banner 728x250

Cara Bayar Pajak Motor Lewat Mobile Banking BCA

  • Share
Cara Bayar Pajak Motor Lewat Mobile Banking BCA
Ilustrasi Cara Bayar Pajak Motor Lewat Mobile Banking BCA

Membayar pajak motor kini tak lagi harus mendatangi kantor Samsat terdekat. Cukup dengan melalui smartphone, Anda sudah bisa melakukan bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA. Mengapa harus Mobile Banking BCA yang dipilih?

Seperti yang kita tahu, mobile banking menawarkan berbagai kemudahan transaksi hanya dengan melalui smartphone. Transaksi yang bisa dilakukan meliputi berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Termasuk salah satu yang bisa dilakukan adalah bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA.

Bank BCA sendiri adalah satu di antara sekian bank di Indonesia yang menawarkan fasilitas bayar pajak hanya melalui Mobile Banking. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor cabang atau agen melainkan melakukan transaksi langsung dari genggaman Anda.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat Mobile Banking BCA

Sebelum Anda mempraktikkan bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA, Anda diharuskan agar memiliki nomor kode e-billing. Kode ini merupakan kode identitas yang Anda miliki serta diperoleh dari situs yang mengeluarkan e-billing (http://SSE.pajak.go.id). Untuk memperoleh kode e-billing ini Anda harus menginput NPWP ke alamat situs tersebut.

Karena untuk bisa bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA harus memiliki NPWP, maka bagi Anda yang belum memiliki dokumen ini tentu saja tidak bisa melakukan pembayaran pajak dengan cara tersebut. Untuk itu buatlah NPWP sesegera mungkin sebelum Anda melewati batas waktu pembayaran pajak, kecuali jika Anda berkenan membayar dendanya.

Jika Anda berkenan membuat NPWP secara online, berikut panduan cara membuat NPWP yang bisa Anda lakukan. Perlu diketahui, prosedur di bawah adalah langkah-langkah untuk membuat NPWP pribadi.

  1. Buka situs resmi dirjen pajak (www.pajak.go.id) kemudian pilih menu registrasi atau buat akun.
  2. Di halaman pendaftaran tuliskan nama, alamat email, dan kata sandi. Berikutnya sakit inbox email untuk melakukan verifikasi.
  3. Setelah aku diaktivasi selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman registrasi data WP. Pada formulir yang tersedia, isi semua data tentang Anda dengan benar. SetelahSetelah semua selesai kirimkan data tersebut dengan mengklik “daftar/kirim”.
  4. Di halaman selanjutnya akan ada formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara. Silakan Anda cetak kedua dokumen tersebut.
  5. TAndatangani formulir registrasi wajib pajak tersebut kemudian scan dan unggah ke bagian e-registrasi di situs pendaftaran tadi. Berikutnya Anda tinggal menunggu kedatangan kartu NPWP.
Baca juga:  Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Asli

Lanjut cara memperoleh nomor kode e-billing sebagai syarat untuk bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Kunjungi situs perpajakan (http://sse.pajak.go.id).
  2. Submit NPWP yang telah Anda miliki untuk memperoleh user ID. Selanjutnya login dengan menggunakan user ID dan password Anda.
  3. Di lama berikutnya pilih metode pembayaran dan akan muncul kode e-billing sebanyak 15 digit dalam bentuk angka.

Setelah memperoleh kode e-billing tersebut, sekarang Anda bisa bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA secara langsung. Ikuti panduan lengkap di bawah ini. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Mobile Banking BCA di Smartphone Anda. Jika belum Anda bisa mengunduhnya di play store atau APP store.

  1. Pada aplikasi Mobile Banking BCA telah diinstal di smartphone Anda, buka dan masukan kode sebanyak 6 digit untuk login.
  2. Selanjutnya pilih m-BCA > m-Payment > pajak > penerimaan negara.
  3. Akan muncul kolom di mana Anda harus memasukkan kode e-billing yang telah diperoleh.
  4. Pilih sumber dana yang akan Anda lakukan untuk bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA.
  5. Setelah melangsungkan transaksi pembayaran pajak Anda akan memperoleh bukti penerimaan negara (BPN). Sampai disini proses bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA selesai dilakukan.

Jika Anda mengalami kendala pada saat bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA, Anda bisa mencoba alternatif lain. Saat ini banyak tersedia metode pembayaran pajak motor yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus mengadakan bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA. Sebagai contohnya yaitu melalui ATM BCA terdekat.

Baca juga:  Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Mobil Telat 2 Tahun

Kemudahan dalam menemukan mesin ATM BCA tentu akan memudahkan Anda ketika kesulitan bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA. Adapun prosedur pembayaran pajak motor lewat ATM BCA dapat mengikuti tahap-tahap berikut ini.

  1. Datangi mesin ATM BCA terdekat di kota atau tempat tinggal Anda.
  2. Seperti biasa, masukkan kartu ATM Anda dan dan nomor PIN.
  3. Di halaman muka monitor mesin ATM BCA biasanya akan muncul pilihan “bayar”. Langsung saja klik pilihan tersebut kemudian disusul “pajak” > “penerimaan negara”.
  4. Masukkan kode e-billing dengan benar. Jika tidak ada masalah terkait nomor e-billing yang dimasukkan, maka akan muncul informasi transaksi perpajakan.
  5. Jika Anda yakin dengan informasi yang telah dimasukkan, teruskanlah untuk mengetik “ya” sehingga pembayaran Pajak NPWP dapat diselesaikan.

Jika melalui ATM masih tidak cukup membantu ketika Anda mengalami kendala bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA, ada cara lain lagi yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu melalui kantor pos. Hanya saja untuk metode ini mengharuskan Anda agar membawa uang tunai. Sebab petugas tidak melayani transaksi non tunai terhadap kebutuhan apapun.

Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana cara bayar pajak motor lewat Mobile Banking BCA. Jika Anda belum menjadi nasabah Bank BCA, segeralah datang ke kantor cabang terdekat untuk membuat kartu ATM. Cara yang lebih mudah bisa dilakukan dengan mendaftar ATM BCA secara online. Anda bisa mencobanya melalui aplikasi Mobile Banking BCA yang bisa diunduh di smartphone. Ikuti panduan di dalamnya sehingga pendaftaran Anda diterima.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

  • Bayar pajak mobile banking BCA
banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *