Bagaimana Prinsip Kerja dari Motor Bakar

  • Bagikan
Bagaimana Prinsip Kerja dari Motor Bakar
Bagaimana Prinsip Kerja dari Motor Bakar

Bagaimana prinsip kerja dari motor bakar berbahan bakar bensin. Pada prinsipnya mesin yang dipasok di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu motor 2 tak dan motor 4 tak. Untuk motor diesel, ada juga 2 tak dan 4 tak. Tetapi, masuk ke posting yang lain.

Namun, kebanyakan sepeda motor sekarang menggunakan mesin 4 tak. Penggunaan motor 2-tak dibatasi oleh peraturan pemerintah mengenai emisi.

Bagaimana prinsip kerja dari motor bakar bensin

Sepeda motor dengan mesin 4 tak kini semakin diminati dalam penggunaan sehari-hari. Pasalnya selain emisi gas buang yang ramah lingkungan, mesin 4 tak dinilai lebih irit bahan bakar dibandingkan mesin 2 tak.

Ada banyak sepeda motor yang awalnya bermesin 2 tak dan kemudian berkembang menjadi bermesin 4 tak, antara lain Kawasaki Ninja dan Suzuki Satrian. Lalu bagaimana cara kerja mesin 4 tak pada sepeda motor?

Seperti dilansir Motor Plus, Senin (26/4/2021) motor 4 tak membutuhkan empat tahap atau empat dalam satu siklus untuk menghasilkan tenaga mesin. Ini termasuk hisap, langkah kompresi, langkah kerja dan langkah buang.

Cara kerja mesin bensin 4-tak

1. Langkah Hisap (intake)

Dengan langkah ini, piston bergerak dari atas ke TMB. Pada saat yang sama, katup hisap antara karburator dan ruang bakar terbuka. Hal ini memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang silinder.

2. Langkah Kompresi (compression)

Di sini piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, katup penutup ini dan katup buang ditutup. Campuran bahan bakar dan udara dikompresi dalam ruang silinder sampai temperatur udara naik tinggi.

3. Langkah kerja atau pembakaran

Bagaimana prinsip kerja dari motor bakar berikutnya adalah pembakaran. Yang menghasilkan tenaga.

Karena tekanan dan suhu yang tinggi dari bahan bakar dan udara, lilin dinyalakan dan memicu campuran bahan bakar dan udara panas.

Itu adalah ledakan yang menyebabkan piston mati dari atas ke bawah. Akibat gerakan piston ke bawah, poros engkol berputar dan menghasilkan tenaga.

4. Langkah buang / exhaust

Setelah pembakaran, tentunya sisa gas hasil pembakaran harus dibuang. Pada tahap ini, piston kembali dari titik mati bawah ke titik mati atas, yang pada saat yang sama membuka knalpot. Sisa gas pembakaran keluar dari katup buang dan terus hingga melewati knalpot.

Setelah langkah buang, siklus mesin 4 langkah diulangi ke langkah penerima. Katup buang menutup dan katup masuk / penerima membuka kembali ketika piston turun ke titik mati dan seterusnya.

Mesin 4 tak Dalam satu siklus, poros engkol berputar dua kali. Rotasi disebabkan oleh langkah berputar 180 derajat atau setengah, kemudian langkah kompresi setengah putaran. Langkah kerja setengah putaran dan Exhaust / buang setengah putaran.

Putar poros engkol dua kali untuk menghasilkan tenaga atau langkah dari mesin 4 tak.

Bagaimana prinsip kerja dari motor bakar bensin 2 tak

Mereka sering dikenal karena tenaganya yang besar di mesin kecil dan mengeluarkan banyak asap dari knalpot. Tapi pada panjang siklus, mesin kurang dari 4-tak.

Dilansir dari Autoexpose.org, mesin 2 tak hanya memiliki dua tahap dalam satu siklus pembakaran. Berbeda dengan 4-tak dengan empat tahap dalam satu siklus pembakaran.

Cara kerja mesin bensin 2 tak

Sebelum Anda mengetahui cara kerjanya, ada lima komponen penting dalam mesin 2 tak. Yang pertama adalah crankcase yang fungsinya untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar.

Kedua, ada ruang bakar, dan terjadi pembakaran mesin. Yang ketiga adalah port, saluran masuk udara dan bahan bakar dari karburator ke bak mesin. Keempat, ada lubang pembuangan untuk gas buang.

Terakhir, port transmisi berfungsi sebagai saluran penghubung antara bak mesin dan ruang bakar untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar. Sekarang kita akan berbicara tentang cara kerja mesin 2 tak ini.

Langkah pertama adalah menaikkan level langkah atau piston. Langkah ini menggerakkan gerakan piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TDC). Saat piston berada di TMB, sudah ada campuran udara dan bahan bakar dari siklus sebelumnya.

1. Upward stroke mesin 2-tak

Bagaimana prinsip kerja dari motor bakar selanjutnya. Campuran udara dan bahan bakar ini siap untuk dikompresi. Saat piston bergerak ke TMA, dinding piston menutup lubang buang dan lubang menyalurkan campuran untuk dikompresi dengan baik.

Piston, di sisi lain, bergerak ke TMA, meningkatkan ukuran bak mesin dan membawa campuran udara dan bahan bakar dari karburator. Lanjutkan ke langkah kedua atau turun ke langkah atau langkah piston.

Pada tahap kedua, piston bergerak dari TMA ke TMB karena tekanan pembakaran mesin, yang membakar campuran udara dan bahan bakar terkompresi.

2. Downward stroke mesin 2-tak

Saat piston bergerak ke TMB, saluran masuk menutup dan campuran udara dan bahan bakar di bak mesin dipompa ke ruang bakar melalui port transmisi. Kemudian kembali ke langkah pertama.

Gas sisa pembakaran dihembuskan keluar dari port dengan meniupkan campuran udara dan bahan bakar melalui port knalpot. Beginilah cara kerja mesin 2 tak.

Inilah artikel tentang bagaimana prinsip kerja dari motor bakar. Khususnya mesin bensin 2 tak dan 4 tak. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan