Cara Daftar Token Listrik Gratis Lewat WA

  • Bagikan
Cara Daftar Token Listrik Gratis Lewat WA
Cara Daftar Token Listrik Gratis Lewat WA

Merebaknya pandemi di Indonesia mendorong pemerintah untuk terus memberikan stimulus guna menjaga stabilitas ekonomi di masyarakat, salah satunya adalah kebijakan mengenai listrik gratis. Hal ini mungkin tidak asing lagi mengingat sudah banyak masyarakat yang mencari tahu bagaimana daftar token listrik gratis lewat WA atau lain sebagainya.

Platform WA menjadi salah satu metode yang diterapkan oleh pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya berkaitan dengan informasi seputar perkembangan Covid-19 yang bisa diakses oleh masyarakat, namun juga fasilitas lain seperti halnya daftar token listrik gratis lewat WA.

Sebenarnya, cara ini bukanlah satu-satunya metode yang bisa diakses oleh masyarakat. Selain cara ini ada beberapa metode lain yang tidak kalah praktis untuk mendapat subsidi listrik di tahun 2021, dengan catatan masyarakat masuk dalam prioritas utama penerima bantuan dari pemerintah.

Kategori Pelanggan Penerima Bantuan Listrik Gratis

Mengingat tidak semua pelanggan PLN masuk dalam prioritas penerima subsidi listrik gratis, maka hanya beberapa kategori pelanggan saja yang bisa daftar token listrik gratis atau metode lainnya. Adapun kategori tersebut meliputi 2 kriteria sebagai berikut.

  • Pelanggan pengguna daya 450 watt

Pemerintah memastikan setiap pelanggan yang menggunakan daya listrik 450 watt akan diberikan diskon gratis 100%. Hal ini berlaku untuk daya listrik yang digunakan secara pribadi maupun bidang usaha tertentu. Untuk mendapatkan bantuan subsidi ini, pelanggan bisa dengan cara ini  atau metode lain yang diterapkan oleh PLN.

  • Pelanggan pengguna daya 900 watt

Berbeda dengan pengguna daya sebesar 450 watt di atas, dalam hal ini pemerintah mengatur kebijakan subsidi bagi pengguna daya 900 watt hanya sebesar 50%. Artinya pelanggan tidak memperoleh bantuan subsidi secara keseluruhan melainkan tetap harus membayar setengahnya. Hal ini juga berlaku baik penggunaan pribadi maupun bidang usaha tertentu. Sama seperti pengguna daya 450 watt, ada beberapa metode yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu daftar token listrik gratis lewat WA.

Perlu diketahui, pemberian subsidi listrik gratis dari pemerintah maksimal hanya diperuntukkan bagi pengguna daya 900 watt. Artinya, jika Anda menggunakan daya listrik lebih dari 900 watt maka Anda tidak berhak mendapat subsidi tersebut dan harus membayar secara keseluruhan sesuai tagihan yang diberikan. Namun, jika Anda tidak dapat memastikan berapa besar daya listrik yang dipakai, tidak ada salahnya Anda mencobanya.

Panduan Daftar Token Listrik Gratis Lewat WA

Platform WA dipilih sebagai salah satu metode yang dapat diakses oleh pelanggan untuk mendapat informasi seputar token listrik. Cara yang dapat dilakukan pun cukup mudah dibanding beberapa metode lainnya. Berikut ini panduan daftar token listrik gratis lewat WA yang bisa Anda coba.

  1. Supaya proses daftar lebih mudah, silahkan simpan nomor resmi +628122123123 di daftar kontak telepon Anda.
  2. Berikutnya buka aplikasi Whatsapp kemudian kirim pesan ke nomor tersebut yang berisi tentang seputar pertanyaan token listrik gratis.
  3. Anda akan menerima pesan balasan yang berisi tentang beberapa menu pilihan. Silakan pilih token listrik gratis atau opsi lain yang mengarah pada bantuan subsidi listrik.
  4. Masukkan nomor ID pelanggan Anda kemudian kirim.
  5. Jika ada merupakan salah satu pelanggan yang menggunakan daya 450 atau 900 watt, maka Anda akan memperoleh nomor token gratis.
  6. Masukkan nomor yang telah didapat ke meteran. Pastikan muncul notifikasi “Benar” menambah saldo listrik Anda.

Cara daftar ini tidak berlaku apabila meteran yang Anda gunakan masih pascabayar. Biasanya meteran ini dipakai untuk pelanggan lama yang belum upgrade ke jenis meteran prabayar atau meteran yang telah menggunakan token listrik dalam sistem pembayarannya. 

Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir, sebab pelanggan lama yang masih menggunakan jenis meteran pascabayar akan mendapat bantuan secara otomatis tanpa harus membayar tagihan kepada petugas. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi daftar token listrik gratis lewat WA, sebab selama kurun waktu tertentu tidak akan ada petugas yang memberikan tagihan listrik kepada Anda.

Adapun selain itu, ada 2 metode lain yang juga dapat dilakukan untuk mengakses subsidi listrik gratis dari pemerintah. Kedua metode tersebut yaitu melalui website resmi PLN dan atau aplikasi mobile PLN.

Daftar token listrik gratis lewat website PLN

Seiring dengan maraknya pemalsuan website untuk mengambil data pelanggan, maka Anda harus lebih berhati-hati. Berikut panduan akses token gratis PLN lewat website yang baik dan benar.

  1. Website resmi PLN hanya terdapat di https://www.pln.co.id/. Silahkan kunjungi laman tersebut melalui perangkat yang Anda gunakan.
  2. Masukkan ID pelanggan milik meteran Anda.
  3. Setelah berhasil diinput, maka secara langsung akan muncul nomor token listrik yang bisa Anda masukkan ke meteran.
  4. Ulangi jika Anda tidak memperoleh nomor token unik yang hanya dikhususkan untuk ID pelanggan Anda.

Daftar token listrik gratis lewat aplikasi

Alternatif lain untuk mengakses bantuan listrik dari pemerintah tanpa daftar adalah melalui aplikasi PLN mobile yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Berikut panduan yang bisa Anda lakukan.

  1. Buka aplikasi PLN mobile terbaru di smartphone Anda dan pastikan muncul “PLN Peduli Covid-19”.
  2. Jika Anda tidak menemukannya, silahkan pergi ke menu opsi “Info & Promo”.
  3. Pada kolom yang tersedia, isilah dengan nomor ID pelanggan yang Anda miliki.
  4. Jika nomor yang dimasukkan benar dan Anda merupakan salah satu pelanggan yang berhak menerima subsidi, maka akan muncul nomor token yang bisa langsung Anda input ke meteran.

Kedua metode ini bisa diterapkan jika Anda tidak bisa daftar token listrik gratis lewat WA. Baik karena kegagalan sistem atau memang kesalahan dari Anda. Biasanya, setiap ID pelanggan akan memperoleh kesempatan untuk mendapat nomor token listrik gratis baik yang diakses melalui WA, website, maupun aplikasi. Silahkan untuk mencoba metode lain apabila proses ini tidak membuahkan hasil.

Adapun hal yang perlu diperhatikan terkait subsidi listrik gratis dari pemerintah ini adalah bahwa pelanggan hanya berhak memperoleh bantuan maksimal 1 kali dalam 1 bulan. Untuk itu Anda harus daftar secara rutin baik di awal, pertengahan, maupun akhir bulan. Setelah memperoleh nomor token tersebut sangat disarankan agar langsung menginputnya di meteran.

Beberapa kasus terjadi dimana nomor token listrik gratis tidak bisa diinput ketika melewati bulan selanjutnya. Sebagai contoh, nomor token listrik untuk bulan Maret tidak bisa dimasukkan ketika telah memasuki bulan April, dan seterusnya. Meskipun tidak semua pelanggan mengalami hal serupa, namun sebaiknya masukkan nomor token tepat pada saat Anda daftar token listrik gratis lewat WA dan berhasil menerimanya.

  • Bagikan