Apa yg Dimaksud Dengan Energi Alternatif

  • Bagikan
Apa yang Dimaksud dengan Energi Alternatif
Apa yang Dimaksud dengan Energi Alternatif

Apa yg dimaksud dengan energi alternatif. Sudah terlalu lama bahan bakar fosil dan minyak bumi digunakan sebagai sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari manusia. Penggunaan batu bara untuk memenuhi kebutuhan energi juga terbukti menyebabkan polusi berlebihan yang membuat kehidupan di Bumi semakin tidak layak huni.

Karena tidak terbarukan, jika dibiarkan, penggunaan sumber energi tersebut lambat laun akan habis dan akhirnya hilang. Karena itulah tidak sedikit ilmuwan yang melakukan upaya terbaiknya dalam beberapa dekade terakhir untuk mencari sumber energi alternatif sebagai penggantinya.

Melalui energi alternatif, para ilmuwan berharap dapat memperoleh sumber energi yang tidak hanya terbarukan dan tidak terbatas, tetapi juga aman bagi kehidupan semua makhluk di Bumi.

Karena pentingnya peran energi alternatif, masyarakat di seluruh dunia diharapkan beralih ke sumber energi terbarukan. Nah, bagi anda yang masih awam dan belum terlalu paham apa itu energi alternatif. dan beberapa manfaat serta contoh pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa yg dimaksud dengan energi alternatif

Energi terbarukan atau energi alternatif adalah segala jenis sumber energi yang digunakan untuk menggantikan bahan bakar energi konvensional yang dapat habis dan tidak ramah lingkungan. Keberadaan energi alternatif ini dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi energi hidrokarbon. Yang menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi dan menyebabkan pemanasan global.

Menurut informasi dari Encyclopedia Britannica, pada awal abad ke-21, setidaknya 80% energi dunia akan dihasilkan dari konversi bahan bakar fosil menjadi batu bara, gas, gas alam, dan minyak bumi. Ketiga jenis energi tersebut berasal dari fosil makhluk hidup yang terkubur selama jutaan tahun dan tergolong energi yang tidak dapat diperbarui.

Artinya kapasitasnya terbatas dan jika dibiarkan akan habis seiring berjalannya waktu. Kalaupun hanya bergantung pada jenis energinya. dapat dipastikan manusia akan melewati masa krisis hingga energi alternatif ditemukan dan digunakan secara seragam.

Manfaat energi alternatif

Apa yg dimaksud dengan energi alternatif dan manfaatnya. Penggunaan sumber energi alternatif tidak diragukan lagi dapat menyediakan sumber daya dan nilai investasi yang tinggi. Manfaatnya terasa dalam jangka panjang. Untuk lebih jelasnya simak manfaat energi alternatif berikut ini.

1. Batasi efek pemanasan global

Polusi dan racun kimia yang dibuat selama lebih dari 100 tahun dari penggunaan sumber energi konvensional telah menyebabkan polusi yang sangat serius. Konsekuensinya adalah naiknya permukaan air laut. Pemanasan global, penipisan ozon, kekeringan, punahnya flora dan fauna, dan sebagainya. Tentu saja, transisi ke penggunaan energi terbarukan dapat mengurangi, bahkan menghentikan, berbagai faktor yang merusak alam. karena tidak menyebabkan emisi yang berbahaya.

2. Menyediakan sumber energi yang tidak terbatas

Salah satu alasan para ilmuwan secara agresif mencari energi alternatif adalah untuk menemukan sumber energi terbarukan yang tidak terbatas. Energi yang berasal dari angin, air dan matahari dianggap sebagai sumber energi yang tidak akan pernah habis atau hilang. Penggunaannya juga bisa menjadi solusi di banyak negara berkembang yang masih menggunakan bahan bakar fosil untuk menimbulkan kerusakan lingkungan.

3. Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat

Tingginya tingkat pencemaran yang disebabkan oleh energi konvensional menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan, terutama di daerah perkotaan. Di sisi lain, energi alternatif merupakan jenis sumber energi yang bersih dan dapat mencegah polusi. Sekadar informasi, penggunaan minyak dan batu bara sebagai sumber energi secara langsung dan tidak langsung menyebabkan gangguan pernapasan, penyakit jantung, kanker. Dan berbagai penyakit serius dan berbahaya lainnya.

4. Hemat uang dan sumber daya

Karena merupakan sumber energi yang tidak terbatas, maka akan hemat uang. Membangun sarana dan prasarana energi alternatif memang cukup mahal. Namun, bukan berarti lebih mahal secara finansial. Penggunaan energi jenis ini jauh lebih murah jika digunakan dalam jangka panjang. Ini termasuk perawatan, pengisian bahan bakar dan konsumsi bahan bakar. Misalnya, pompa submersible bertenaga surya mahal. Namun karena dapat berjalan dalam jangka waktu yang lama, energi yang dihasilkan dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah. Bahkan gratis.

5. Lapangan pekerjaan

Penggunaan sumber energi alternatif tentunya membutuhkan kemampuan pekerja dengan spesialisasi sesuai dengan jenis energinya. Di sisi lain, penggunaan sumber energi alternatif juga dapat menciptakan lapangan kerja di seluruh dunia bagi 24 juta orang. Tterutama di sektor energi angin dan matahari. Umumnya, karyawan akan ditempatkan di departemen konstruksi, instalasi, manufaktur, logistik, hukum, transportasi dan keuangan.

Kesimpulan apa yg dimaksud dengan energi alternatif

Adalah energi yang dimaksudkan untuk mengganti energi konvensional atau mengganti energi fosil. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan