinya PLN Mobile.

PLN Mobile merupakan aplikasi mobile unruk pelanggan yang terintegrasi dengan dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Aplikasi ini merupakan bentuk sinergi antara layanan PLN kepada pelanggan. Setelah sebelumnya menggunakan Contact Center PLN 123, Facebook, Twitter dan Web PLN. Aplikasi mobile resmi PLN ini berisi layanan informasi dan komunikasi interaktif antara pelanggan dengan PLN terkait layanan kelistrikan.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan data pelanggan terpadu dengan tingkat validasi data, akurasi dan keamanan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Kelebihan dan keunggulan aplikasi PLN Mobile :

Di aplikasi ini, bisa juga untuk keluhan. Jadi tidak terbatas di nomor WhatsApp PLN pengaduan.

  1. Pelanggan bisa mendapatkan informasi kelistrikan terbaru yang valid, resmi, nyaman dan cepat.
  2. Interaktif dan komunikatif antara pelanggan dengan PLN.
  3. Menciptakan komunikasi yang seimbang dalam batasan dan aturan kode keamanan yang berlaku.

Cara install aplikasi mobile PLN

Saat ini aplikasi PLN MOBILE hanya tersedia di Google Play Store dan kompatibel dengan gadget berbasis sistem operasi Android hingga versi 5.

Anda dapat mengunduh aplikasi dari tautan berikut: ( disini.) Aplikasi ini sedang dalam pengembangan lebih lanjut dan juga akan tersedia di iOS.

6. Melalui WhatsApp PLN

Nomor WhatsApp PLN pengaduan tentang pemadaman atau layanan terkait listrik PLN juga dapat Anda lakukan melalui 08122-123-123.

PLN sedang menyiapkan pengaduan melalui WhatsApp untuk laporan meteran mandiri. PLN menghentikan sementara proses pendaftaran dan pencatatan meteran untuk pelanggan pascabayar.

Namun, mulai tagihan Mei 2020, PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp terpusat bagi pelanggan yang ingin menyampaikan nomor stand meter dan foto kWh meter.

“Ini adalah bagian dari protokol yang kami lakukan dengan mengurangi interaksi langsung antara petugas dan pelanggan.” kata Yuddy Setyo Wicaksono, Senior Executive Vice President Business & Customer Service PLN.

Jadi, bukan hanya nomor WhatsApp PLN pengaduan. Pelanggan pascabayar dapat memberikan nomor kWh meternya melalui layanan WhatsApp terpusat PLN.

  1. Siapkan nomor stand kWh dan jumlah penggunaan di stand meter.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan kirim pesan ke 08122 123 123.
  3. Ketik 2 untuk melaporkan penggunaan pascabayar
  4. Kemudian ikuti langkah-langkah di WhatsApp.

Pelaporan angka pembacaan meter dapat dilakukan oleh pelanggan berdasarkan tanggal pendaftaran meteran masing-masing pelanggan. Yang diinformasikan di awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp.

  • Laporan pelanggan tersebut kemudian menjadi dasar perhitungan bulanan tagihan listrik pelanggan.
  • Pelanggan pascabayar dapat memberikan nomor kWh meter mereka melalui layanan WhatsApp terpusat.
  • PLN siapkan pengaduan via WhatsApp untuk laporan meteran sewcara mandiri.

“Kemudian pelanggan akan melaporkan rekening tagihan Mei pada akhir April. Begitu juga pada akhir Mei, kami meminta pelanggan melaporkan angka di meteran sebagai dasar penghitungan tagihan bulan Juni,” kata Yuddy.

Bagi pelanggan yang tidak memberikan nilai kWh meter, perhitungan tagihan listrik didasarkan pada perhitungan rata-rata pemakaian listrik tiga bulan terakhir.

“Jadi pelanggan yang tidak bisa mendaftar tidak perlu khawatir,” tambah Yuddy.

Kesimpulan nomor WhatsApp PLN pengaduan

Ditambahkannya, jika ada aduan atau aduan dari pelanggan mengenai ketidaksesuaian registrasi akhir loket kWh meter dengan perhitungan tagihan, akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya agar pelanggan tidak dirugikan.

Pengaduan bisa langsung ke contact center PLN 123.

Pelanggan pascabayar dapat memberikan nomor kWh meter mereka melalui layanan WhatsApp terpusat.

Kunjungi juga

Kode BNI

Kode BNI Untuk Transfer dan Daftar Kode Bank lain.

Kode BNI adalah 009. Juga, kode bank lainnya. Jadi, kode ini kode yang kita pergunakan …