Cara Paling Mudah Daftar Mobile Banking BCA

  • Bagikan
Daftar Mobile Banking BCA
Daftar Mobile Banking BCA

Transaksi lewat Mobile Banking bukanlah sesuatu yang terbilang baru. Di tahun 2021 ini, setidaknya sebagian besar nasabah bank telah menggunakan fasilitas Mobile Banking, terutama bagi pengguna layanan Bank BCA. Tak ayal, nasabah tidak perlu lagi bolak-balik ke mesin ATM bahkan antri di kantor cabang ketika sudah daftar Mobile Banking BCA.

Dibanding transaksi menggunakan metode lainnya, tentu dapat dipastikan jika Mobile Banking memiliki sejumlah kelebihan. Hal inilah mendorong mengapa tidak sedikit nasabah agar bisa menggunakan fasilitas di dalamnya.

Sekilas tentang Mobile Banking BCA

Setiap layanan Mobile Banking yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan perbankan memiliki fitur yang berbeda-beda. Demikian halnya jika nasabah daftar untuk memudahkan segala bentuk transaksi yang akan dilakukan.

Mobile Banking BCA sendiri terintegrasi melalui aplikasi BCA Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh baik untuk smartphone Android maupun IOS. Setelah nasabah daftar Mobile Banking BCA dan memiliki akun di BCA Mobile, maka ia cukup menggunakan smartphone ketika ingin melakukan berbagai macam transaksi perbankan. 

Adapun beberapa fitur yang terdapat dalam BCA Mobile sebagai berikut.

  • M-Info

Fitur yang satu ini memungkinkan nasabah dapat mengecek informasi saldo, mutasi rekening, hingga info lain terkait perbankan di BCA. 

  • M-Admin

Pada bagian fitur ini nasabah dapat memperbarui profil akun BCA Mobile. Salah satunya adalah terkait PIN, dimana nasabah cukup menggantinya langsung melalui smartphone tanpa harus datang ke mesin ATM atau kantor cabang.

  • M-Transfer

Inilah fungsi utama dari BCA Mobile. Setiap nasabah dapat melakukan transaksi keuangan baik ke sesama maupun antar bank secara langsung hanya melalui genggaman. Demikian pula ketika ingin menyetor atau menarik uang di mesin ATM, nasabah tidak perlu lagi menggunakan kartu.

  • M-Payment

Berbagai macam transaksi digital yang diperuntukan bagi berbagai macam pembayaran tagihan juga bisa dilakukan hanya melalui BCA Mobile. Nasabah yang ingin membayar tagihan seperti pulsa, PDAM, listrik, kartu kredit, asuransi, pendidikan atau lainnya bisa memanfaatkan fitur ini selagi saldo masih mencukupi.

Kelebihan Daftar Mobile Banking BCA

BCA merupakan salah satu perusahaan di bidang keuangan yang menawarkan fasilitas Mobile Banking bagi nasabahnya. Jadi, setiap nasabah dapat memaksimalkan fasilitas tersebut guna mendukung semua bentuk transaksi perbankan. Adapun beberapa kelebihan yang akan diperoleh nasabah adalah sebagai berikut.

  • Semua transaksi hanya dalam genggaman

Keuntungan pertama yang didapat yaitu aktivitas transaksi perbankan jadi lebih praktis dan efisien. Nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi keuangan seperti transfer, pembayaran tagihan, setor dan tarik tunai, serta kebutuhan perbankan lainnya tanpa harus bergantung pada kartu atau datang ke kantor.

  • Transfer sesama BCA jadi lebih cepat

Kelebihan lain yang didapat bagi nasabah adalah dapat melakukan transfer sesama BCA tanpa harus memasukkan nomor rekening tujuan. Hal ini berlaku jika penerima telah daftar Mobile Banking BCA. Hanya dengan melalui fitur QR code yang ditunjukkan pada saat transaksi, maka secara otomatis sejumlah uang yang akan ditransfer akan dikirim langsung.

