Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit Mudah

  • Bagikan
Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit
Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit

Cara mengurus STNK hilang untuk motor kredit bukanlah perkara sulit buat dilakukan. Tetapi memang sebagian besar dari masyarakat bakal merasa kebingungan dan khawatir begitu saja. Tidak bisa dipungkiri apabila STNK yang hilang memang menjadi momok tersendiri buat sebagian besar pemilik motor, terutama jika ternyata cicilan kredit masih belum selesai.

STNK atau kependekan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan bukti registrasi ataupun identifikasi kendaraan bermotor dimana mempunyai fungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika berada di jalan, berisi identitas dari pemilik kendaraan hingga buat mengetahui masa berlaku sekaligus pengesahannya.

Cara Untuk Mengurus STNK Hilang Motor Kredit

Tetapi Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu karena buat mengurus kehilangan STNK ketika kondisi motor masih kredit ternyata tidaklah sulit dilakukan. Banyak yang menyediakan informasi prosedur cara mengurus STNK hilang. Tetapi memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan buat melakukan perpanjangan.

Sebab terdapat syarat utama dalam mengurus STNK Hilang tersebut yakni membawa dokumen berupa BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Tetapi memang untuk motor kredit, BPKB ini sendiri masih dipegang oleh lembaga leasing bersangkutan. Tetapi jangan berkecil hati hati dahulu karena masih ada cara mengurus STNK hilang untuk motor kredit.

Syaratnya, Anda harus membawa surat kehilangan dari pihak Kepolisian hingga membawa surat keterangan dari tempat leasing bersangkutan. Selain itu, juga harus memenuhi beberapa syarat yang bisa dibawa. Masih bingung Cara membuat lagi STNK hilang? Kami mempunyai ulasannya untuk Anda sekarang juga.

  1. Fotokopi dan asli KTP dari pemilik kendaraan bersangkutan
  2. Fotokopi STNK jika masih ada
  3. BPKB fotokopi dimana sudah memperoleh legalisir dari pihak leasing terkait
  4. Surat laporan kehilangan STNK yang diperoleh dari POLSEK ataupun POLRES setempat
  5. Surat keterangan dari pihak leasing.

Prosedur cara mengurus STNK hilang untuk motor kredit

Setelah melengkapi beberapa syarat diatas, maka terdapat sejumlah prosedur yang harus dilewati terlebih dahulu. Untuk prosedurnya sendiri ternyata tidak jauh berbeda dengan pengurusan biasanya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengecekan Fisik Kendaraan

Proses pertama yang harus dilewati yakni pengecekan fisik kendaraan. tujuannya adalah buat mengetahui bagaimanakah kondisi dari kendaraan bersangkutan tersebut. Adapun tes satu ini dapat dilakukan di kantor Samsat Induk.

  1. Fotokopi Hasil Cek Fisik

Jika proses pengecekan fisik dari kendaraan sudah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah dengan fotokopi hasil cek fisik. Adapun salinan ini bisa didapatkan langsung dari Kantor Samsat yang bersangkutan.

  1. Pendaftaran

Yang pertama, prosedur cara mengurus STNK hilang adalah. Apabila sudah memperoleh hasil salinan cek fisik, maka bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran. Kemudian Anda bisa langsung mengurus cek blokir ataupun surat keterangan STNK hilang dari pihak Samsat.

Perlu diingat untuk cara membuat lagi STNK hilang untuk sepeda motor yang masih kredit. Bahwa jika kendaraan masih terdapat pajak yang belum dibayarkan maka anda akan langsung dikenakan biaya tambahan.  Yakni, pajak yang belum dibayarkan tadi. Tetapi apabila tidak terdapat tunggakan, maka biaya untuk pembuatannya sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp100.000

Ini Fungsi STNK Yang Sebenarnya

Sudah tahu bukan bagaimanakah Cara Mengurus STNK yang Hilang Motor Kredit ? Nah, keberadaan STNK hilang ini sendiri memang harus diurus dengan segera. Pasalnya, keberadaan dokumen satu inipun sangat penting untuk pemiliknya. Nah, apa sajakah fungsi-fungsi dari STNK, langsung saja simak ulasannya berikut:

  1. Sebagai Tanda Pengenal Kendaraan

Fungsi pertama dari dokumen satu ini adalah digunakan sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor baik kendaraan yang masih aktif sekalipun dalam keadaan rusak sekalipun. Jadi, cara ini penting untuk diterapkan. Prosedur cara mengurus STNK hilang tidak sampai disitu saja, didalamnya pun berisi mengenai identitas pemiliknya hingga tanggal pendaftarannya.

  1. Sebagai kelengkapan Berkendara

Fungsi lainnya dari keberadaan dokumen satu ini adalah dapat digunakan sebagai kelengkapan saat sedang berkendara. Seperti telah diketahui, syarat buat melakukan perjalanan di Indonesia adalah STNK di samping kartu SIM. Dengan membawa dokumen inilah maka berkendara akan terasa jauh lebih aman dan tenang. 

Jangan Bingung Lagi dengan Cara mengurus STNK Hilang Bagi Motor Kredit

Motor masih kredit tetapi tiba-tiba STNK hilang begitu saja? Jangan khawatir terlebih dahulu. karena ada dengan mudah dan cepat. 

  • Bagikan