Cara Screen Recorder di Laptop

  • Bagikan
Cara Screen Recorder di Laptop
Cara Screen Recorder di Laptop

Cara screen recorder di Laptop. Cara merekam layar di laptop untuk Windows dan macOS dengan mudah. Ingin merekam layar (screen recording) dengan mudah di laptop? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba!

Merekam layar laptop (screen recording) bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk merekam tutorial, pelajaran, game dan lain-lain. Cara merekam layar di laptop (screen recording), tidak sulit lho. Untuk beberapa kasus, Anda dapat melakukannya bahkan tanpa aplikasi tambahan. Berikut beberapa cara mudah merekam layar di laptop yang bisa kamu coba!

Cara screen recorder di Laptop Windows tanpa aplikasi

Rekam dengan Xbox Game Bar

Jika laptop Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam layar. Anda dapat menggunakan Xbox Game Bar untuk melakukan perekaman layar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan Bilah Game Xbox

Pertama kamu perlu mengaktifkan Xbox Game Bar Caranya: Masuk ke setting – pilih gaming – lalu aktifkan Xbox Game Bar. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menekan Windows + G secara bersamaan.

  1. Mulai perekaman layar

Setelah menekan Windows + G, layar berikut akan muncul. Untuk mulai merekam, klik tombol record. Atau Anda dapat menekan Windows + Alt + R secara bersamaan.

  1. Berhenti merekam layar Anda

Ketika aktivitas perekaman layar selesai, Anda dapat menekan tombol stop untuk berhenti merekam. Bisa di bagian Capture atau Capture Status, keduanya sama saja. Screenshot dapat dilihat dengan membuka File Explorer, Video Folder – Captures.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar di laptop sambil merekam layar secara bersamaan dengan menekan tanda kamera kiri. Untuk merekam audio dari laptop, tekan ikon mikrofon di sebelah kanan.

Cara screen recorder di Laptop Macbook tanpa aplikasi

  1. Tekan Shift + Command + 5

Sebuah layar akan muncul.

3 kotak di kiri untuk fungsi layar, 2 kotak di tengah untuk perekaman layar. Anda dapat memilih untuk merekam seluruh layar dan Anda juga dapat merekam hanya beberapa bagian layar. Untuk mulai merekam layar Anda, klik Record di sebelah kanan.

  1. Berhenti merekam

Tombol untuk menghentikan perekaman layar terletak di bagian atas layar. Untuk berhenti merekam, klik ikon Stop Record. Setelah itu, hasilnya disimpan secara otomatis. Sangat mudah, bukan?

Cara screen recorder di Laptop dengan aplikasi

1. Rekam dengan Free Cam

  1. Buka aplikasi Free Cam
  2. Pilih New Recording

Klik New Recording untuk merekam layar Anda. Menu browser, digunakan untuk mencari dan menemukan screenshot yang telah disimpan sebelumnya.

  1. Mulai perekaman layar

Setelah itu akan muncul layar baru. Klik pada Record di sebelah kiri. Kemudian proses perekaman layar dimulai.

  1. Hentikan Perekaman Layar

Klik Done untuk menghentikan perekaman layar. Anda juga dapat merekam ulang dengan menekan tombol Delete dan Start Over di sebelah kiri Selesai. Anda juga dapat menjeda (pause) untuk merekam layar dan kemudian melanjutkannya kembali.

  1. Pratinjau tangkapan layar

Setelah mengetuk tombol Done, Anda akan secara otomatis diarahkan ke pratinjau tangkapan layar. Saat ini, Anda sekaligus dapat mengedit, menyimpan, atau membagikan video ke YouTube secara bersamaan.

Free Cam adalah aplikasi perekaman layar yang tampak gratis dan sangat sederhana. Menggunakannya juga mudah karena menunya tidak terlalu banyak. Anda juga dapat mengedit rekaman di aplikasi ini, memotong video, audio, menghapus beberapa bagian untuk menghilangkan noise. Meskipun gratis, aplikasi ini tidak memiliki watermark. Kekurangannya adalah output yang direkam hanya dapat disimpan dalam format WMV.

2. Rekam dengan Perekam Layar TuneFab

Cara merekam layar di laptop dengan TuneFab juga mudah saja silakukan.

  1. Buka aplikasi TuneFab
  2. Pilih VCR

Ada beberapa opsi, perekaman video, audio, game, webcam, dan lainnya. Klik VCR untuk merekam layar Anda.

pilih Video Recorder

  1. Mulai perekaman layar

Setelah mengklik VCR, layar akan muncul. Anda dapat mengatur ukuran layar yang ingin Anda rekam, dapat penuh, dapat disesuaikan. Anda juga dapat merekam audio. Setelah semuanya diatur, klik tombol record hijau.

  1. Pratinjau hasil perekaman layar

Saat Anda berhenti merekam layar, aplikasi akan secara otomatis mengarahkan Anda ke pratinjau video. Untuk menyimpan rekaman, klik Save, masukkan nama dan pilih lokasi penyimpanan.

TuneFab adalah perekam layar yang sebenarnya berbayar tetapi menawarkan uji coba gratis. Saat Anda akan merekam layar, Anda dapat menyesuaikan ukuran layar yang ingin Anda rekam. Itu juga dapat mengambil tangkapan layar di laptop saat merekam layar. Sebenarnya, Anda juga dapat mengedit video di aplikasi ini, tetapi Anda harus berlangganan. Format video yang direkam dapat disimpan dalam berbagai format, tidak hanya MP4.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara screen recorder di Laptop untuk Windows dan Mac Os. Tutorial merekam layar tanpa dan menggunakan aplikasi, keduanya sama-sama sederhana. Semoga membantu, ya. Semoga beruntung!

  • Bagikan