Apakah yang Dimaksud dengan Energi Alternatif
Apakah yang Dimaksud dengan Energi Alternatif

Apakah yang Dimaksud dengan Energi Alternatif

Apakah yang dimaksud dengan energi alternatif. Pernahkah Anda mendengar istilah energi alternatif? Anda tahu apa artinya itu? Atau mungkin Anda ingin mengetahui semua detail energi inil? Kami telah menyiapkan informasi lengkapnya khusus untuk Anda.

Apakah yang Dimaksud Dengan Energi Alternatif

Energi alternatif (energi terbarukan) adalah setiap sumber energi yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang menyebabkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi. Sehingga berkontribusi signifikan terhadap pemanasan global.

Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), pada awal abad ke-21, sekitar 80 persen energi dunia dihasilkan dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil yang digunakan dapat berupa minyak bumi, batu bara dan gas alam. Ketiganya berasal dari makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu dan mengandung energi tak terbarukan.

Artinya, energi ini memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga suatu saat akan habis. Oleh karena itu, berbagai pihak pemerintah dan ilmuwan berusaha mencari sumber energi lain untuk dikembangkan sebelum bahan bakar fosil habis. Energi ini disebut energi terbarukan atau energi alternatif.

Manfaat Energi Alternatif

Pengembangan dan penelitian energi alternatif masih terus dilakukan, terutama pada peralatan atau mesin modern seperti pompa air tenaga surya saat ini. Penggunaan sumber energi alternatif dapat menyerap banyak sumber daya dan investasi dan manfaatnya akan terlihat dalam jangka panjang. Salah satu manfaat energi alternatif adalah kemampuannya untuk mengurangi dampak bahan bakar fosil. Agar tidak penasaran, berikut manfaat dan kelebihan energi alternatif lain yang harus Anda ketahui.

1. Mengurangi dampak pemanasan global

Lingkungan manusia telah dipenuhi dengan racun kimia berbahaya dan emisi karbon dioksida selama bertahun-tahun. Pencemaran ini juga berdampak pada kenaikan muka air laut, penipisan lapisan ozon, pemanasan global. kekeringan, kepunahan flora dan fauna, dan lain-lain. Penggunaan sumber energi alternatif terbarukan tentunya dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa faktor penyebab kerusakan alam. Pasalnya, energi alternatif merupakan energi bersih yang dapat membantu manusia modern menghadapi krisis lingkungan.

Manfaat energi alternatif berikutnya.

2. Sumber energi yang tidak pernah habis

Salah satu keunggulan energi alternatif adalah sumber energi yang tidak pernah habis. Bandingkan dengan bahan bakar fosil seperti gas, minyak dan batu bara. Yang suatu saat akan semakin sulit didapat. Sedangkan contoh energi alternatif seperti angin, matahari, dan air merupakan sumber energi yang tidak pernah habis. Di negara berkembang, bentuk energi ini bisa menjadi solusi karena pasokan bahan bakar fosil secara bertahap semakin berkurang dan ini berdampak pada kerusakan lingkungan.

3. Peningkatan Kesehatan Masyarakat Secara Dramatis

Polusi adalah penyebab utama penyakit dan kesehatan yang buruk di masyarakat perkotaan karena penggunaan bahan bakar fosil secara besar-besaran. Sedangkan energi terbarukan merupakan sumber energi yang bersih dan dapat mencegah pencemaran. Penggunaan batu bara dan minyak bumi diketahui telah memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap masalah pernapasan, kanker, penyakit jantung. Dan, beberapa penyakit serius lainnya yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Manfaat energi alternatif yang lain adalah bisa mengurangi polusi.

4. Hemat sumber daya dan uang

Banyak yang berpikir bahwa energi alternatif seringkali mahal dan boros secara finansial. Namun, hipotesis ini tidak benar. Sebaliknya, menggunakan energi terbarukan akan menghemat biaya dalam penggunaan jangka panjang. Seperti biaya pengisian, perawatan, pengisian, biaya operasi dan penggunaan bahan bakar itu sendiri.

Misalnya, pompa solar submersible bisa mahal dari segi harga barang dan panel surya. Namun, tidak perlu terus-menerus bergantung pada listrik karena pompa air di rumah akan selalu menyala, ingat matahari akan selalu ada setiap hari dan Anda dapat menikmatinya secara gratis.

5. Menciptakan pekerjaan dan peluang

Manfaat energi alternatif yang lain adalah membuka lapangan kerja.

Menurut data BP Statistical Review of World Energy, pertumbuhan konsumsi energi nasional pada tahun 2019 sebesar 8,3%. Sedangkan pertumbuhan permintaan energi hanya sebesar 4,0% antara tahun 2008 dan 2018. Peningkatan kebutuhan yang semakin meningkat tentunya akan semakin berdampak pada peningkatan kebutuhan akan sumber energi.

Hal ini dikarenakan penggunaan sumber energi terbarukan membutuhkan tambahan tenaga khusus dibandingkan dengan penggunaan energi konvensional. Belum lagi penggunaan sumber energi terbarukan yang dapat menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 24 juta orang di seluruh dunia. Terutama di sektor surya dan angin. Area kerja berbeda yang dibutuhkan meliputi tenaga kerja dalam proses produksi, konstruksi dan instalasi, transportasi, logistik, keuangan, penasihat hukum.

Jenis dan Contoh Energi Alternatif

  1. Panas matahari
  2. Energi panas bumi
  3. 3. Angin
  4. Energi Pembangkit Listrik Tenaga Air
  5. Biomasa
  6. Ombak

Kesimpulan Apakah yang Dimaksud Dengan Energi Alternatif

Ini adalah contoh energi alternatif dan manfaat yang disebutkan di atas. Di masa depan, penggunaan energi terbarukan akan sangat besar karena sumber daya energi fosil semakin menipis dan juga memiliki dampak lingkungan yang serius.

Inilah artikel tentang apakah yang dimaksud dengan energi alternatif. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …