Ukuran Thumnail Youtube

  • Bagikan
Ukuran Thumbnail YouTube
Ukuran Thumbnail YouTube

Ukuran thumnail Youtube. Ukuran ideal thumbnail Youtube 2022 Idealnya, berikut tips dan triknya. Sebagai pembuat konten atau Youtuber, cara terbaik untuk mendapatkan banyak pelanggan atau pemirsa adalah dengan membuat video berkualitas yang disertai dengan konten yang menarik.

Jelas, Anda perlu menyesuaikannya dengan cara terbaik untuk mendapatkan perhatian audiens. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan banyak pengikut dan menghasilkan peghasilan sebanyak mungkin.

Namun, ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat konten video YouTube agar hasilnya jauh lebih optimal. Dan salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran thumbnail YouTube.

Ukuran thumnail Youtube

Masalah ini sangat penting dan Anda harus melakukannya dengan benar dan ukurannya harus ideal. Alasannya adalah ukuran thumbnail YouTube sudah baku dan bisa dibuat dengan mudah. Mungkin bagi para youtuber pemula yang ingin membuat konten video harus memperhatikan ukuran thumbnail youtube yang perlu diketahui.

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih belum paham berapa ukuran thumbnail YouTube yang ideal. Kami akan menjelaskannya secara rinci di artikel ini sehingga Anda dapat mencobanya. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Berapa ukuran thumnail Youtube 2022

  • 1280 x 720 piksel
  • Lebar minimum: 640 piksel
  • Rasio: 16:9
  • Ukuran file maksimum: 2 MB
  • Jenis file: JPG, GIF, PNG dan BMP

Apa itu thumbnail?

Bagi yang masih belum paham, Youtub Thumbnail adalah gambar atau sebuah video kecil.

Thumbnail YouTube sendiri seperti sampul majalah dan Anda dapat dengan bebas menyajikan konten di dalamnya dan membuatnya lebih menarik. Selain itu, thumbnail juga memiliki banyak pengaruh pada penonton yang ingin menonton video Anda. Membuatnya semenarik mungkin meningkatkan kemungkinan pemirsa mengeklik video Anda.

Beberapa orang berpikir bahwa ukuran thumbnail tidak berpengaruh pada pemirsa. Namun tak ada salahnya membuatnya lebih menarik untuk merebut perhatian banyak penonton.

Manfaat ukuran thumnail Youtube yang ideal

Yang jelas, ukurannya pas tidak menyisakan ruang sisa berwarna hitam. Hasilnya akan tampil lebih menarik.

Untuk desain. tentu saja, ada banyak manfaat dari membuat thumbnail YouTube ini. Pengguna juga dapat mendesainnya sesuai selera dan menghasilkan thumbnail YouTube yang paling menarik.

Simak beberapa manfaat thumbnail YouTube yang harus Anda ketahui sebagai berikut.

1. Berikan gambaran tentang video

Fitur pertama dari thumbnail YouTube adalah mereka dapat memberikan gambar video seperti sampul buku. Sehingga pemirsa dapat memahami esensi dari konten video yang dibuat oleh pembuat konten. Biasanya pembuatan thumbnail sendiri dilakukan dengan campuran gambar dan teks.

2. Mengambil perhatian penonton

Ukuran thumnail Youtube yang pas akan terlihat menarik. Bentuknya pas dengan Frame. Jelas, tujuan utama Thumbnail adalah untuk bisa menarik penonton sebanyak mungkin. Jika Anda mendesainnya dengan menarik, pemirsa akan mengklik video Anda.

Oleh karena itu, peran thumbnail di YouTube sangat penting dan untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan ukuran thumbnail yang sesuai.

3. Tingkatkan rasio konversi Anda

Tidak berbeda dengan di atas, ketika video YouTube Anda dibagikan di media sosial, tampilan utama adalah thumbnail. Jika gambar mini yang Anda buat sangat menarik, orang akan cenderung menonton video Anda dan meningkatkan rasio konversi.

Kiat untuk membuat ukuran thumnail Youtube yang ideal

Ada beberapa tips membuat thumbnail YouTube ideal yang harus Anda perhatikan untuk hasil yang maksimal. Oleh karena itu, ketahui beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Ikuti aturan

YouTube sendiri sebagai platform yang memiliki syarat dan ketentuan serta pedoman komunitas tersendiri.

Ini karena pedoman ini memiliki aturan yang berbeda tentang ukuran thumbnail. Ketahui beberapa daftar yang tidak dapat digunakan sebagai thumbnail sebagai berikut.

  • SARA
  • Pornografi
  • Kebencian
  • Penyiksaan hewan
  • Kekerasan

Intinya pengguna tidak diperbolehkan membuat thumbnail yang mengandung unsur kekerasan dan dilarang seperti yang kami nyatakan di atas.

Jika demikian, YouTube akan menghapus video yang Anda buat nanti. Jadi jangan lewatkan bagian penting ini. Syarat diatas lebih penting daripada ukuran thumnail Youtube yang pas.

2. Template thumbnail terbaik

Anda bisa menggunakan template terbaik karena banyak sekali koleksi aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain thumbnail YouTube. Beberapa alat dan aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Adobe Spark
  • Kanvas
  • snappa
  • crelo
  • PicMonkey
  • Placeit
  • Pix Teller

Dan semua aplikasi atau alat di atas menyediakan banyak template gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat thumbnail YouTube.

Jadi Anda tidak perlu lagi mendesain thumbnail dari awal. Ukuran thumnail Youtube disini juga sudah standard dan tinggal pilih saja.

3. Gambar dan grafik

Yang penting dan banyak digunakan oleh para pembuat konten atau Youtuber adalah dengan bebas menggabungkan grafis dan gambar lainnya.

Biasanya untuk gambar Anda dapat mengambilnya dari scene. Dan untuk membuatnya lebih menarik Anda dapat menambahkan beberapa elemen seperti teks, stiker, dan lainnya.

4. Tambahkan kata kunci atau judul video

Perhatikan bahwa jika pengunjung membaca thumbnail lebih sering daripada deskripsi judul. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menambahkan kata kunci dan judul video ke thumbnail.

Tidak hanya dengan menambahkan teks, Anda dapat menambahkan gambar lain agar jauh lebih menarik. tentu, sesuaikan ukutan teks dan lainnya dengan ukuran thumnail Youtube.

5. Font yang sesuai

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah menggunakan font yang benar untuk membuat thumbnail video.

Pasalnya, beberapa font yang akan digunakan mudah dibaca, memiliki warna, kontras, dan latar belakang yang bagus.

Kata terakhir

Ini adalah penjelasan tentang ukuran thumnail Youtube yang harus Anda perhatikan dan coba.

Ikuti beberapa tutorial yang telah kami sediakan di artikel ini agar Anda bisa mendapatkan hasil thumbnail yang jauh lebih menarik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Itu saja dan terima kasih.

  • Bagikan