  • Setor dan tarik tunai tanpa kartu ATM

Ketika nasabah lupa membawa kartu pada saat ingin setor atau tarik tunai, maka fitur cashless pada Mobile Banking BCA bisa menggantikan fungsinya. Cukup dengan mendatangi kartu ATM CDM atau biasa serta membawa smartphone yang terinstal BCA Mobile maka kedua transaksi ini sudah bisa dilakukan. Namun dengan syarat nasabah telah daftar Mobile Banking BCA sebelumnya.

  • Transaksi di cabang tanpa harus otorisasi kartu ATM

Fitur baru yang tak kalah menarik bagi nasabah BCA yaitu dapat mengurus keperluan transaksi perbankan tanpa harus otorisasi kartu. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur cardless pada BCA Mobile kemudian meneruskannya di kantor cabang. Tanpa harus menunggu lama serta dengan teknis yang cukup ribet, maka segala transaksi perbankan sudah dapat diselesaikan.

  • Lebih rendah risiko dibanding kartu ATM

Selanjutnya segala aktivitas transaksi perbankan tidak lagi harus bergantung pada mesin ATM. Dengan demikian nasabah dapat meminimalisir terjadinya beberapa masalah yang sering terjadi seperti kartu tertelan atau kejahatan skimming. Selain itu, fitur BCA Mobile juga memiliki sistem keamanan cukup baik, sehingga dapat memberi keamanan terhadap segala transaksi perbankan nasabah.

Cara Daftar Mobile Banking BCA

Agar memiliki akses ke fitur Mobile Banking, nasabah BCA bisa mengaktifkannya di mesin ATM khusus BCA terdekat. Panduannya tidak berbeda jauh dari proses registrasi Mobile Banking pada umumnya. Berikut panduan cara daftar Mobile Banking BCA yang bisa dilakukan melalui mesin ATM.

  1. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat. Perlu diketahui bahwa registrasi Mobile Banking tidak bisa dilakukan di mesin ATM bersama yang bukan dikhususkan untuk nasabah BCA.
  2. Masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM dengan benar dan pastikan kartu dapat masuk serta terdeteksi oleh sistem. Kemudian masukan 6 digit PIN yang terdaftar di kartu tersebut.
  3. Pilih menu “Transaksi Lainnya” yang biasanya terletak di bagian opsi paling bawah.
  4. Di menu selanjutnya silahkan pilih “Daftar E-Banking” dan pilih opsi “Mobile Banking”.
  5. Akan muncul pernyataan tentang ketentuan yang perlu dibaca sebelum nasabah menyetujuinya. Jika selesai langsung klik “Ya”.
  6. Di kolom yang tersedia, isikan nomor telepon yang biasa digunakan oleh nasabah. Pastikan nomor telepon tersebut terpasang di smartphone.
  7. Selanjutnya nasabah akan diminta agar membuat PIN baru yang dipergunakan untuk password ketika masuk ke Mobile Banking BCA.
  8. Ulangi kembali PIN yang telah dimasukkan dan registrasi Mobile Banking BCA telah selesai.
  9. Silahkan unduh aplikasi BCA Mobile di Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

Sampai disini nasabah belum bisa menggunakan layanan Mobile Banking BCA karena harus meng aktivasinya terlebih dulu. Berikut cara aktivasi Mobile Banking di kantor cabang BCA.

  1. Kunjungi dan bawalah kartu ATM, buku tabungan, kartu identitas (KTP/SIM), Paspor (jika ada) ke kantor cabang Bank BCA.
  2. Pastikan nasabah telah mendaftarkan BCA Mobile dan atau aktivitas non finansial pada smartphone yang digunakan.
  3. Selanjutnya nasabah tinggal menunggu proses dari petugas untuk selanjutnya layanan Mobile Banking melalui BCA Mobile dapat digunakan.

Demikian panduan cara daftar Mobile Banking BCA yang bisa dilakukan untuk menikmati layanan transaksi perbankan melalui smartphone.

  • Bagikan